Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 30 Dec. 2014 Kategori Gaya Hidup Sehat

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Jalan kaki adalah salah satu aktivitas olahraga ringan dan tidak memerlukan biaya apapun. Yang diperlukan hanyalah kekuatan kaki saja untuk berjalan. Dengan berjalan kaki selama 30-45 menit setiap hari, ternyata anda bisa mengubah hidup lebih sehat. Berikut ini adalah manfaat jalan kaki bagi kesehatan.

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

1).Memperkuat Jantung

Rajin berjalan kaki terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini karena aktifitas ini dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menjaga tekanan darah normal. Jadi apapun aktifitas yang meningkatkan denyut jantung dan memompa darah juga melatih jantung dan sistem  peredaran darah. Menurut Asosiasi Stroke , berjalan cepat selama 30 menit dapat membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi penyebab stroke- bisa mengurangi risiko stroke hingga 27%.

2).Menurunkan risiko terkena penyakit

Kebiasaan berjalan kaki juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, asma, bahkan beberapa jenis kanker. Sebuah studi yang dilakukan di British Medical Journal menunjukan bahwa berjalan setiap hari dapat membantu mencegah diabetes.

3).Mencegah Osteoporosis

Berjalan kaki dianggap sebagai kegiatan menahan beban, yang merangsang dan memperkuat tulang dengan meningkatkan kepadatannya sehingga mencegah osteoporosis. Hal ini benar-benar penting, terutama bagi wanita yang lebih rentan osteoporosis. Hal ini juga akan membantu menjaga kesehatan sendi, sehingga bisa mencegah kondisi seperti artrhritis.

4).Membentuk dan memperkuat kaki

Berjalan kaki akan membantu dan membentuk kaki anda. Jika anda memperhatikan postur tubuh anda pada saat berjalan, hal ini dapat mengurangi ukuran lingkar pinggang anda.

5).Meningkatkan kemampuan otak

Ini adalah fakta bahwa melakukan dalam bentuk apapun bisa membantu meningkatkan kemampuan fisik, mental dan kewaspadaan. Sebuah studi yang dilakukan oleh National Of Aging menyimpulkan bahwa berjalan kaki selama 45 menit sehari bisa mempertajam kemampuan mental.

6).Menjaga berat badan tetap normal

Jika anda mencoba untuk menurunkan berat badan, maka anda harus membakar sekitar 600 kalori perhari dan lebih dari yang anda makan. Berjalan kaki adalah salah satu cara termudah untuk melakukan itu. Seseorang dengan berat badan 60kg dapat membakar sekitar 75 kalori hanya dengan berjalan kaki sedang (2mph) selama 30 menit. Meningkatkan lebih cepat lagi (4mph) akan membakar sekitar 99 kalori. Mempercepatnya lagi (4mph) akan membakar kalori sebanyak 150 kalori. Berjalan kaki juga meningkatkan massa otot sehingga semakin banyak otot yang anda miliki dan semakin cepat pula metabolisme tubuh and. Sehingga banyak kalori yang terbakar bahkan saat sudah istirahat.

7).Awet muda

Tahukan anda kalau jalan kaki bisa membuat anda awet muda? Jalan kaki membuat kita mendapatkan oksigen lebih banyak karena berada diruang terbuka, sehingga produksi kolagen dalam tubuh akan meningkat. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi kelembaban dan peremajaan kulit.

8).Membuat kita lebih berenergi

Jalan cepat asalah salah satu penghasil energi alami terbaik. Hal ini karena akan meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan suplai ke setiap sel dalam tubuh kita. Berjalan akan menghilangkan sendi yang terasa kaku dan meredakan ketegangan otot sehingga membuat kita merasa lebih cepat. Merasa kurang energi pada saat di tempat kerja ? keluarlah sebentar untuk berjalan kaki saat jam makan siang untuk mencari makanan di luar, bukannya selalu di meja anda untuk menunggu kiriman.

Demikianlah tips sehat online yang menyajikan sebuah artikel tentang manfaat jalan kaki bagi kesehatan semoga dapat bermafaat.

Sumber : ( www.carakhasiatmanfaat.com , www.smallcrab.com)

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Jalan kaki adalah salah satu aktivitas olahraga ringan dan tidak memerlukan biaya apapun. Yang diperlukan hanyalah kekuatan kaki saja untuk berjalan. Dengan berjalan kaki selama 30-45 menit setiap hari,...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *