Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diposkan oleh : pada tanggal 31 May. 2016 Kategori kecantikan Tips Sehat

tipssehatonline.web.id,- Kemiri memiliki nama latin Aleurites Moluccana dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae merupakan tumbuhan alam yang pada biji buahnya mengandung minyak esensial. Di Indonesia sendiri, kemiri merupakan rempah-rempah yang sangat mudah ditemui dan sering digunakan sebagai pelengkap masakan. Selain itu, kemiri juga bisa dijadikan sebagai ramuan alami yang baik untuk kecantikan serta kesehatan. Karena manfaat minyak kemiri untuk kecantikan dan kesehatan sangat banyak.

Minyak kemiri ini dihasilkan dari ekstrak biji kemiri. Jika belum diolah, kemiri mentah dapat mengandung saponin dan phorbol yang agak beracun. Namun, disisi lain, minyak kemiri sendiri umumnya tidak menyebabkan iritasi, bahkan jika mengenai mata.

Mengetahui Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebelum kita mengetahui manfaat minyak kemiri untuk kesehatan dan kecantikan, maka alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kandungan yang ada didalamnya. Menurut sebuah penelitian, minyak kemiri ini memiliki kandungan zat yang sangat baik untuk tubuh, diantaranya adalah :

  • Asam linoleic (40%), yaitu asam lemak tak jenuh omega 6 yang banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat tersebut dipercaya bersifat antiradang, melembabkan, dan mengurangi risiko timbulnya jerawat.
  • Asam oleic (15%), yaitu asam lemak yang sederhana alami terdapat pada binatang dan tumbuhan, Asam oleic merupakan komponen utama dari bahan pengemulsi dalam sabun, pelunak, dan juga pelarut dalam produk aerosol. Asam oleat merupakan lemak tidak jenuh rantai tunggal yang dihubungkan dengan kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.
  • Asam linolenic (kurang dari 30%), yaitu salah satu asam lemak omega 3 yang dibutuhkan olrh tubuh untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan.

Dengan berbagai kandungan tersebut, maka tak heran jika banyak produk kecantikan dan kesehatan yang berbahan dasar minyak kemiri mengklaim dapat memberikan begitu banyak manfaat. Dan berikut ini beberapa manfaat dari minyak kemiri yang sering disebutkan :

  1. Sebagai bahan dasar pembuatan sampo dan sabun
  2. Minyak kemiri dapat dioleskan pada kulit dengan perpaduan berbagai aroma
  3. Seperti minyak kastor, minyak kemiri juga memiliki manfaat yang sama, yaitu dapat digunakan sebagai conditioner rambut
  4. Setelah di proses, minyak kemiri juga dijadikan sebagai bahan utama produk-produk kecantikan komersial
  5. Dapar dioleskan pada kulit kepala sebagai penumbuh dan penyubur rambut
  6. Di beberapa tempat, kemiri juga digunakan sebagai bahan obat pencahar, obat untuk menangani diare berdarah, sakit kepala, demam, hingga sendi bengkak.

Dunia medis mencoba membuktikan manfaat dari kemiri ataupun minyak kemiri pada penyakit asma, diare, konstipasi, dan botak. Namun, penelitian-penelitian tersebut masih sangat sedikit, sehingga belum bisa menjadi patokan untuk digunakna pada manusia. Sampai saat ini, kemiri atau minyak kemiri masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut mengenai manfaatnya pada manusia untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut.

Minyak kemiri yang digunakan dalam industri selain kecantikan dan kesehatan bisa jadi telah teruji manfaatnya, sehingga tetap digunakan. Namun, manfaat minyak kemiri dalam kecantikan umumnya belum mendapat verifikasi secara medis, sehingga penggunaannya perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu.

Begitu banyak manfaat minyak kemiri untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan. Jadi, kini Anda tidak perlu bingung mencari solusi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan Anda. Karena alam telah menyediakan yang terbaik untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
tipssehatonline.web.id,- Kemiri memiliki nama latin Aleurites Moluccana dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae merupakan tumbuhan alam yang pada biji buahnya mengandung minyak esensial. Di Indonesia sendiri, kemiri merupakan rempah-rempah yang sangat mudah ditemui dan sering...
kecantikan Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *