Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 12 Jul. 2017 Kategori manfaat

Manfaat olahraga lari bagi kesehatan sudah diketahui oleh sebagian dari kita. Hanya saja sebagian mereka tidak melakukan olahraga lari dikarenakan tidak ada waktu untuk olahraga, malas dan berbagai alasan lainnya. Padahal lari adalah olahraga yang paling murah, bahkan tidak mengeluarkan biaya. Cukup mencari spot yang kondusif dan persiapan perlengkapan pakaian sudah cukup untuk melakukan olahraga ini.

Perbedaan waktu pada olahraga lari

Lari bisa dilakukan di pagi hari, siang hari dan sore hari. Perbedaan waktu pada olahraga lari yang perlu anda ketahui yaitu:

Lari pagi

  • Lari di pagi hari sangatlah bagus karena pada pagi hari udara belum tercemar dengan berbagai macam aktivitas rutin yang menyebabkan adanya penumpukan radikal bebas di sekitar kita.
  • Lari pada pagi hari terasa ringan dan sangat menyegarkan tubuh.

Lari siang

  • Pada lari siang hari, maka udara dinyatakan sudah terkonstiminasi dengan berbagai partikel halus yang di dalamnya terdapat jutaan radikal bebas termasuk dari sinar matahari siang yang membahayakan kesehatan kulit.
  • Suhu disekitar kita menjadi lebih lembab dan mudah membuat siapapun menjadi lelah.
  • Namun keuntungan lari di siang hari adalah bermanfaat untuk mempercepat proses pembakaran lemak dan mempercepat pembuangan racun dalam tubuh melalui keringat. Sehingga bobot tubuh pin akan cepat menurun. Dan lari di siang hari sangat bagus untuk orang yang mengalami obesitas atau kegemukan.

Lari sore

  • Pada sore hari intensitas ultraviolet telah memudah dna tidak membahayakan kulit. Namun kadar radikal bebeas tetap masih tinggi sebab rutinitas yang mengharuskan berinteraksi dengan udara bebas.
  • Manfaat lari sore akan dirasakan lebih sehat bila dilakukan di lapangan bola ataun taman taman yang ditumbuhi berbagai macam tanaman. Tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari radiasi bebas hasil bentukan reaksi di siang hari.

Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan

Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan

Mengurangi risiko jantung koroner

Manfaat olahraga lari bagi kesehatan yaitu dapat mengurangi risiko jantung koroner. Penelitian menunjukan mereka yang melakukan olahraga lari teratur dan lebih dari 50 menit dalam seminggu bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Namun tidak hanya dengan melakukan olahraga teratur, anda juga harus menunjangnya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan menerapkan gaya hidup sehat.

Baca juga: Gejala Penyebab dan Komplikasi Jantung Koroner

Mencegah osteoporosis

Olahraga lari bisa memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang anda menjadi lebih kuat dan bisa menurunkan risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

Kesehatan lutut

Manfaat olahraga lari bagi kesehatan yaitu baik untuk kesehatan lutut. Studi menunjukan bahwa orang yang melakukan olahraga lari bisa menurunkan risiko arthritis pada putut dan pinggul serta merangsang petumbuhan tulang rawan pada lutut.

Mengurangi berat badan

Olahraga lari bisa memicu pembakaran kalori dalam tubuh. Banyaknya kalori yang dibakar dipengaruhi oleh seberapa cepat dan seberapa jauh jarak lari anda.

Kesehatan tulang

Selain baik untuk kesehatan lutut, manfaat lari bagi kesehatan juga yaitu baik untuk kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan lari di pagi hari sinar UV matahari masih baik untuk kesehatan, jadi vitamin D yang diserap oleh tubuh masih natural.

Manfaat lainnya lari bagi kesehatan yaitu menjaga ketajaman daya ingat, membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan stamina tubuh.

 

Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat olahraga lari bagi kesehatan sudah diketahui oleh sebagian dari kita. Hanya saja sebagian mereka tidak melakukan olahraga lari dikarenakan tidak ada waktu untuk olahraga, malas dan berbagai alasan lainnya. Padahal lari adalah olahraga...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *