Manfaat Kesehatan Menjadi Seorang Vegetarian

Diposkan oleh : pada tanggal 24 Jul. 2015 Kategori Tips Sehat

Menjadi seorang vegetarian, adalah salah satu pilihan yang diambil dari mereka yang ingin hidup sehat. Vegetarian sendiri adalah istilah untuk menyebut seseorang yang hanya makan  sayuran. Secara umum, mereka memilih untuk menghindari produk makanan yang berasal dari hewan meskipun ada beberapa jenis vegetarian yang masih memasukkan produk turunan hewani kedalam menu mereka.

manfaat kesehatan menjadi seorang vegetarian
Menjadi seorang vegetarian pun tidak masalah, bahkan jika Anda berminat, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika menjadi vegetarian, beberapa manfaat kesehatan menjadi seorang vegetarian, diantaranya:

1. Terhindar Dari Ancaman Penyakit
Sebuah penelitian melakukan perbandingan antara seorang vegetarian dan seorang pemakan daging, hal ini dilakukan oleh salah satu Institute di Amerika atau American Insitute, menyatakan bahwa seorang vegetarian dapat mengurangi resiko kanker perut, penyakit pankreas, rahim, payudara, usus, dan ovarium. Hal ini ada kemungkinan ada keterkaitan dengan dampak daging yang mempersempit pembuluh darah sehingga bila dibiarkan lama nutrisi dan oksigen pada tubuh akan mengganggu sistem kekebalan tubuh.

2. Menjaga Berat Badan Ideal
Jika dibandingkan memakan sayuran yang kaya akan serat dan protein dengan memakan daging-dagingan yang kaya akan kalori, tentu jelas akan lebih sehat seseorang yang sering mengkonsumsi sayuran. Maka tak heran jika seorang vegetarian memiliki berat badan yang ideal, walaupun terlihat kurus namun badan memiliki sistem metabolisme yang tinggi dan rawan terkena penyakit. Untuk mengerjakan sesuatu hal yang beratpun tidak akan terlalu cepat lelah.

3. Menyehatkan Pikiran
Menurut penelitian di British Journal of Health Psychology menyatakan bahwa asupan sayuran dapat memberikan banyak energi, perasaan bahagia, ketenangan, dan dampak positif pada suasana hati. Hal ini kemungkinan disebabkan dari fungsi sayuran yang mengurangi zat racun dalam tubuh, sehingga organ-organ dalam tubuh memiliki sedikit kemungkinan mengalami disfungsi.

4. Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat
Terlepas dari akibat dari dampak sinar matahari yang jahat, ternyata makanan yang anda konsumsi setiap hari juga dapat berdampak buruk pada kulit, banyak sayuran yang mengandung mineral untuk kesehatan kulit. Hal ini memberikan antioksidan lebih untuk para vegetarian dibanding dengan seseorang yang mengkonsumsi daging-dagingan, antioksidan berguna untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga membuat kulit tetap lembab dan awet muda. Dengan mengkonsumsi sayuran segar dan mentah akan mengurangi zat jahat pemicu penuaan dini, peningkatan lemak dan keriput pada kulit, ada baiknya sayuran tidak dimasak dengan suhu tinggi.

5. Meningkatkan Hormon Seksual
Bagi vegetarian yang sering mengkonsumsi makanan nabati seperti sayuran dan buah-buahan diyakini memiliki manfaat untuk meningkatkan libido dan hormon. Bahkan sebuah penelitian di Ceko mengatakan bahwa bau badan vegetarian jauh lebih menarik dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi daging-dagingan. Diketahui juga bagi wanita yang akan mengalami menopause tidak akan mengalami penderitaan jika banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Nah, bagaimana? Dengan mengetahui manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan menjadi seorang Vegetarian pada situs Tips Sehat Online apakah membuat Anda tertarik? Tidak perlu ragu, karena semuanya bisa dilakukan secara bertahap. Konsultasikan kepada ahli kesehatan untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai vegetarian.

Semoga bermanfaat, salam!

Manfaat Kesehatan Menjadi Seorang Vegetarian Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Menjadi seorang vegetarian, adalah salah satu pilihan yang diambil dari mereka yang ingin hidup sehat. Vegetarian sendiri adalah istilah untuk menyebut seseorang yang hanya makan  sayuran. Secara umum, mereka memilih untuk menghindari produk makanan...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *