Manfaat Minuman Pocari Sweat Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 20 Nov. 2015 Kategori Minuman Sehat

Tips sehat online,- Tubuh manusia terdiri dari 80% air sehingga kita harus minum air sektiar 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas air sehari. Air berguna untuk menggantian cairan tubuh yang keluar lewat keringat, air seni, pernapasan, dan sekresi.

Dengan hal itu, maka pocari sweat sangat baik untuk memenuhi kebutuhan cairan anda. Karena, pocari sweat merupakan salah satu minuman yang membantu menggantikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang bersamaan dengan keluarnya keringat manusia.

Baca Juga: Manfaat Liburan Buat Kesehatan

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa,”manusia setiap harinya kehilangan lebih dari 2500ml cairan dalam tubuh, cairan tersebut keluar dalam bentuk urin, keringat, feses ataupun uap air pada saat bernapas”. Apabila cairan tersebut lebih banyak keluar, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi, disarankan untuk minum minuman yang tepat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Dan karena itulah pocari sweat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Manfaat Minuman Pocari Sweat Bagi Kesehatan

pocari sweat

Ion-ion yang terkandugn dalam tubuh sangat berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh manusia. Ion-ion tubuh bertugas untuk:

  • Mengangkut oksigen dan sari-sari makanan untuk diantarkan ke seluruh tubuh
  • Mengatur suhu tubuh agar berada dalam kisaran yang normal dan stabil
  • Menjaga kesehatan dan kelembaban kulit.

Adapun, manfaat pocari sweat bagi kesehatan diantaranya yaitu:

Cepat menyerap

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa minuman pocari sweat dapat meresep dengan cepat ke dalam tubuh dikarenakan adanya sifat osmolaritasnya yang sangat baik karena komposisinya yang mirip dengan cairan tubuh manusia yang asli, sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat. Itulah yang membendakan pocari sweat dengan minuman isotonik lainnya.

Menghilangkan rasa haus

Pocari Sweat tidak hanya berisi air, namun juga berisi elektrolit-elektrolit yang bermanfaat bagi tubuh. Sebab bila pada waktu kita haus lalu minum air biasa saja, maka akan menimbulkan rasa kenyang atau kembung dan biasanya diikuti keinginan untuk buang air kecil. Selain itu, juga terkadang rasa hausnya pun tidak tuntas karena kita masih merasa haus juga. Namun hal tersebut tidak akan terjadi bila mengonsumsi Pocari Sweat sebab elektrolit yang terkandung di dalamnya dapat menahan air yang ada di dalam tubuh kita agar tidak cepat keluar.

Aman dikonsumsi

Pocari Sweat dapat diminum oleh siapa saja, dari anak-anak usia 1 tahun hingga para manula. Pocari Sweat juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu yang baru melahirkan, atau ibu yang sedang menyusui. Hal ini juga yang membedakan antara pocari sweat dengan minuman berkarbonasi lainnya.

Minuman sehat yang disarankan untuk penderita penyakit tertentu

Pocari sweat baik untuk penderita DBD atau demam berdarah. Hal ini dikarenakan, kondisi penderita DBD akan mengalami kenaikkan suhu tubuh hingga 39°-41°C. Pada saat itu tubuh akan meresponnya dengan mengeluarkan banyak keringat untuk mempertahankan suhu tubuh. Kondisi ini akan membuat tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi dan akan semakin buruk jika tidak segera diatasi.

Baca Juga: Minuman yang Bisa Memperpanjang Umur

Untuk penderita sakit maag juga aman, hanya saja disarankan untuk diminum setelah makan. Kalau untuk penyakit jantung, diabetes, atau darah tinggi, baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan apakah boleh atau tidak. Karena, walaupun prinsipnya Pocari Sweat aman diminum oleh siapa saja, namun untuk penderita ketiga penyakit di atas, tingkat keparahannya sangat bervariatif. Jadi, ada yang masih boleh mengkonsumsi Pocari Sweat dan ada yang sudah tidak bisa.

Sebagai obat pelancar BAB

Susah BAB disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Padalah tubuh kita sangat membutuhkan asupan cairan yang cukup setiap harinya untuk menunjang kesehatan seseorang. Maka untuk mencukupi asupan cairan tersebut dibutuhkan jenis minuman yang mampu memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari.

Membantu memulihkan kondisi tubuh

Pada waktu tidur, tubuh kita akan segera memulihan kondisi yang lelah pada saat beraktivitas di siang hari. Pada saat itulah cairan tubuh sangat berperan untuk mengantarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh, sekaligus membantu penggantian sel-sel tubuh yang rusak. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, cairan tubuh haruslah dalam keadaan jumlah yang optimal. Oleh karenanya, minum Pocari Sweat sebelum tidur dan sesudah tidur dapat membantu proses pemulihan kondisi.

Nah itulah manfaat minuman pocari sweat untuk kesehatan. Selain enak, ternyata minuman pocari sweat juga memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Tidak salah kalau anda memilih pocari sweat dalam menjaga kondisi kesehatan anda.

| Manfaat Minuman Pocari Sweat Bagi Kesehatan

Manfaat Minuman Pocari Sweat Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat online,- Tubuh manusia terdiri dari 80% air sehingga kita harus minum air sektiar 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas air sehari. Air berguna untuk menggantian cairan tubuh yang keluar lewat...
Minuman Sehat - by ,
4/ 5stars

One response to “Manfaat Minuman Pocari Sweat Bagi Kesehatan”

  1. Praham says:

    Bagaimana dengan yang menjalani Hemodialisis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *