Manfaat Hebat yang Akan Didapat Jika Memelihara Kucing

Diposkan oleh : pada tanggal 1 Apr. 2017 Kategori manfaat

Siapa yang tidak suka dengan kucing. Tidak sedikit orang, baik itu anak-anak ataupun orang dewasa yang menyukai salah satu jenis hewan peliharaan lucu ini. Tingkahnya yang lucu dan bulu-bulunya yang lembut membuat banyak orang memilih kucing sebagai hewan peliharaannya.

Namun, apakah Anda tahu bahwa memelihara kucing bisa memberikan manfaat bagi kesehatan ? Para ilmuwan mengungkapkan bahwa persahabatan antara manusia dan kucing bisa menimbulkan dampak yang baik bagi hidup. Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat hebat yang akan didapat jika memelihara kucing di rumah :

Membantu perkembangan anak autisme

Seseorang dengan autisme sulit berkomunikasi dengan dunia sekitar. Namun, kehadiran hewan peliharaan bisa menjadi terapi yang membantu orang dengan autisme agar kondisinya menjadi lebih baik. Hasil studi dari Prancis menyatakan bahwa anak autisme cenderung lebih tenang dan mampu bersosialisasi jika memiliki hewan peliharaan.

Mengurangi risiko serangan jantung

Hasil studi dari University of Minnesota menyebutkan, dari 4.500 pemilik kucing dengan usia antara 30-75 tahun, risiko untuk mengalami serangan jantung menurun hingga 40%. Selain itu, ia juga bisa menurunkan kematian akibat penyakit jantung sebanyak 30%.

Hal ini disebabkan karena memelihara kucing bisa menjauhkan kita dari stres. Alhasil, jantung pun akan semakin sehat. Selain itu, sebuat studi menemukan jika pasien yang telah keluar dari Coronary Care Unit, akan semakin membaik kondisinya di tahun berikutnya jika mereka memiliki hewan peliharaan.

Mencegah alergi

Beberapa studi di Swedia dan Finlandia menyarankan untuk mengekspos anak terhadap kucing dan anjing selama masa bayi agar dapat membantunya dalam membantun kekebalan alami. Dengan begitu, anak akan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi terhadap hewan peliharaan dalam hidupnya. Namun, jangan lakukan hal ini pada bayi jika sang orangtua memiliki riwayat alergi terhadap kucing.

Membantu lebih tenang

Bagi Anda pecinta kucing, mengelus bulu merupakan hal yang pasti rutin dilakukan. Tidak hanya kucing yang senang dielus, namun bagi orang yang mengelus dan merasakan lembutnya bulu kucing juga bisa menurunkan tingkat stress dan mengurangi tekanan darah. Menuryt laporan dalam Scientific American, getaran tubuh kucing saat dia tidur sekitar 20-140 Hertz, rupanya bisa membantu mengatasi beragam penyakit.

Lebih mudah berfikir positif

Siapa sangka, dengan memiliki kucing sbagai hewan peliharaan mampu membuat pikirna lebih positif. Menurut studi Cats Protection, sekitar 87% pemilik kucing merasa kondisi kesehatan mentalnya lebih baik.

Membuat pemilik tertawa lepas

Kucing terkadang memiliki tingkah yang tak terduga. Mulai dari terpeleset hingga gagal mendarat saat meloncat sehingga membuat orang yang melihatnya tertawa. Selain melihat langksung tingkah unik kucing, peneliti juga mendapati orang yang menonton aksi kucing selama 20 menit bisa mengurangi stres. Hasil studi menunjukkan tingkat kortisol menurun sehingga stres berkurang.

By Sri Maryati

Manfaat Hebat yang Akan Didapat Jika Memelihara Kucing Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Siapa yang tidak suka dengan kucing. Tidak sedikit orang, baik itu anak-anak ataupun orang dewasa yang menyukai salah satu jenis hewan peliharaan lucu ini. Tingkahnya yang lucu dan bulu-bulunya yang lembut membuat banyak orang...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *