Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi

Diposkan oleh : pada tanggal 28 Aug. 2015 Kategori Anak dan Kehamilan

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi,- Tips sehat online kali ini akan memberikan informasi tentang manfaat ASI eksklusif bagi bayi. Pentingnya ASI eksklusif memang harus menjadi perhatian dan tanggung jawab sebagai orang tua juga harus mulai menyadari akan dampak pada bayi bila ASI ini tidak diberikan pada bayi dengan maksimal. Pertumbuhan bayi pada usia 0-6 bulan bisa sangat terhambat dan kemungkinan besar juga bayi tidak sehat. Pemberian ASI pada bayi akan memberikan manfaat bagi bayi dan ibu.

pentingnya ASI bagi bayi

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi

1.Meningkatkan kecerdasan

Meningkatkan pemberian ASI pada bayi yang paling utama ialah dapat meningkatkan kecerasan anak. Tidak hanya kecerdasan otak saja, tapi juga dpaat meningkatkan kecerdasan mental anak. Di dalam ASI terdapat zat yang tidak bisa ditemukan pada susu manapun atau makanan apapun. Zat khusus inilah yang dapat meningkatkan kecerdasan.

2.Menambah kekebalan tubuh bayi

Manfaat ASi dibanding susu formula adalah ASI bisa menambah sistem imun atau kekebalan pada tubuh bayi. Bayi yang hanya diberi susu formula kekebalan tubuhnya akan sangat berkurang.

3.Lebih terjamin mutunya

ASI juga sudah terjamin mutunya. Selain itu, ASI keluar langsung dari tubuh ibu dan tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia yang mungkin berbahaya untuk bayi. ASI juga lebih ekonomis karena gratis dan kualitasnya dijamin bagus.

4.Membantu mencegah kerusakan gigi

ASI lebih baik dari susu formula yang apda umumnya mengandung gula, sehingga membantu mencegah kerusakan gigi.

5.Menciptakan kedekatan dan ikatan antara ibu dan bayi

Menyusui bayi akan meningkatkan kedekatan ibu dan bayi, terutama jika dilakukan dengan skin to skin contact. Metode ini umumnya diterapkan pada bayi yang baru lahir, dimana kulit bayi dan ibu disengaja bersentuhan secara langsung supaya ikatan emosional tersebut tercipta.

6.Mengurangi resiko diabetes dan kegemukan

Penelitian membuktikan bahwa bayi-bayi yang memproleh ASI umumnya terhindar dari risiko obesitas. Saat ini seluruh dunia sangat prihatin terhadap tingginya angka obesitas pada anak, apalagi obesitas terkait dengan berbagai bentuk pada usia lebih dini.

Sedangkan manfaat ASI bagi anda sendiri ialah:

  • Memberi kepuasan batin, ketenangan serta kebahagiaan emosional.
  • Mempercepat kontraksi rahim , sehingga dalam watu singkat rahim kembali ke ukuran normal. Seperti saat anda belum hamil , ini  menyebabkan menurunnya risiko perdarahan rahim di masa nifas.
  • Mengecilkan risiko kanker payudara

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi |

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi,- Tips sehat online kali ini akan memberikan informasi tentang manfaat ASI eksklusif bagi bayi. Pentingnya ASI eksklusif memang harus menjadi perhatian dan tanggung jawab sebagai orang tua juga harus...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *