Manfaat Dan Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Jul. 2016 Kategori manfaat

Kemangi memiliki nama latin Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Kemangi ialah tumbuhan yang tak kenal musim, mempunyai batang yang tegak dan ditumbuhi banyak cabang. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai kurang lebih 1 meter, bunga kemangi tumbuh tersusun di ujung cabang, daunnya tidak lebar kurang lebih berukuran 2-3 cm panjang bisa mencapai 5 cm dan bentuknya bulat telor serta warnanya hijau. Aroma daun sekilas seperti cengkeh dan pahit jikalau dikonsumsi.

Daun kemangi lebih sering digunakan sebagai pelengkap berbagai jenis masakan untuk menambah aroma yang menggugah selera. Tetapi, selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak, daun kemangi juga mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan senyawa yang terdapat didalamnya. Berikut ini manfaat dan khasiat daun kemangi untuk kesehatan.

manfaat dan khasiat daun kemangi untuk kesehatan

Beberapa Manfaat Dan Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Demam

Demam yaitu suatu penyakit yang tidak bisa dianggap sepele sebab dengan demam sehingga aktivitas kita terganggu. Ada beberapa ramuan tradisional yang mampu menurunkan demam salah satunya daun kemangi yang mengandung antioksidan dan vitamin C. Kandungan yang terdapat didalamnya berguna untuk menurunkan demam.

Anti peradangan dan anti implementasi

Daun kemangi berguna sebagai anti peradangan yang dapat mengatasi peradangan dalah satunya peradangan pada sendi. Daun kemangi juga bermanfaat sebagai anti implementasi yang mampu mengatasi bengkak.

Mengatasi gangguan pencernaan

Daun kemangi mempunyai manfaat untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan , mual, infeksi usus, radang lambung dan gas dalam usus.

Baik untuk jantung

Daun kemangi bermanfaat dapat membantu membersihkan darah dengan cara melepaskan racun dari dalam tubuh. Daun kemangi juga berguna akan mengontrol tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol tinggi serta kadar glukosa darah, maka mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan daun kemangi mempunyai kandungan antioksidan eugenol.

Manfaat khusus untuk pria

Untuk pria, daun kemangi dapat berguna dapat membantu beberapa masalaj umum pada pria, seperti kesuburan dan gangguan libido. Hal ini dikarenakan daun kemangi mempunyai senyawa Sineol, arigin, apigenin fenkhona dan eugenol.

Manfaat khusus untuk wanita

Sementara untuk wanita, daun kemangi juga ialah makanan sehat yang sangat bermanfaat. Dikarenakan daun kemangi mengandung zat boron anetol yang akan merangsang hormon estrogen. Sedangkan senyawa eugenol bisa membasmi jamur penyebab keputihan. Zat stigmasterol dalam daun kemangi dapat merangsang pematangan sel telur , tanin akan mengurangi sekresi cairan pada organ intim perempuan. Dan zat triptofan mampu menunda menopause.

Kesehatan tulang

Khasiat daun kemangi bukan tanpa fakta ilmiah yang membuktikan manfaat daun kemangi yang dapat membantu pertumbuhan tulang dari kandungan tersebut yaitu kalsium dan fosfor yang mengatur pembentuk dan pertumbuhan tulang. Selain itu, daun kemangi juga mengandung astenol dan boron yang berperan aktif merangsang fungsi kerja dan hormon estrogen dan hormon endrogen juga mencegah pengeroposan tulang.

Baca juga : Oba Pengapuran Tulang

Melancarkan aliran darah

Kandungan magnesium dalam daun kemangi bisa membantu merefleksikan jantung dan pembuluh darah maka dapat menjaga aliran darah tetap lancar.

Mengobati sariawan

Daun kemangi juga dapat dijadikan sebagai obat sariawan. Cara mengolahnya sangatlah mudah cuci bersih daun kemangi sekitar 50 helai, kemudian dikunyah sekitar 3 menit. Sesudah halus , daun kemangi dan airnya diminum hangat. Lakukan 3 kali sehari.

Mengobati asam urat

Daun kemangi juga dapat dijadikan sebagai obat asam urat tradisional dapat meringankan asam urat anda dikarenakan purin yang berlebih. Hal ini dikarenakan , daun kemangi memiki kandungan cineole, mycene, dan eugenol sebagai antiperadangan dan antibiotik.

Demikian informasi mengenai manfaat dan khasiat daun kemangi untuk kesehatan yang dapat kami hadirkan di situs tips sehat online. Semoga dapat bermanfaat.

Manfaat Dan Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kemangi memiliki nama latin Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Kemangi ialah tumbuhan yang tak kenal musim, mempunyai batang yang tegak dan ditumbuhi banyak cabang. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai kurang lebih 1...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *