Manfaat Melakukan Senam Kegel Pada Ibu Hamil

Diposkan oleh : pada tanggal 29 Jan. 2018 Kategori kesehatan

Salah satu cara agar ibu hamil tetap sehat dan bugar dalam tubuhnya, adalah berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga berat, ibu hamil hanya perlu berolahraga ringan seperti berjalan-jalan, berenang, yoga dan juga senam kegel.

Manfaat Melakukan Senam Kegel Pada Ibu Hamil

Senam kegel adalah salah satu jenis olahraga yang ternyata cukup populer untuk ibu hamil. Penemu nama senam ini dipilih seornag dokter kebidanan dan kandungan yang bernama Arnold Kegel. Beliau-lah yang pertama kali merekomendasikan ibu-ibu hamil untuk melakukan senam kegel, guna mengatasi kesulitan dalam menahan buang air kecil yang terjadi pada setiap wanita hamil di sekitar tahun 1940an.

Pada dasarnya, manfaat utama dari senam kegel adalah untuk memperkuat otot dasar panggul. Otot dasar panggul disini tidak lain adala otot yang menahan organ kandungan, otot dasar panggul, yangdapat mengendalikan otot vagina, rektum hingga saluran kemih.

Jika ibu hamil mulai mengikuti pelatihan senam kegel di waktu-waktu tertentu, kegiatan ini akan bermanfaat untuk melatih otot dasar panggul dan mencegah inkontinensia urin. Kondisi ini adalah masalah kesehatan yang dialami oleh 2/3 wanita selama kehamilan. Tidak hanya itu, senam kegel juga akan membantu dalam mengurangi risiko dari inkontinensia alvi, yakni sebuah kondisi yang dapat menyebabkan pembuangan feses kurang dapat dikendalikan.

Manfaat lainnya dari senam kegel adalah membantu ibu hamil dalam kelancaran persalinannya. Ibu hamil yang rajin berlatih senam Kegel secara rutin, memiliki otot dasar panggul yang lebih kuat sehingga kekuatan saat mendorong ketika melahirkan secara normal juga akan lebih kuat. Ibu hamil yang melakukan senam kegel secara rutin dapat meminimalkan gangguan wasir yang umum terjadi pada ibu hamil.

Posted by Hani H.

Manfaat Melakukan Senam Kegel Pada Ibu Hamil Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Salah satu cara agar ibu hamil tetap sehat dan bugar dalam tubuhnya, adalah berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga berat, ibu hamil hanya perlu berolahraga ringan seperti berjalan-jalan, berenang, yoga dan juga senam kegel. Senam...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *