Manfaat Kesehatan Dari Sayuran Kubis

Diposkan oleh : pada tanggal 13 Jul. 2017 Kategori Makanan Sehat

Siapa yang tidak mengenal sayuran yang satu ini. Kubis, sayuran yang memiliki nama latin Brassica Oleracea ini termasuk jenis sayuran yang dimanfaatkan daunnya, untuk kemudian dikonsumsi. Sayuran dengan bentuk bulat yang tersusun antara daun-daun ini memiliki warna kehijauan muda, dan putih. Bagian daun dari Kubis inilah yang sering dimanfaatkan sebagai sayur.

Selain dimasak menjadi olahan sayur, Kubis bisa juga dikonsumsi mentah sebagai lalapan. Sayuran ini bermanfaat untuk mengenyangkan perut. Anda mungkin belum tahu jika sayuran yang satu ini juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Beberapa Manfaat Kesehatan Dari Sayuran Kubis berikut ini selengkapnya.

Manfaat Kesehatan Dari Sayuran Kubis

  • Kesehatan Otak.

Kandungan Vitamin K dan Anthocyanins pada Kubis mampu menjaga kondisi otak serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Kedua nutrisi ini dapat mencegah kerusakan saraf dan mengurangi resiko penyakit Alzheimer, bahkan menyembuhkan Alzheimer.

  • Mencegah Kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan jika Kubis memiliki kemampuan dalam mencegah sel-sel kanker seperti pada Payudara. Hal ini dikarena kandungan senyawa seperti Lupeol, Sinigrin dan Sulforaphane yang mampu menghambat pertumbuhan tumor dan Kanker.

  • Mengatasi sakit kepala.

Faktanya, Kubis telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sakit kepala. Caranya, haluskan Kubis dengan cara diblender, lalu bungkus dengan kain bersih dan kompreskan pada dahi penderita sakit kepala.

  • Jaga kesehatan mata.

Kubis juga ternyata baik untuk menjaga kesehatan mata, serupa dengan sayuran dan buah yang memiliki kandungan Vitamin A tinggi. Rajin mengonsumsi Kubis sejak kecil menghindarkan diri menggunakan kacamata saat dewasa.

  • Melancarkan pencernaan.

Sama manfaatnya dengan buah Pisang, Kubis juga dapat membantu melancarkan pencernaan serta mengatasi sembelit atau konstipasi. Ini berkat kandungan sulfur dan mineral lainnya.

  • Mencegah penuaan dini.

Kandungan Vitamin E dalam kubis ini juga bermanfaat untuk kecantikan terutama kulit. Kandungan Vitamin C dan antioksidannya juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga kulit agar tetap awet muda.

  • Memperlancar sirkulasi darah.

Menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar adalah hal yang sangat penting untuk mencegah penyakit berbahaya seperti Stroke dan Jntung. Kandungan Potassium dalam Kubis ternyata mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah di seluruh tubuh tetap lancar.

  • Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Kubis merupakan Sayuran dengan kandungan Vitamin C dan sukfur yang tinggi. Kedua senyawa ini sangat bermanfaat dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit seperti Arthtiris, penyakit kulit, Rematik, hingga asam urat.

  • Obat sariawan alami.

Tidak hanya sebagai sakit kepala, Kubis juga kerapkali dijadikan sebagai obat sariawan tradisional. Ini berkat kandungan zat Glutamine yang ada di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaatnya dalam mengobati Sariawan, cukup dengan mengonsumsi jus kobis secara rutin.

  • Menurunkan berat badan.

Hampir setiap wanita di dunia mengidam-idamkan memiliki berat badan langsing. Maka dari itu wanita rela melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Kubis bisa jadi pilihan jenis makanan untuk diet Anda. Sayuran ini rendah kalori dan tinggi kandungan seratnya sehingga dapat mengurangi kelebihan lemak di dalam tubuh.

Semoga bermanfaat.

Posted by Hani H.

Manfaat Kesehatan Dari Sayuran Kubis Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Siapa yang tidak mengenal sayuran yang satu ini. Kubis, sayuran yang memiliki nama latin Brassica Oleracea ini termasuk jenis sayuran yang dimanfaatkan daunnya, untuk kemudian dikonsumsi. Sayuran dengan bentuk bulat yang tersusun antara daun-daun...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *