Manfaat Kesehatan Yang Didapat Dari Sayuran Brokoli

Diposkan oleh : pada tanggal 19 Apr. 2016 Kategori Makanan Sehat

Tahukah Anda bahwa brokoli disebut juga sebagai makanan super atau super food? Mengapa demikian? Faktanya bahwa sayuran yang bentuknya mirip kembang kol ini termasuk makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan, itulah makanya gelar ‘Super Food’ pantas disandang oleh sayuran unik ini.

Manfaat Kesehatan Yang Didapat Dari Sayuran Brokoli

Untuk mendapatkan khasiat yang utuh dari brokoli tersebut, sebaiknya dimasak dengan dikukus saja atau dijadikan lalapan. Bahkan, yang populer saat ini mengolah brokoli cukup hanya dengan dibuat jus. Dengan begini kandungan brokoli tidak akan berkurang.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan, brokoli ternyata memiliki kandungan serat, zan antioksidan, beberapa jenis Vitamin seperti Vitamin A, B, C, K, juga mineral. Tidak hanya itu, terlebih lagi di dalam kandungan brokoli ditemukan senyawa anti kanker dan kandungan yang dapat mencegah pada gangguan pernafasan, seperti halnya asma.

Dan berikut ini meripakan manfaat dari brokoli untuk kesehatan yang wajib Anda tau, diantaranya :

  1. Baik dalam menjaga kesehatan kulit.

    Brokoli bisa jadi solusi untuk Anda yang ingin memiliki kulit cantik, sehat serta terbebdas dari segala permasalahannya. Brokoli memiliki senyawa yang bernama Glucoraphanin, senyawa yang bertugas dalam memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang menyebabkan kulit mengalami proses penuaan juga memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membuatnya menjadi sehat dan lebih bercahaya. Secara umum memang mengkonsumsi brokoli dapat membantu proses detoksifikasi pada kulit. Hal ini dikarenakan kandungan Vitamin C, Vitamin B compleks, beta-karoten dan Vitamin E yang membantu mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit yang telah mati.

  2. Baik dalam menjaga kesehatan pencernaan.

    Brokoli memiliki kandungan serat tinggi yang berperan penting dalam menjaa pencernaan agar selalu berfungsi baik. Kandungan antioksidannya berperan sebagai detoks alami yang akan membersihkan lambung dan usus dari racun-racun yang tidak sengaja masuk kedalam tubuh dan membersihkan saluran pencernaan.

  3. Baik dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

    Brokoli termasuk sayuran yang memiliki kandungan mineral dan kalsium yang tinggi. Keduanya sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, jangan lupa kandungan Vitamin K yang bisa mencegah Anda dari gangguan Osteoporosis.

  4. Baik dalam meningkatkan kecerdasan.

    Tidak heran jika brokoli termasuk sayuran yang wajib dikonsumsi anak, mengapa? Karena selain kaya dengan kandungan Vitamin C dan K, brokoli juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk perkembangan otak dan motorik serta meningkatkan kemampuan memori otak.

  5. Baik dalam meningkatkan ketajaman penglihatan.

    Vitamin A dan Lutein di dalam brokoli memiliki kemampuan yang baik dalam menjaga kesehatan mata. Penelitian tentang keduanya juga telah terbukti dapat membantu mencegah penurunan fungsi mata seperti makula dan katarak. Sementara itu, Vitamin A dikenal sebagai salah satu Vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan retina.

  6. Baik dalam mencegah penyakit jantung dan kardiovaskular.

    Seperti fakta yang terungkap dari penelitian brokoli yang dilakukan di Institute for Food Research di Norwich, Inggris, kandungan Glucoraphanin disilangkan hingga 2-3 kali jumlah normal diyakni dapat mencegah penyakit jantung. Sementara kandungan Vitamin B6 dan Asam folatnya mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Konsumsi brokoli dengan imbangi pola hidup sehat dan olahraga secara teratur dapat mencegah Anda dari gangguan keduanya.

  7. Baik dalam mencegah inflamasi.

    Antiinflamasi (peradangan), dan antialergi didapat dalam brokoli karena kandungan senyawa Kaempferol yang kuat dibarengi dengan omega 3 dan asam lemak.

  8. Baik dalam mencegah depresi.

    Seseorang yang mudah mengalami depresi, kelelahan, daya ingat yang buruk, bahkan lebih serius seperti skizofrenia. bisa terjadi karena orang tersebut kekurangan asam folat. Maka dari itu brokoli menjadi salah satu makanan yang akan memenuhi kandungan tersebut dan mencegah Anda dari depresi.

  9. Baik dalam mencegah kanker.

    Brokoli juga disebut-sebut sebagai sayuran yang memiliki manfaat paling tinggi dalam mencegah kanker, hal ini terjadi karena kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate. Dengan kandungan tersebut, brokoli memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker payudara, usus besar, kandung kemih, dan kanker ovarium.

  10. Baik dalam menurunkan kolesterol dan pilihan makanan yang tepat untuk diet Anda.

    Sama dengan sayuran lainnya, brokoli juga memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah serta lemak didalam tubuh. Dengan kandungan serat yang tinggi, brokoli membuat Anda kenyang lebih lama juga membuat kebutuhan asupan mineral terpenuhi. Brokoli juga rendah kalori dan lemak. Jadi sayuran ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghindari kolesterol tinggi juga Anda yang sedang menjalani program diet.

  11. Baik dalam menjaga kadar gula darah.

    Brokoli sangat tepat dikonsumsi oleh mereka yang memiliki gangguan terhadap kadar gula darah, khususnya kadar gula darah tinggi karena sayuran ini mampu mengatur kadar gula darah agar tetap rendah / dalam kondisi normal.

  12. Baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    Seperti penjelasan diatas kita ketahui bahwa brokoli memiliki kandungan antioksidan yang salah satunya baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan infeksi, bakteri dan virus. Kandungan seperti fitonutrien dan fitokimia, juga sulforaphane, membantu mengeluarkan racun dari dalam dan memperkuat ketahanan tubuh dari ancaman flu.

Itu dia manfaat kesehatan yang bisa didapat dari brokoli, sayuran super yang memiliki manfaat super luar biasa untuk kesehatan. Nantikan tips lainnya pada situs Tips Sehat Online, semoga tiap-tiap artikel kami disini dapat bermanfaat untuk Anda para pengunjung setia. Salam sehat!

By : Hani Handayani.

Manfaat Kesehatan Yang Didapat Dari Sayuran Brokoli Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tahukah Anda bahwa brokoli disebut juga sebagai makanan super atau super food? Mengapa demikian? Faktanya bahwa sayuran yang bentuknya mirip kembang kol ini termasuk makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan,...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *