Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Diposkan oleh : pada tanggal 3 Jul. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat Tips Sehat

Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang istimewa yang hanya datang setahun sekali yaitu di bulan ramadhan selama sebulan penuh. Selain menjadi moment yang ditunggu-tunggu, puasa pada bulan Ramadhan juga mendatangkan banyak hikmah dan bermanfaat untuk kesehatan.

Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat islam. Puasa juga sering dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau proses pengeluaran zat sisa atau racun dari dalam tubuh. Apalagi jika dilakukan selama satu bulan penuh. Tentu hal ini akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat puasa
Membantu Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh

Berdasarkan penelitian, orang yang berpuasa akan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Dengan menurunnya kadar kolesterol, maka dapat mengurangi risiko akan penyakit jantung maupun stroke. Terlebih bagi mereka yang menjalani program diet sehat dengan berpuasa akan mudah menurunkan tingkat kolesterol.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berpuasa juga dapat membuat tubuh lebih sehat dan kebal terhadap penyakit. Saat berpuasa, mengalami peningkatan limfosit, bahkan hingga 10 kali lipat. Hal ini tentu akan sangat baik bagi tubuh sehingga tubuh kebal dari serangan virus. Berpuasa akan menjadikan tubuh lebih sehat dan terhindari dari berbagai penyakit.

Mengontrol Berat Badan

Puasa juga memiliki manfaat untuk mengontrol berat badan. Hal ini dikarenakan ketika menjalani puasa sebulan penuh, pola makan akan lebih teratur dan terjaga. Tak perlu menjalani diet yang berlebihan, cukup makan dan minum seadanya ketika sahur dan berbuka anda yang memiliki berat badan berlebih juga akan mengalami penurunan.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal berperan sebagai penyaring zat berbahaya yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Fungsi ginjal akan lebih maksimal jika kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Pada saat berpuasa, kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga fungsi ginjal akan lebih maksimal dan sehat.

Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes disebabkan akibat kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. Saat berpuasa, maka kita bisa mengontrol asupan makanan manis yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu juga, selama berpuasa tubuh melakukan peningkatan glukosa agar bisa memperoleh energi. Glukagon juga diproduksi untuk membantu pemecahan glukosa. Hal ini berdampak pada pengurangan produksi insulin yang dengan demikian maka akan mengurangi gula darah dalam tubuh. Dan ketika produksi glukosa habis, lemak yang tersimpan juga akan dibakar untuk menghasilkan energi. Ternyata puasa pun mampu membakar lemak tanpa harus melakukan diet berlebihan.

Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Selama berpuasa, maka organ-organ pencernaan akan beristirahat. Namun, fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan normal, terutama produksi sekresi pencernaan. Sehingga membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membersihkan tubuh dari sisa-sisa atau endapan makanan. Pengolahan makanan dalam sistem pencernaan juga realatif tetap stabil, pelepasan energi juga mengikuti pola yang bertahap.

Puasa juga akan membuat sistem pencernaan memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya. Namun, perlu diperhatikan bahwa, aktivitas puasa tidak menghentikan produksi asam lambung. Sehingga bagi penderita maag terutama yang sudah akut disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan ahlinya sebelum memilih berpuasa.

Itulah beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh, semoga sajian artikel yang tips sehat online berikan hari ini memberikan pengetahuan dan wawasan terbaru untuk anda. Terimakasih

 

 

| Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang istimewa yang hanya datang setahun sekali yaitu di bulan ramadhan selama sebulan penuh. Selain menjadi moment yang ditunggu-tunggu, puasa pada bulan Ramadhan juga mendatangkan banyak hikmah dan bermanfaat untuk...
Gaya Hidup Sehat Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *