Manfaat Mengkonsumsi Nasi Hitam Untuk Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 31 Jan. 2017 Kategori Makanan Sehat

Anda pasti mengetahui bahwa selain nasi putih, jenis-jenis nasi lainnya juga tersedia di lingkungan kita. Ya, selain nasi putih ada juga nasi merah yang berbahan dasar beras merah, juga nasi hitam. Nasi hitam ini berbeda dengan ketan hitam, karena memang terbuat dari beras hitam. Jadi, jangan menyangka jika nasi hitam ini adalah nasi dari ketan hitam ya?

Nasi hitam dalam sejarahnya dikenal identik sebagai salah satu makanan bangsawan di Cina. Hampir sama dengan nasi merah, nasi hitam juga memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi sehingga bisa mencegah dari penyakit berbahaya.

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Hitam Untuk Kesehatan

Dan berikut adalah manfaat mengkonsumsi nasi hitam untuk kesehatan.

— Anti aging (anti penuaan).

Dengan mengkonsumsi nasi hitam ternyata memberikan manfaat sebagai anti aging. Hal tersebut berkaitan dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan yang terdapat di dalam beras hitam berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga jika sel-sel tubuh cepat memperbaiki diri, seseorang akan terlihat lebih bugar dan awet muda.

— Mencegah penyakit jantung.

Beras hitam juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal tersebut berasal dari rasanya yang sedikit pera, tidak sepulen beras putih. Setiap makanan yang memiliki kadar serat tinggi, akan bermanfaat dalam memelihara kesehatan jantung Anda.

— Mencegah diabetes.

Nilai kalori dari beras hitam adalah yang paling terendah dibanding dengan jenis beras lainnya, yaitu sekitar 362 kcal per 100 gram. Kandungan kalori yang rendah ini berkaitan erat dengan indeks glikemik. Indeks glikemik adalah angka yang menujukkan seberapa besar suatu makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi indeks glikemik tersebut, maka makanan tersebut akan memicu kenaikan gula darah juga semakin tinggi. Maka dari itu beras hitam juga digolongkan sebagai pangan sehat dan dianjurkan untuk penderita Diabetes.

— Mencegah kanker.

Memiliki manfaat dalam mencegah kanker karena memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Berdasarkan hasil riset, antosianin merupakan salah satu antioksidan terkuat. Sudah diketahui secara luas bahwa zat antioksidan berperan aktif untuk mencegah penyakit kanker.

— Obat anemia.

Dalam beras hitam juga dimiliki kandungan zat besi tinggi mencapai 15,52 ppm. Zat besi merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan darah (hemoglobin). Karenanya, dengan makanan yang kaya akan zat besi sangat dianjurkan bagi penderita anemia.

— Mencegah pengerasan arteri.

Para perokok beresiko tinggi untuk terkena Atherosclerosis atau pembentukan plak di arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu,  mereka diharuskan mengonsumsi nasi hitam yang manfaatnya dapat menghambat pembentukan plak di arteri.

— Membersihkan lever.

Mengonsumsi nasi hitam secara teratur dapat menghambat penumpukan lemak di lever karena zat antioksidan yang kuat di dalamnya. Dengan sepiring nasi hitam, mampu mengurangi masalah hiperlipidemia dan hiperglikemia yang biasanya berhubungan dengan kondisi lever berlemak.

Pada awalnya memang mengkonsumsi nasi hitam akan terasa aneh, namun manfaat sehat dari sepiring nasi hitam tentu tidak ingin Anda lewatkan benar?

Posted by Hani H.

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Hitam Untuk Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anda pasti mengetahui bahwa selain nasi putih, jenis-jenis nasi lainnya juga tersedia di lingkungan kita. Ya, selain nasi putih ada juga nasi merah yang berbahan dasar beras merah, juga nasi hitam. Nasi hitam ini...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *