Manfaat Buah Dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Diposkan oleh : pada tanggal 1 Nov. 2016 Kategori manfaat

Buah dan sayur ialah superfood yang mempunyai beraneka ragam manfaat buat kesehatan tubuh manusia. Masing-masing warna pada buah dan sayur pula mempunyai manfaat tersendiri. Maka konsumsilah sayur beragam warna, janganlah cuma sayuran hijau saja.

Manfaat Buah Dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Buah dan sayur mempunyai beraneka ragam jenis vitamin diantantanya vitamin A, B, D, E, C dan vitamin K. Masing-masing warna buah dan sayur ternyata menyimbolkan manfaat untuk kesehatan badan manusia.

Manfaat Buah Dan Sayur untuk Warnanya

Kuning dan jingga

Warna cerah pada buah dan sayur ini menandakan bahwa kandungan betakarotennya sangat tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan, penghambat proses penuaan dini dan meremajakan sel-sel tubuh. Selain itu mempunyai kandungan kalium dan vitamin C.

Buah dan sayur yang beragam kuning dan jingga diantaranya ubi jalar, aprikot, labu kuning, wortel, belimbing, nanas dll.

Hijau

Warna hijau pada buah dan sayur ini berasal dari klorofil. Buah yang berwarna hijau mengandung asam alegat yang berguna untuk memusnahkan bibit sel kanker, menormalkan tekanan darah, melindungi tulang, gigi, kesehatan mata dan melancarkan pencernaan.

Sedangkan sayuran berwarna hijau mempunyai kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, serat, magnesium, zat besi, folat, fosfor, kalsium dan beta-karoten. Vitamin C ialah antioksidan yang mampu menunjang menurunkan risiko kanker , mendorong penyembuhan luka dan meningkatkan penyerapan zat besi.

Selain itu, sayura hijau pula mengandung lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk melawan degenarasi makula dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah dan sayur yang berwarna hijau diantaranya alpukat, melon, kubis, kecambah, brokoli, sawi, kangkung, bayam, daun singkong, kale dan lobak.

Merah

Warna merah pada buah dan sayur dipengaruhi oleh senyawa anthicyanin dan likopen. Ke-2 senyawa ini bermanfaat buat memperlancar aliran darah ke jantung, kanker kandung kemih, melindungi tubuh dari serangan virus, mencega infeksi dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Buah dan sayu berwarna merah diantaranya anggur merah, pepeya, semangka, jambu biji, stroberry, cabe, bawang merah, paprika merah dll.

Warna tua

Warna tua atau gelap terhadap buah dan sayur ini berasal dari senyawa flavonoid anthocyanin, di mana senyawa ini bermanfaat untuk menjaga daya ingat, menghambat terbentuknya gumpalan pada pembuluh darah, mengurangi resiko kanker, jantung dan stroke.

Buah dan sayur yang berwarna tua atau gelas diantaranya cherry, blacberry, blueberry, plum, anggur merah terong ungu, apel merah, cabai merah dan kismis.

Putih

Buah dan sayur yang berwarna putih memiliki kandungan antoxantin yang bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah serangan stroke dan menurunkan tekanan darah.

Selain memiliki kandungan antoxantin, juga kaya akan vitamin C dan serat yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah dan sayur yang berwarna putih diantantanya leci, pir, kelengkeng, , sawi putih, kembal kol, rebung, toge dan jamur.

oranye

Buah yang berwarna oranye memiliki kandungan zat beta karoten yang bermanfaat untuk menghambat penuaan sel, menjaga kesehtaan kulit, mencegah penyakit jantung. Buah yang berwarna oranye diantaranta papaya, jeruk, dll. Selain itu, juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata serta menjaga kekebalan tubuh.

Sedangkan sayuran yang berwarna oranye seperti wortel, ubi jalar memiliki kandungan kalsium pektat yang sangat bagus untuk menurunkan kadar lemak dalam darah.

Setelah mengetahui berbagai manfaat buah dan sayur berdasarkan warnanya. Sebaiknya jangan hanya mengkonsumi buah dan sayur yang satu warna saja, tapi konsumsilah buah dan sayur berbagai warna setiap harinya.

Terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online. Semoga informasi yang kami hadirkan dapat bermanfaat.

Baca juga: Manfaat Minum Susu Bagi Kesehatan Tubuh

 

By: Rizka

Manfaat Buah Dan Sayur Berdasarkan Warnanya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Buah dan sayur ialah superfood yang mempunyai beraneka ragam manfaat buat kesehatan tubuh manusia. Masing-masing warna pada buah dan sayur pula mempunyai manfaat tersendiri. Maka konsumsilah sayur beragam warna, janganlah cuma sayuran hijau saja....
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *