Manfaat Melamun Bagi Kesehatan Otak

Diposkan oleh : pada tanggal 26 Nov. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat

Para ahli memperkirakan, porsi melamun seseorang dalam sehari bisa mencapai sepertiga sampai setengah jam sadarnya alias ketika tidak sedang tidur. Satu lamunan tidak ada yang bertahan lama, paling tidak hanya beberapa menit.

Baca Juga: Tips Sehat Online

Melamun sering dianggap sebagai kegiatan negatif karena memang hanya pikiran saja yang menerawang tanpa fisik bekerja. Namun rupanya secara mental pula banyak keuntungan yang bisa didapat dari kegiatan melamun. Selain membuat semangat terus kencang masih banyak hal positif lain dampak dari melamun. Dan ini dia manfaat melamun bagi kesehatan otak.

Manfaat Melamun Bagi Kesehatan Otak

Manfaat Melamun Bagi Kesehatan Otak

  • Tumbuh rasa empati

Banyak penelitian menunjukkan bahwa pada era globalisasi ini orang mulai sulit berempati, padahal menurut beberapa penelitian lainnya diungkapkan bahwa ada hubungan antara ingatan, imajinasi dan kemampuan orang untuk berempati. Dengan membayangkan sebuah skenario atau hal yang belum pernah dialami diri sendiri, seseorang dapat dengan mudah mengerti tindakan pihak lain. Dari pemikiran inilah pada akhirnya manusia akan memiliki perasaan empati terhadap orang lain.

  • Mengasah dan menajamkan ingatan

Menurut penelitan, membayangkan sesuatu sama memori muncul itu merupakan sebuah cara yang efektif untuk mengingat kembali informasi-informasi secara spesifik. Makanya tak heran, jika melamun atau berimajinasi ini dapat membantu proses rehabilitasi ingatan bagi mereka yang pernah mengalami gangguan ingatan akibat cedera otak.

  • Memahami diri sendiri

Banyak ahli psikologis yang mengeluarkan teori, bahwa individu yang menyadari penuh potensi dirinya, maka akan mampu membayangkan kemungkinan-kemungkinan kemampuan diri lebih dari sebelumnya. Seorang master psikologis juga mengungkapkan bahwa berimajinasi ini dapat mengaktifkan wilayah otak yang secara tidak sadar dapat menunjukkan peta menuju kesuksesan hidup.

  • Meningkatkan kreativitas

Menurut beberapa penelitian, sebuah penemuan bermula hanya dari khayalan, kerja otak dapat menelusuri kemungkinan-kemungkinan khayalan tersebut. Para ahli mengatakan, bahwa ini sangat berguna untuk kehidupan kerja seseorang, tapi tentu saja melamunnya jangan saat sedang bekerja yaa. 😀

  • Meningkatkan suasana hati

Di saat anda sedang melamun, tentu tidak hanya memikirkan hal yang berat, tapi ada juga waktunya seseorang memikirkan impian atau mengulang ingatan kejadian yang menyenangkan. Nah, setelah melamunkan hal-hal yang ringan dan positif, pasti akan timbul rasa lebih senang dan bahagia, aura yang akan masuk kedalam diri anda pun akan menjadi positif. Lainnya lagi, kesenangan yang anda rasakan ini pasti akan menular ke orang-orang di sekitar anda. Dengan demikian, lingkungan pun dapat menjadi lebih positif.

Baca Juga: Manfaat Minuman Pocari Sweat Bagi Kesehatan

Itulah beberapa dampak positif dari melamun bagi kesehatan. Namun, ingat terlalu lama dan terlalu sering melamun juga itu berbahaya. Maka dari itu, kontrol selalu kesehatan anda dan jangan terlalu sering melamun yahhh.

 

 

| Manfaat Melamun Bagi Kesehatan Otak

Manfaat Melamun Bagi Kesehatan Otak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Para ahli memperkirakan, porsi melamun seseorang dalam sehari bisa mencapai sepertiga sampai setengah jam sadarnya alias ketika tidak sedang tidur. Satu lamunan tidak ada yang bertahan lama, paling tidak hanya beberapa menit. Baca Juga:...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *