Manfaat Kandungan Tempuyung Dapat Turunkan Demam

Diposkan oleh : pada tanggal 10 May. 2016 Kategori Makanan Sehat Minuman Sehat

Tempuyung adalah jenis tanaman liar yang sudah lama digunakan sebagai obat tradisional. Bahkan, ekstrak daun dari tanaman pun telah dijadikan komponen dasar dari obat dokter.

Tempuyung atau dalam bahasa ilmiah disebut Sanchus arvensis dikenal dengan berbagai nama seperti jombang, galibug, lempung atau rayana. Tempuyung memiliki daun tunggal yang berbentuk lonjong dengan ujung runcing dan pada pangkal daun bertoreh warna hijau.  Warna daun tempuyung adalah hijau keunguan dengan permukaan yang Iicin dengan tepi yang berombak, bergerigi, dan tidak beraturan. Daun yang bergerigi tadi terpusat membentuk roset di dekat pangkal batang.

Manfaat Kandungan Tempuyung Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Kandungan Tempuyung Dapat Turunkan Demam

Tempuyung sudah lama digunakan sebagai obat tradisional penyakit batu ginjal karena sifatnya yang diuretik (peluruh). Namun, tempuyung juga memiliki kandungan mineral dan senyawa aktif yang membuat mampu mengatasi aneka penyakit lain. Daun tempuyung mengandung ion-ion mineral seperti silika, kalium, magneisum, dan natrium. Daun tempuyung juga mengandung senyawa organic seperti flavanoid (kaempferol, luteolin-7-0 glukosida, dan apigenin-7-0-glukosida), taraksasterol, inositol, kumarin (skepoletin), dan asam fenolat (sinamat, kumarat, dan vanilat).

Kandungan-kandungan tersebut membuat daun tempuyung berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan seperti:

  • Menetralkan dan melancarkan peredaran darah
  • Melancarkan pengeluaran air kencing
  • Menurunkan panas
  • Menawarkan racun
  • Mengobati pendengaran berkurang

Tempuyung juga bersifat antiradang sehingga bsia digunakan untuk mengobati radang saluran kencing, radang usus, hingga radang. Tempuyung juga berkhasiat mengurangi bengkak. Sehingga, tanaman liar ini juga berkhasiat untuk mengobati bisul dan wasir.

Cara membuat ramuan dari tempuyung yaitu dengan cara merebus daun tempuyung kemudian diminum. Sedangkan untuk luka luar, daun tempuyung di giling atau ditumbuk halus, kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang luka. Untuk menjaga kesehatan, biasanya daun tempuyung dan batang mudanya dijadikan sebagai lalapan dengan cara dikukus atau dibuat menjadi urap.

Itulah khasiat dari kandungan daun tempuyung untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

 

| Manfaat Kandungan Tempuyung Dapat Turunkan Demam

Manfaat Kandungan Tempuyung Dapat Turunkan Demam Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tempuyung adalah jenis tanaman liar yang sudah lama digunakan sebagai obat tradisional. Bahkan, ekstrak daun dari tanaman pun telah dijadikan komponen dasar dari obat dokter. Tempuyung atau dalam bahasa ilmiah disebut Sanchus arvensis dikenal...
Makanan Sehat Minuman Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *