Manfaat Pemanis Buatan yang Baik Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 26 Jan. 2017 Kategori manfaat

Tips Sehat Online,- Pemanis buatan sering menjadi kambing hitam atas imbulnya berbagai gangguan kesehatan, meskipun tanpa sadar setiap harinya kita mengonsumsi produk-produk yang mengandung pemanis buatan yang hadir di dalam hampir semua produk konsumsi rumahan, seperti minuman, kue, permen karet, hingga pasta gigi.

Manfaat Pemanis Buatan yang Baik Bagi Kesehatan

Sejak awal kehadirannya, pemanis buatan telah menuai kekhawatiran berbagai pihak. Efek toksik yang mungkin ditimbulkannya sering dihubungkan dengan berbagai risiko kesehatan, seperti kanker, stroke, bayi lahir dengan berat badan rendah, tekanan darah tinggi, muntah, pusing, dan kejang.

Walaupun begitu, tidak selamanya pemanis buatan yang berfungsi untuk menggantikan fungsi gula berdampak buruk bagi kesehatan. Karena terdapat pemanis buatan yang ternyata aman untuk dikonsumsi. Meskipun digunakan sebagai pengganti gula sintetis, namun bisa saja pemanis buatan ini berasal dari bahan alami. Bahan alami yang bisa dijadikan sebagai bahan pengganti gula bisa berasal dari tumbuhan atau bahkan gula itu sendiri.

Kini, penggunaan pemanis buatan kian meluar. Pengganti gula ini sendiri sering digunakan karena dianggap dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Berikut ini manfaat pemanis buatan yang baik bagi kesehatan tubuh :

  • Membantu menstabilkan berat badan

Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari pemanis buatan adalah membantu menstabilkan berat badan. Hal ini terlihat masuk akal, mengingat kandungan kalori di dalam bahan ini nyaris tidak ada. Jika dibandingkan dengan gula biasa, tentu saja kandungan kalori yang ada dalam pengganti gula ini jauh lebih sedikit.

Sayangnya, penggunaan pemanis buatan untuk membantu penurunan berat badan atau menstabilkannya masih menjadi tanda tanya. Beberapa penelitian lain yang justru menemukan bahwa bahan ini bisa menaikkan berat badan seseorang. Sifat dari penelitian ini masih belum sepenuhnya lengkap karena belum ditemukan penyebab ilmiah dari klaim tersebut.

  • Aman bagi penderita diabetes

Keunggulan lain dari pemanis buatan dibandingkan dengan gula biasa adalah tidak menimbulkan kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Berbeda dengan gula, pemanis buatan bukanlah karbohidrat. Karena keunggukan inilah, pemanis buata sering direkomendasikan bagi para penderita diabetes. Walaupun sering dijadikan rujukan, penggunaan pengganti gula ini tetaplah tidak bisa sembarangan. Penderita diabetes yang hendak mengganti asupan gula dengan pemanis buatan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Itulah 2 manfaat pemanis buatan bagi kesehatan. Perlu diingat, jangan sepenuhnya menggantungkan keamanan kesehatan hanya pada pemanis buatan. Perhatikan pula jumlah komposisi keseluruhan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

By. Sri

Manfaat Pemanis Buatan yang Baik Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Pemanis buatan sering menjadi kambing hitam atas imbulnya berbagai gangguan kesehatan, meskipun tanpa sadar setiap harinya kita mengonsumsi produk-produk yang mengandung pemanis buatan yang hadir di dalam hampir semua produk konsumsi...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *