Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Feb. 2017 Kategori manfaat

Daun sirih merah memiliki nama ilmiah piper crocatum. Tanaman ini mempunyai batang berwarna hijau keunguan, daunnya berwarna merah, permukaan daunnya mengkilap dan tidak merata. Tanaman ini biasanya sering dijadikan tanaman hias. Namun, tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Daun sirih merah memiliki kandungan zat kimia yang baik bagi kesehatan. Kandungan tersebut diantaranya tanin, karvanol, flavonoid, minyak asiri, saponin, alkaloid, polifenol dan eugenol.

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Mengatasi masalah bau mulut

Salah satu manfaat daun sirih merah bagi kesehatan adalah mengatasi masalah bau mulut. Caranya rebus beberapa lembar daun sirih merah sampai mendidih. Untuk penggunaan rebusan air daun sirih merah tersebut gunakan untuk kumur-kumur di pagi dan sore hari.

Mengurangi bau badan

Tidak hanya untuk mengatasi masalah bau mulut, tapi juga dapat mengurangi bau badan. Cara mengolahnya rebus beberapa lembar daun sirih merah dengan menggunakan air sampai mendidih, minum air rebusannya selagi hangat sebanyak 2 kali dalam sehari. Cara selanjutnya adalah tumbuk 2 lembar daun sirih merah, oleskan pada ketiak.

Mengatasi gejala keputihan

Daun sirih merah memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan wanita yaitu mampu mengatasi keputihan pada wanita. Hal ini dikarenakan daun sirih merah memiliki kandungan yang baik yang mampu membasmi bakteri penyebab keputihan. Cara mengolah daun sirih merah untuk mengatasi keputihan adalah sediakan 5-10 lembar daun sirih merah, cuci terlebih dahulu, rebus dengan air 250 ml sampai mendidih, saring airnya, setelah dingin gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

Mengatasi mata merah

Daun sirih merah mengandung senyawa alkaloid yang berperan sebagai anti radang juga anti bakteri, yang mampu meredakan mata merah akibat iritasi. Cara mengolah daun sirih untuk mengatasi mata merah adalah sediakan 20 lembar daun sirih merah, cuci terlebih dahulu, rebus dengan air sampai mendidih, saring airnya, dan gunakan air rebusannya sebagai kompres mata atau bisa juga digunakan untuk membasuh mata sekitar 10 menit.

Mengobati luka bakar ringan

Daun sirih merah juga bermanfaat untuk mengatasi luka bakar ringan. Cara mengolah daun sirih merah untuk mengatasi luka bakar ringana adalah sediakan 3-5 lembar daun sirih merah, cuci dengan ri bersih, tumbuk, campur dengan madu 2 sendok teh, kemudian oleskan di daerah luka 2 kali sehari.

Mengobati sariawan

Sariawan adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Untuk mengobati sariawan tidak perlu mengonsumsi obat, anda bisa menggunakan bahan alami seperti daun sirih merah. Caranya cuci 1-2 lembar daun sirih merah, kunyah sampai hancur, diamkan 10 menit, kemudian buang. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

Mengatasi mimisan

Daun sirih juga bisa mengatasi mimisan yaitu menghentikan darah yang keluar ketika mimisan. Caranya cuci terlebih dahulu daun sirih merah, gulung 1 lembar daun sirih, sumbatkan pada lubang hidung yang mengeluarkan darah.

Manfaat lainnya daun sirih merah bagi kesehatan adalah mengatasi batuk, menstabilkan tekanan darah, mengobati gusi berdarah, radang paru-paru, diabetes, dan asam urat.

Baca juga: Manfaat Daun Asam Jawa Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Daun sirih merah memiliki nama ilmiah piper crocatum. Tanaman ini mempunyai batang berwarna hijau keunguan, daunnya berwarna merah, permukaan daunnya mengkilap dan tidak merata. Tanaman ini biasanya sering dijadikan tanaman hias. Namun, tanaman ini...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *