Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Diposkan oleh : pada tanggal 24 Apr. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat

hindari makanan ini, setelah berolahragaMakanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga,- Setelah capek beolahraga , tentu ingin mengkonsumsi makanan yang dapat menambah atau menggantikan energi yang hilang. Tidak semua jenis makanan baik di konsumsi setelah berolahraga sebab salah memiliki makanan, tubuh akan kesulitan untuk mengembalikan energi yang hilang.

Menurut penilitian, makanan yang seharusnya di konsumsi setelah berolahraga yaitu kombinasi dari karbohidrat kompleks, air dan sejumlah protein. Dan makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah berolahraga diantaranya :

1.Coklat batang

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah berolahraga ialah coklat batang, sebab kandungan kalorinya yang tinggi dan hanya membuat olahraga yang anda lakukan menjadi sia-sia. Apabila anda ingin mengkonsumsi coklat setelah berolahraga, konsumsilah dengan cara yang lain, misalnya membuat segelas coklat hangat atau coklat susu dengan menggunakan coklat bubuk yang kandungan lemak & kalorinya lebih rendah.
2.Makanan ringan dengan rasa asin

Makanan ringan dengan rasa asin yang gurih memang dapat menambah potasium dalam tubuh yang banyak hilang melalui keringat yang kita keluarkan saat berolahraga. Makanan ringan tersebut tinggi akan kalori yang membuat konsumsi kalori anda dalam sehari lebih besar dari yang diperlukan. Inilah yang membuat olahraga yang anda lakukan menjadi sia-sia. Sebagai pengganti potasium yang hilang setelah berolahraga, sebaiknya konsumsi buah pisang yang telah mengandung banyak potasium sebagai potasium yang banyak dikeluarkan oleh tubuh saat berolahraga.

3.Sayuran mentah

Sayuran memang merupakan menu makanan yang wajib masuk ke dalam daftar menu diet makanan saat anda menjalani program diet. Namun ada waktu tertentu dimana anda harus menghindari sayuran, khususnya sayuran mentah yaitu saat sesudah berolahraga. Hal tersebut karena ketika berolahraga akan banyak tenaga dan nutrisi yang terbuang untuk membakar lemak dalam tubuh.

Nah untuk mengganti nutrisi yang hilang tersebut, mengkonsumsi sayuran saja tidak cukup. Anda juga membutuhkan lebih banyak nutrisi , khususnya serat dan protein untuk membantu pengembalikan energi tubuh setelahmelakukan aktivitas berat serta untuk membantu otot-otot, yang berpengaruh terhadap pembentukan bentuk tubuh ideal. Oleh sebab itu, anda harus menyeimbangkan konsumsi sayuran dengan mengkonsumsi buah-buahan memiliki lebih banyak kandungan nutrisi & vitamin.

4.Junk food

Junk food adalah makanan yang berkolesterol tinggi dan mengandung banyak lemak, tentunya tidak baik bagi kesehatan. Lemak juga dapat mengganggu proses pembentukan otot tubuh sehingga dapat menghambat untuk mendapatkan bentuk yang ideal. Itulah alasanya mengapa setelah berolahraga tidak diperbolehkan mengkonsumi junk food.

5.Daging merah

Daging merah adalah salah satu jenis makanan yang sulit di cerna oleh tubuh, sehingga tidak bisa di ubah menjadi sumber energi dalam waktu cepat. Padahal tubuh membutuhkan protein yang mudah di cerna supaya mendapatkan asupan energi dengan cepat. Selain itu, karena sulit untuk di cerna, daging merah juga sangat mungkin berubah menjadi timbunan lemak dalam tubuh. Bila anda mengkonsumsinya sesudah berolahraga, tentunya olahraga yang anda lakukan tidak menghasilkan apa-apa. Karena setelah membakar kalori & lemak, anda kembali menambah kalori & lemak dengan mengkonsumsi olahan daging merah. Sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi daging ayam, ikan, yang kandungan proteinnya tak kalah dari daging merah seperti daging sapi.

6.Roti

Pati yang terdapat di dalam roti dapat berubah menjadi gula dengan cepat ketika di cerna dan itu bukanlan hal yang dibutuhkan sesudah berolahraga. Ealaupun anda menginginkannya, lebih baik gantilah dengan roti gandum utuh dengan porsi kecil. Dan hindarilah white bread (roti yang terbuat dari tepung terigu yang telah di olah sedemikian rupa hingga tepungnya berwarna putih).

7.Minuman manis dan bersoda

Minum manis dan bersoda tinggi akan kalori, dapat memperlambat proses metabolisme tubuh, yang artinya proses pembakaran lemak pun akan terhambat pula. Tidak hanya itu, minuman bersoda juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka panjang.

Itulah beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah berolahraga, dan kami ucapkan terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online. Semoga informasi-informasi yang kami berikan dapat bermanfaat.

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga,- Setelah capek beolahraga , tentu ingin mengkonsumsi makanan yang dapat menambah atau menggantikan energi yang hilang. Tidak semua jenis makanan baik di konsumsi setelah berolahraga sebab salah...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *