Manfaat Dari Mengunyah Makanan Dengan Perlahan

Diposkan oleh : pada tanggal 25 Jan. 2017 Kategori Tips Sehat

Mungkin Anda ingat, ketika di sekolah dulu diajarkan jika mengunyah makanan lebih baik secara perlahan dan tidak terburu-buru agar tidak tersedak. Namun, saat Anda semakin dewasa, tampaknya hal ini sudah tidak terlalu diperhatikan. Ada banyak faktor yang membuat waktu makan kita menjadi lebih singkat. Padahal jika Anda tahu, manfaat dari mengunyah makanan secara perlahan tidak hanya untuk mencegah dari tersedak, tapi ada beberapa manfaat lagi yang mungkin belum Anda tahu hingga saat ini. Apa saja? Ini dia selengkapnya.

Manfaat Dari Mengunyah Makanan Dengan Perlahan

1. Jika Anda memulai untuk mengunyah makanan secara perlahan, Anda bisa mengurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi. Sebab saat Anda makan dengan perlahan, otak akan menyadari bahwa saat itu Anda sedang mencernanya. Sementara ketika Anda mulai makan dan mengunyah dengan cepat, otak tidak akan menyadari dan berakhir dengan banyaknya makanan yang kamu santap.

2. Manfaat kedua yang Anda dapatkan saat mengunyah makanan secara perlahan adalah membuat perut untuk bersiap-siap untuk mencernanya. Dan hal ini berdampak baik untuk kesehatan pencernaan.

3. Dengan mengunyah makanan dengan baik, dapat memberikan waktu bagi tubuh untuk mengeluarkan hormon seperti leptin dan ghrelin yang memiliki peranan penting dalam mencerna makanan.

4. Banyak penelitian kesehatan yang mengklaim jika mereka yang mengunyah makanan dengan baik dan secara perlahan, cenderung memiliki berat badan yang stabil. Sebab mereka menyadari banyaknya makanan yang mereka konsumsi. “Mengunyah makanan minimal 30-50 kali juga akan membuatmu merasakan rasa makanan yang sebenarnya yang mana hal ini menjadi sebuah kemewahan dalam pengalaman bersantap”.

(sumber, merdeka.com;boldsky)

Sekarang sudah tahu kan apa Manfaat Dari Mengunyah Makanan Dengan Perlahan? Semoga saja dapat bermanfaat untuk Anda. Salam!

Posted by, Hani H.

Manfaat Dari Mengunyah Makanan Dengan Perlahan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mungkin Anda ingat, ketika di sekolah dulu diajarkan jika mengunyah makanan lebih baik secara perlahan dan tidak terburu-buru agar tidak tersedak. Namun, saat Anda semakin dewasa, tampaknya hal ini sudah tidak terlalu diperhatikan. Ada...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *