Manfaat Dan Khasiat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 23 Jul. 2016 Kategori manfaat

Daun katuk mempunyai nama latin Sauropus Andogynus (L) Merr, yang termasuk ke dalam famili euphorbiaceae. Daun katuk mempunyai sebutan di berbagai daerah, di Melayu dikenal dengan nama Memata, di Minangkabau dikenal dengan nama Simani, di daerah sunda dikenal dengan nama Katuk, di Jawa dikenal dengan nama Kebing dan katukan, dan di Madura dikenal dengan nama Kerakur.

Daun katuk berbentuk lonjong meruncing daunnya, tulang daunnya menyirip, tepian daun rata dan pangkalnya tumpul, warna daunnya hijau saat muda, tetapi saat telah tua warnanya cokelat kehijauan. Apabila tumbuh, tingginya bisa mencapai 2-3 m.

manfaat dan khasiat daun katuk untuk kesehatan

Jika sebelumnya kita membahas manfaat daun jarak untuk kesehatan dan kecantikan, kali ini akan membahas tentang manfaat dan khasiat daun katuk untuk kesehatan.

Beberapa Manfaat Dan Khasiat Daun Untuk Katuk Kesehatan

Melancarkan ASI untuk Ibu Menyusui

Salah satu manfaat dan khasiat daun katuk yaitu mampu melancarkan ASI untuk ibu menyusui. Dari senyawa-senyawa minyak esensial seperti flavonoid, saponin, triterpenoid dan tanin. Beberapa asam amino, vitamin A, B dan C, mineral seperti fosfor, kalsium dan zat besi juga 7 senyawa yang aktif yang lain.

Menurunkan demam

Daun katuk juga berkhasiat mampu menurunkan demam pada anak ataupun orang dewasa. Anda cukup memasak daun katuk kemudian makan sayur katuk ketika anda sedang demam atau berikan sayur katuk pada anak anda yang sedang demam.

Pencegah osteoporosis

Osteoporosis ialah salah satu akibat dari kekurangan kalsium pada tulang. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang mengandung kalsium seperti daun katuk. Daun katuk mempunyai kandungan kalsium yang tinggi.

Sumber vitamin C yang tinggi

Tidak hanya jeruk yang mengandung vitamin C yang tinggi, daun katuk pun mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C didalamnya dapat mempercepat penyembuhan sariawan pada anak maupun dewasa.

Kaya klorofil

Daun katuk mengandung klorofil yang paling banyak diantara dedaunan yang lain. Klorofil berfungsi untuk membantu tubuh dalam membersihkan jaringan tubuh yang sudah rusak atau membantu membuang sisa-sisa dari metabolisme. Selain itu, klorofil juga berkhasiat yang berada dalam tubuh. Hasi dari pembersihan di dalam tubuh , dapat dikeluarkan dengan urin atau feses anda.

Cara mengolah daun katuk dengan benar

Cara memasak daun katuk tidak boleh terlalu lama dikarenakan kualitasnya dapat menurun dan nutrisinya juga mengalir keluar. Dan tak disarankan untuk menggoreng daun katuk. Tapi, menambahkan santan ketika memasak daun katuk merupakan cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan manfaat daun katuk sebab pro vitamin A didalamnya bakal bereaksi jadi vitamin A.

Itulah manfaat dan khasiat daun katuk untuk kesehatan yang dapat kami hadirkan di situs tips sehat online. Semoga dapat bermanfaat.

Manfaat Dan Khasiat Daun Katuk Untuk Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Daun katuk mempunyai nama latin Sauropus Andogynus (L) Merr, yang termasuk ke dalam famili euphorbiaceae. Daun katuk mempunyai sebutan di berbagai daerah, di Melayu dikenal dengan nama Memata, di Minangkabau dikenal dengan nama Simani,...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *