Manfaat Daun Pakis Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Feb. 2017 Kategori manfaat

Ada banyak daun-daunan yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya daun singkong, daun pepaya, daun sirih merah, daun asam jawa termasuk juga daun pakis. Pakis dalam bahasa latin bernama diplazium esculentum merupakan tanaman yang tergolong ke dalam tumbuhan paku. Pakis ialah tanaman pendek, berumbai atau akarnya merayap, mempunyai batang, rimpang, daun muda dan tunas yang bisa digunakan untuk makanan. Selain itu, daun pakis juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Manfaat Daun Pakis Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Pakis memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan diantaranya kandungan protein, zat besi, vitamin A, vitamin C, fosfor, kalium dan kalsium.

Manfaat Daun Pakis Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun pakis memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C yang ada pada daun pakis juga berfungsi untuk membantu dalam produksi kolagen dalam tubuh.

Kesehatan tulang

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tulang yaitu dengan olahraga secara rutin, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium dan fosfor. Salah satu makanan yang mengandung kalsium dan fosfor adalah daun pakis. Fosfor yang ada pada daun pakis juga berfungsi untuk menjaga fungsi otot dan mencegah osteoporosis.

Kesehatan mata

Sama seperti wortel, daun pakis juga memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin A yang ada pada daun pakis juga mampu membantu dalam kesehatan jaringan dalam tubuh. Maka bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Mengatasi gangguan pencernaan

Daun pakis dapat dijadikan obat alami untuk mengobati gangguan pencernaan dan sembelit. Hal ini dikarenakan daun pakis memiliki kandungan vitamin B3 yang sangat penting untuk memperlancar pencernaan.

Menurunkan kadar gula darah

Daun pakis mempyunyai efek antihiperglikemia yang bisa membantu dalam menurunkan kadar gula darah, sehingga daun pakis ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sebagai antioksidan yang baik

Daun pakis memiliki kandungan flavonoid maka bisa menjadi sumber antioksidan. Kandungan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas untuk sel tubuh manusia.

Manfaat lainnya daun pakis bagi kesehatan adalah melancarkan metabolisme, mengatasi rematik, menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatasi peradangan. Walaupun daun pakis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tapi jangan mengonsumsi sayur pakis dalam keadaan mentah sebab tanaman ini mengandung asam sikimat yang dapat mengganggu pencernaan. Selain itu anda harus memastikan apakah pakis yang anda beli aman dikonsumsi atau tidak. Karena ada pakis yang mengandung zat beracun.

Terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online.

Manfaat Daun Pakis Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ada banyak daun-daunan yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya daun singkong, daun pepaya, daun sirih merah, daun asam jawa termasuk juga daun pakis. Pakis dalam bahasa latin bernama diplazium esculentum merupakan tanaman yang tergolong ke...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *