Manfaat Daun Cincau Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Feb. 2017 Kategori manfaat

Beragam daun-daunan yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan diantaranya daun cincau, daun sirih, daun  pandan, daun pakis, daun sirsak dll. Namun kali ini kami akan memberikan informasi tentang manfaat daun cincau. Daun cincau memiliki nama ilmiah cyclea barbata. Daun cincau biasanya sering digunakan untuk membuat es cincau. Selain diolah untuk dijadikan es cincau, daun cincau juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan bisa dijadikan obat tradisional untuk mengobati bebagai penyakit.

Manfaat Daun Cincau Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Daun cincau mengandung nutrisi yang cukup untuk menyehatkan tubuh. Kandungan nutrisi yang ada pada daun cincau diantaranya zat besi, serat, kalsium, fosfor, protein, karbohidrat, lemak, polifenol, saponin, flavonoid, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.

Manfaat Daun Cincau Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Meredakan peradangan

Daun cincau memiliki kandungan zat klorofil yang berperan penting dalam meredakan peradangan akibat bakteri atau kuman tertentu. Cara mengolah daun cincau untuk mengobati peradangan yaitu sediakan beberapa lembar daun cincau, cuci terlebih dahulu, kemudian tumbuk dan beri sedikit garam. Oleskan tumbukan daun cincau tersebut pada bagian yang sakit.

Menurunkan demam

Salah satu manfaat daun cincau bagi kesehatan adalah dapat menurunkan demam. Karena ddaun cincau memiliki kandungan saponin dan antioksidan yang berperan dalam menurunkan demam. Cara mengolah daun cincau untuk mengatasi demam yaitu sediakan beberapa lembar daun cincau, cuci terlebih dahulu, rebus dengan menggunakan air hingg mendidih, saring dan minum air rebusannya 2 kali sehari. Cara yang kedua adalah daun cincau bisa diolah menjadi agar-agar.

Menstabilkan kadar gula didalam darah

Daun cincau memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan salah satunya adalah dapat menstabilkan kedar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan daun cincau mempunyai kandungan senyawa berupa klorofil dan bisbenzilsokuinolin. Kedua kandungan tersebut berperan dalam menstabilkan kadar gula dalam darah. Hal ini kemudian dapat memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas dalam mengatur kadar gula darah. Sehingga daun cincau juga bisa dijadikan sebagai obat diabetes. Cara mengolah daun cincau untuk menstabilkan kadar gula didalam darah yaitu sediakan beberapa lembar daun cincau, cuci terlebih dahulu, rebus dengan menggunakan air sampai mendidih, saring dan bila sudah agak hangat minum air rebusan nya 2 kali sehari.

Mengobati radang lambung

Daun cincau juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati radang lambung. Cara mengolah daun cincau untuk mengobati radang lambung yaitu sediakan beberapa lembar daun cincau, cuci terlebih dahulu, rebus dengan menggunakan air sampai mendidih, saring dan minum air rebusan nya 2 kali sehari selagi hangat.

Menurunkan hipertensi

Hipertensi sering kambuh? bila sudah melakukan pengobatan medis, tapi hipertensi sering kambuh juga, anda bisa beralih pada pengobatan hipertensi secara alami dengan menggunakan bahan alami seperti daun cincau. Karena daun cincau mengandung senyawa S-S  tetandrin yang berperan dalam menurunkan hipertensi. Kandungan senyawa ini bisa menyebabkan pelebaran darah sehingga darah pun dapat mengalir lebih lancar. Bila sistem peredaran darah lancar, maka tekanan darah kembali normal.

Kesehatan tulang

Daun cincau memiliki kandungan fosfor, magnesium, mineral dan kalsium yang cukup tinggi. Keempat kandungan tersebut berperan penting untuk regenerasi sel-sel tulang yang telah keropos. Bahkan kandungan tersebut memberikan nutrisi tulang dalam pembentukan sel-sel darah yang rusak. Sehingga kesehatan tulang akan tetap terjaga walaupun sudah mencapai usia tua.

Masih banyak lagi manfaat daun cincau untuk kesehatan diantaranya mengatasi diare, mengatasi permasalah apda otot, mengatasi keracunan akibat seafood dan mengobati sakit perut.

Manfaat Daun Cincau Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Beragam daun-daunan yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan diantaranya daun cincau, daun sirih, daun  pandan, daun pakis, daun sirsak dll. Namun kali ini kami akan memberikan informasi tentang manfaat daun cincau. Daun cincau memiliki...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *