Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari

Diposkan oleh : pada tanggal 30 Apr. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat

Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari,- Selamat datang kembali di website tips sehat online, kali ini kami akan memberikan informasi tentang manfaat dan bahaya sinar matahari. Banyak orang yang menganggap sinar matahari adalah musuh bagi kulit, mereka beranggapan bahwa kulit akan terbakar dan menjadi rusak bila terlalu lama terpapar sinar matahari. perlu anda ketahui bahwa sinar matahari yang merupakan musuh bagi kuli adalah sinar matahari pada siang hari. Sebab pada siang hari sinar matahari banyak mengandung UV yang berbahaya bagi kulit. Namun bila adan ingin memperoleh manfaat kesehatan dari sinar matahari, anda bisa berjemur sinar matahari di pagi hari hari.

manfaat dan bahaya sinar matahari bagi kesehatan

Manfaat Sinar Matahari

1.Sumber vitamin D

Sebagian besar kolesterol anda tersimpan dibagikan di bawah kulit anda. Ketika ada berkas sinar ultraviolet matahari mengenai kulit, maka akan disaring oleh kulit, bila sudah begitu maka sinar ultraviolet tadi akan mengubah simpanan kolesterol anda menjadi vitamin D. Berdasarkan hasil penelitian dalam sahri anda membutuhkan 400 IU (international unit) vitamin D. Jumlah ini akan cukup terpenuhi bila dalam sehari anda mengahadap 5 menit saja dibawah sinar matahari.

2.Mengurangi kolesterol darah

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa sinar UV matahari dapat mengubah kolesterol menjadi vitamin D. Ini berarti akan memberikan peringatan pada kolesterol yang berada didalam darah anda untuk keluar menuju kulit yang nantinya akan diubah menjadi vitamin D. Dengan demikian maka kolesterol dalam darah anda akan berkurang.

3.Mengurangi gula darah

Ternyata matahari berperan sebagi insulin. Insulin sendiri untuk menyrap glukosa masuk kedalam sel-sel tubuh anda. Ini berarti sinar matahari merangsang tubuh anda untuk mengubah glukosa (gula darah) menjadi glikogen (gula simpanan) yang tersimpan dihati dan otot. dengan kata lain, sinar matahari dapat menurunkan kadar gula darah anda.

4.Meningkatkan kebugaran

Hal in bisa terjadi karena ternyata sinar matahari dapat meningkatkan kapasitas darah anda untuk membawa oksigen ke seluruh sel tubuh, padahal telah kita ketahui semakin banyak oksigen yang masuk ke sel-sel tubuh maka tubuh semakin bugar.

5.Membentuk & memperbaiki tulang

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa sinar matahari dapay membentuk vitamin D. Dengan vitamin D, maka tubuh dapat membentuk dna memperbaiki tulang yang rusak. Selain itu, akan mencegah rakhitis & osteomalacia.

6.Meningkatkan kekebalan tubuh

Ternyata sinar matahari dapat menambah beberapa sel darah putih, terutama limfosit. Limfosit sendiri berfungsi untuk menyerang penyakit. Antibody anda juga akan bertambah bila anda berada berada dalam sepuluh menit dibawa matahari, yang mana ini dapat menurunkan 30% -40 % potensi terserang flu.

Bahaya Sinar Matahari

1.Membuat kulit terbakar

Panas matahari ini mampu menembus ke bumi walaupun dalam keadaan berawan. Bila anda berada dibawah terik matahari walaupun dalam cuaca yang berawan maka kulit andapun masih dapat terbakar.

2.Meningkatkan resiko kanker kulit

Sinar matahari mengandung sinar UV. Yang mana sinar UV ini sangat berperan dalam potensi kanker kulit. Tidak hanya itu, tingginya trigliserid juga merupakan faktor utama dalam kanker kulit.

3.Mempercepat proses penuaan dini

Penuaan dini adalah salah satu efek bahaya dari sinar matahari. Bila anda terpapar terik sinar matahari dalam waktu yang berkepanjangan akan menyebabkan perubahan yang nyata pada kulit. Kulit akan menjadi bergelambir, keriput & kasar.

4.Bintik-bintik pada kulit

Terlalu lama di bawah sinar matahari akan menyebabkan meunculnya bintik-bintik pada kulit yang akan merusak keindahan kulit anda. Bintik-bintik tersebut sering terbentuk pada wajah, tangan, telapak dan kaki.

5.Kulit menjadi gelap

Perubahann kulit yang menjadi cokelat dan gelap adalah pertanda kerusakan kulit. Kulit anda memproduksi pigmen gelap yang menggelapkan kulit anda hanya untuk melindungi diri dari sinar ultra violet. Sengaja mencokelatkan kulit di bawah sinar matahari juga tidak sehat.

Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari,- Selamat datang kembali di website tips sehat online, kali ini kami akan memberikan informasi tentang manfaat dan bahaya sinar matahari. Banyak orang yang menganggap sinar matahari adalah musuh bagi...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

2 responses to “Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari”

  1. heri says:

    Terimakasih gan info manfaat dan bahaya sinar matahari.

    • says:

      Terima kasih atas kunjungannya ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *