Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Diposkan oleh : pada tanggal 19 Jul. 2016 Kategori manfaat

Selamat datang kembali disitus tips sehat online , kali ini kami akan memberikan informasi tentang Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Daun Jarak atau yang bernama ilmiah Ricinus communis L yakni sejenis tumbuhan semak perdu yang sering tumbuh liar dan juga dijadikan tanaman pagar. Daun jarak memiliki sebutan diberbagai wilayah Kaliki (Jawa), Klekeh (Madura), Dulang atau glotah (Sumatera).

Daun jarak mengandung senyawa amiri, teraksol, kaemfesterol, dan stigmasterol. Bagian kulitnya juga mengandung resin, tanin dan saponin. Sedangkan bagian bijinya mengandung curcin dan toksalbumin yang dapat digunakan sebagai anti kanker.

manfaat daun jarak untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

Mengobati sakit gigi dikarenakan berlubang

Daun jarak mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya dapat mengobati sakit gigi. Kandungan antimikroba pada getah daun jarak dapat membunuh kuman dan bakteri pada gigi berlubang.

Cara penggunaannya adalah sediakan tangkai daun jarak, ambil getahnya, bisa dengan kapas atau kain lembut untuk mengambilnya, secukupunya saja. Setelah Itu tempelkan pada gigi berlubang.

Mengobati rematik

Daun jarak juga bermanfaat mampu mengobati rematik. Cara penggunaannya ialah sediakan daun jarak yang tua dan tampak segar. Cuci dengan air yang bersih, kemudian tumbuk sampai halus, campurkan dengan air namun sedikit. Oleskan pada bagian yang rematik.

Mengatasi masalah susah buang air besar (BAB)

Kandungan serat yang tinggi pada daun jarak dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi masalah sulit BAB. Cara penggunaanya merupakan kukus daun jarak yang masih segar , setelah itu mengkonsumsi sebagai lalapan waktu makan. Alhasil pencernaan dapat kembali normal.

Mengobati kurap

Cara memanfaat daun jarak untuk mengobati kurap yaitu cuci daun jarak , kemudian rendam didalam minyak kelapa sekitar beberapa jam, panaskan minyak daun jarak, oleskan minyak ke permukaan kulit berkurap dan tutup dengan kain katun. Diamkan sampai semalaman dan ulangi sampai benar-benar sembuh.

Obat penurun panas

Daun jarak bisa dijadikan obat penurun panas untuk menurunkan panas pada anak maupun orang dewasa. Caranya sediakan daun jarak, cuci dengan air bersih, kemudian diolesi minyak goireng yang baru dan panaskan di atas api sampai panasnya merata pada daun lalu letakkan pada perut.

Manfaat Daun Jarak Untuk Kecantikan

Tidak Hanya memiliki manfaat untuk kesehatan , daun jarak juga memiliki manfaat untuk kecantikan diantaranya :

Menghaluskan dan mencerahkan kulit

Daun jarak mengandung vitamin C dan E yang mempunyai kegunaan untuk merawat kulit dari dalam. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk kulit dapat meregenerasi sel kulit yang baru supaya cepat tumbuh.

Cara penggunaannya sangat mudah yaitu cuci bersih daun jarak, kemudian rebus dalam air yang secukupnya. Sesudah hampir setengahnya, dinginkan dan minum secara rutin setiap hari, Supaya lebih maksimal , onsumsi rebusan daun jarak dilakukan pada malam hari maupun pagi hari.

Menghilangkan jerawat

Daun jarak mempunyai kandungan antibakterial dan antiseptik yang dapat mengatasi kulit yang dihinggapi kuman dan bakteri penyebab jerawat. Kandungan antiinflamasi pada daun jarak pun bisa mengatasi peradangan akibat bintik jerawat tersebut. Cara menggunakan daun jarak untuk menghilangkan jerawat ialah tumbuk atau blender daun jarak, sesudah itu simpan di wajah yang berjerawat untuk dijadikan masker.

Itulah manfaat daun jarak untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga dapat bermanfaat.

Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang kembali disitus tips sehat online , kali ini kami akan memberikan informasi tentang Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Daun Jarak atau yang bernama ilmiah Ricinus communis L yakni sejenis tumbuhan...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *