Manfaat Mandi Dengan Air Dingin Di Pagi Hari

Diposkan oleh : pada tanggal 3 Nov. 2014 Kategori Gaya Hidup Sehat

Manfaat Mandi Dengan Air Dingin Di Pagi Hari,- Mandi dengan air dingin idealnya dilaukan pada pagi hari, siang atau maksimal pukul 14.00 sore hari. Para penelitian menyarankan sebaiknya membiasakan mandi dipagi hari dengan air dingin. Tetapi bagi sebagian orang ada juga yang malas untuk melakukan rutinitas mandi di pagi hari dengan air dingin dan memilih mandi dengan air hangat. Padahal mandi dipagi hari dengan air dingin tidak hanya bertujuan untuk membersihkan badan saja, tapi banyak juga manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh anda.

manfaat mandi dengan air dingin di pagi hari
Manfaat Mandi Dengan Air Dingin Di Pagi Hari

1.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mandi air dingin dapat mencegah dari penyakit flu dan infeksi. Hal ini diketahui dari riset dan eksperimen efek air dingin pada tubuh para atlet muda. Mereka diminta mandi dengan air dingin yaitu 14 celsius derajat setiap 3-6 kali dalam 1 minggu.

Riset itu menemukan bahwa peredaran darah sel darah putih dalam tubuh meningkat hingga 2 kali lipat dan hal itu membuat tubuh para atlet muda ini meningkat dalam hal metabolisme. Tubuh mereka akan berusaha untuk menghangatkan badan sehingga daya tahan tubuh dan respon sel darah putih meningkat.

2.Mendetoksifikasi Tubuh

Alasan lain mengapa anda merasa rekejut dan menggigil saat mandi dengan air dingin adalah karena tubuh anda sedang berusaha menghilangkan racun dalam tubuh keluar melalui kulit anda. Ini mencegah racun-racun tersebut berada dalam tubuh anda dan menyebabkan infeksi atau sejenisnya. Mandi dengan air dingin juga yang menyebabkan limfatik dalam tubuh anda bekerja lebih aktif.

3.Membuat Kulit dan Rambut Menjadi Sehat

Tahukah anda kalau mandi dengan air hangat sebenarnya membuat kulit dan rambut anda kering, sedangkan mandi dengan air dingin dapat membuat kulit dan rambut menjadi lebih berkilau. Air dingin mengakibatkan pengecilan pori-pori pada rambut dan kulit kepala. Pengecilan pori-pori ini akan membuat tubuh kita lebih kuat dan mencegah adanya kotoran masuk kedalam pori-pori tersebut. Dengan rambut yang lebih kuat maka tentu saja kemungkinan rontok akan berkurang.

4.Meningkatkan Kesuburan

Bagi pria yang ingin memiliki anak berusalah sering mandi dengan air dingin agar hormon reproduksi anda meningkat.  Ini karena mandi dengan air dingin dapat meningkatkan berbagai produksi hormon dibandingankan mereka yang mandi dengan air panas seperti testosterone yang berkaitan dengan kesuburan contohnya.

5.Menjaga Temperatur Tubuh

Mandi dengan air dingin telah banyak menunjukan menjaga temperatur tubuh manusia, memastikan jumlah keringat yang dapat anda dikeluarkan. Jika anda menderita dari tangan atau kaki dingin atau jika merasakan berkeringat dalam jumlah yang tak seharusnya, maka cobalah mandi dengan air dingin dapat membantu anda. Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat membantu anda lebih tahan menghadapi cuaca dingin yang berati kurangnya kemungkinan flu dan sejenisnya.

6.Pernapasan Yang Lebih Baik

Salah satu efek yang dilihat secara nyata dari mandi dengan air dingin secara teratur adalah pernapasan anda yang mulai lebih panjang atau dalam. Ini adalah sebagai akibat mandi dengan air dingin dimana tubuh anda memulai beradaptasi dengan mengambil oksigen yang lebih banyak dan membuat tubuh anda hangat. Hal ini justru sangat baik karena membuat anda tidak cepat lelah dan dapat melakukan olahraga lebih lama.

7.Meningkatkan Energi

Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan metabolisme dan melancarkan sirkulasi darah. Hal itu akan membuat jantung anda memompa peredaran darah ke seluruh tubuh dengan baik.

Bahkan di jepang dikatakan bahwa samurai pada jaman dulu memulai hari mereka dengan seember air dingin dari sungai yang disiramkan ke kepala dan wajar mereka dapat memulai hari lebih segar dan mendapatkan energi lebih untuk beraktivitas.

8.Membantu Tidur

Salah satu alsan baik lainnya untuk mandi dengan air dingin adalah dapat membantu anda tertidur lebih cepat. Bagi anda yang sering menyebut menderita insomnia maka cobalah mandi dengan air dingin sebelum anda tidur. Mandi dengan air dingin akan membuat tubuh anda terkejut atau menggigil namun begitu anda menyentuh ranjang, perasaan rileks akan memulai terasa dan akan lebih mudah tidur.

Dan ketahuilah bahwa kepercayaan umum mengenal rematik dan mandi di malam hari itu sebenarnya salah. Salah satu alasan mengapa mandi di malam hari itu buruk adalah kemungkinan anda terkena flu karena cuaca yang sangat dingin.

9.Meningkatkan Mood

Mendapatkan mood dipagi hari bukanlah hal yang mudah, tapi tidak begitu halnya jika anda menadi dengan air dingin karena mandi denga air dingin dapat meningkatkan keseimbangan otak yang mengarah ke relaksasi dalam tubuh. Air dingin juga dapat menstimulasi peredaran darah di otak yang dapat mengurangi jeleknya mood atau perasaan serta mencegah depresi.

Demikian artikel pada kali ini tentang manfaat mandi dengan air dingin di pagi hari semoga dapat bermanfaat, kami ucapkan terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online. Nah, bagi anda yang malas mandi di pagi hari dengan air dingin, cobalah biasakan madi dengan air karena mandi dengan air dingin banyak manfaat nya bagi kesehatann tubuh.

Sumber (www.tahupedia.com)

Manfaat Mandi Dengan Air Dingin Di Pagi Hari Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat Mandi Dengan Air Dingin Di Pagi Hari,- Mandi dengan air dingin idealnya dilaukan pada pagi hari, siang atau maksimal pukul 14.00 sore hari. Para penelitian menyarankan sebaiknya membiasakan mandi dipagi hari dengan air...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *