Benarkah Suka Nonton Film Horor Baik Bagi Kesehatan ?

Diposkan oleh : pada tanggal 31 Oct. 2017 Kategori kesehatan manfaat

Benarkah Suka Nonton Film Horor Baik Bagi Kesehatan ?,- Ada banyak berbagai genre film yang bisa menjadi pilihan untuk menemani waktu akhir pekan Anda bersama rekan atau keluarga. Diantara banyaknya genre film yang tersedia, film horor menjadi salah satu film yang direkomendasikan. Meskipun menyuguhkan cerita dan adegan yang menakutkan, namun tidak sedikit orang yang menyukainya.

Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata nonton film horor diyakini dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan ?

Menurut seorang sosiolog bernama Margee Kerr, ketika menonton film horor yang berisi banyak adegan mengejutkan, maka adrenalin dalam tubuh akan ikut terpacu. Hal ini kemudian merangsang otak untuk memproduksi banyak hormon dopamin. Hormon dopamin ini berperan dalam menciptakan rasa bahagia. Perasaan ini mirip dengan sesuatu yang Anda rasakan ketika sedang jatuh cinta pada lawan jenis. Dan menonton film horor, merupakan salah satu cara alami untuk membuat Anda bisa merasakan hal tersebut.

Selain itu, Kerr juga menemukan manfaat nonton film horor bagi kesehatan lainnya. Dalam studi yang dilakukan, ia menemukan bahwa setelah menonton film horor, seseorang akan cenderung menjadi lebih tenang dan mampu mengontrol suasana hati atau mood. Ia bahkan menyebut sensasi tenang yang terjadi sama seperti ketika Anda melakukan yoga.

Tak hanya itu, menonton film horor juga disebut mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena menyaksikan layar yang dipenuhi dengan adegan menyeramkan dan mengejutkan, ternyata dapat mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas of Westminster, dalam 90 menit film horor yang ditonton, tubuh akan membakar sebanyak 113 kalori. Jumlah ini tidak pasti, tergantung pada seberapa menyeramkan dan mengejutkannya film yang ditonton.

Para peneliti menyebutkan bahwa pembakaran kalori tersebut terjadi karena detak jantung yang cenderung meningkat ketika Anda menonton adegan yang mengejutkan. Peningkatan detak jantung tersebut berhubungan dengan pelepasan adrenalin dalam tubuh, dan dan dapat mempercepat proses metabolisme. Hal ini pada akhirnya akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori selama Anda menonton film tersebut.

Namun perlu diketahui, jika Anda merupakan seorang yang mudah merasa takut, alangkah baiknya hindari menonton jenis film horor. Karena jika Anda memaksakannya, maka bukan manfaat sehat yang Anda dapatkan, justru mungkin Anda akan merasakan pengalaman traumatis yang tidak menyenangkan bagi otak dan jantung.

By Sri Maryati

Benarkah Suka Nonton Film Horor Baik Bagi Kesehatan ? Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Benarkah Suka Nonton Film Horor Baik Bagi Kesehatan ?,- Ada banyak berbagai genre film yang bisa menjadi pilihan untuk menemani waktu akhir pekan Anda bersama rekan atau keluarga. Diantara banyaknya genre film yang tersedia,...
kesehatan manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *