Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan

Diposkan oleh : pada tanggal 21 May. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat

Kebanyakan orang cuma memperhatikan rasa & estetika ketika konsumsi makanan. Padahal ada hal lain yang juga harus diperhatikan . Salah satunya , kombinasi makanan yang anda pilih. Sebab ternyata ada makanan-makanan tertentu yang justru tidak baik bila dikombinasikan atau dimakan dalam waktu yang bersamaan.

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan

1.Udang & vitamin C

Udang mengandung arsenic pentoxide yang bila dimakan dengan bahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk dapat memunculkan reaksi kimia yang mengubah arsenic pentoxide jadi arsenic trioxide yang berbahaya lantaran merupakan racun mematikan. Arsenic trioxide dapat merusak organ tubuh seperti jantung, hati , ginjal, pembuluh darah & usus.

2. Makanan laut & buah-buahan

Makanan laut bermanfaat bagi tubuh sebab mengandung protein yang tinggi & lemak tidak jenuh tetapi jangan konsumsi makanan laut bersamaan dengan buah-buahan seperti delima & anggur. Kandungan protein pada makanan laut & tannin pada buah dapat menghasilkan zat yang susah dicerna.

3. Telur & daging

Bagi anda yang sering merasa kurang lengkap makan cuma telur lalu menambahkan kocokan telur dengan daging atau kornet, sebaiknya mulai menghindari hal ini. Satu jenis protein saja memakan waktu yang cukup lama untuk dicerna, terlebih apabila banyak.

Sebaiknya, bila anda konsumsi sumber protein hewani , dibarengi bersama sayur saja . Apabila memang terpaksa memakan protein hewani lebih dari satu, makan dengan sayuran yang kaya kandungan air seperti bawang, kembang kol, brokoli & selada.

4. Daging & kentang

Mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat dengan protein hewani kurang baik bagi tubuh. Misalnya , makan daging dengan kentang, pasta dengan daging ayam & sejenisnya. Lantaran perbedaan enzim pencernaan ke-2 zat tersebut membuat zat gizi keduanya tak tercerna dengan baik waktu dikonsumsi bersamaan.

Sebaiknya disaat makan daging atau sumber protein lainnya , tidak dengan sayuran yang kaya karbohidrat seperti kentang. Kalaupun terpaksa, tambahkan sayuran hijau dalam menu makanan anda untuk mengurangi resiko negatifnya.

5. Daging dengan cuka

Daging adalah makanan yang bersifat panas sedangkan menyukai hangat. Apabila ke-2 jenis makanan ini dimakan secara bersamaan ke-2 makanan tersebut dapat men-over-aktifkan energi & sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan begitu resiko buruk untuk kesehatan kalau bahan keduanya dimakan secara bersamaan dapat beresiko terkena serangan penyakit jantung.

6. Kedelai dengan bayam

Kedelai tak cocok dimakan dengan bayam. Dikarenakan bayam mempunyai asam oksalat yang bisa bereaksi dengan kalsium yang ada pada kedelai. Reaksi tersebut mampu membentuk endapan yang tidak dapat larut di dalam usus.

7. Kedelai & daun bawang

Kdelai yang mengandung banyak kalsium & daun bawang yang mengandung banyak asam oksalat apabila dikonsumsi bersaam dapat mempengaruhi penyerapan kalsium. Kalau kebiasaan di lanjutkan dalam jangka panjang, tubuh akan kekurangan kalsium yang dapat menyebabkan kejang, osteomalasia (menurunnya kadar mineral tulang), sampai patah tulang.

8. Susu kedelai dengan telur

Telur ialah makanan yang kaya akan protein. Beda dengan susu kedelai yang akan mengurangi aktivitas dari enzim protease yang dipakai oleh tubuh untuk membantu metabolisme protein. Tubuh tidak akan mendapat protein yang baik dari telur bila dimakan bersamaan dengan susu kedelai.

9. Yoghurt & ham

Yoghurt yang dimakan bersamaan dengan ham & daging dalam sandwich akan menyebabkan kanker. Kebanyakan pembuat menambahkan nitrat untuk mencegah pembusukan & botulinus untuk memperpanjang pelestraian product daging. Saat bertemu nitrat asam organik , itu dapat berubah jadi nitrosamine dna bersifat karsinogen.

10. Daging & semangka

Semangka disebut buah yang “dingin”, sedangkan daging (contohnya daging kambing) adalah sebaliknya (panas). Saat dikonsumsi bersamaan , dampak bergizi dari dading kambing akan menurun secara drastis. Bagi penderita asthenia limpa, hal ini mampu membahayakan energi & mengganggu limpa & lambung.

11. Daging & chestnut

Chestnut mengandung vitamin C yang mampu berekasi dengan mikro di daging sapi maka dapat mengurangi gizi chestnut. Kombinasi ke-2 makanan ini tak baik untuk pencernaan & mampu menyebabkan dispepsia.

12. Kepiting & teh

Mengonsumsi kepiting dengan teh secara bersamaam akan menyebabkan gangguan pencernaan. Disaat memakan kepiting, cairan lambung akan diencerkan oleh teh yang mengandung asam tannic. Hal ini tak cuma mengganggu asimilasi , tetapi pula mengurangu kemampuan lambung untuk mensterilkan.

13. Makanan laut & bir

Makanan laut mengandung kadar purinum & Glicyne, sedangkan bir kaya dengan vitamin B1 yang mampu mengurai kadar ke-2 kadar itu. Disaat menikmati makanan laut bersama minum bir, mudaj menyebabkan kadar asam urat dalam darah melonjak, maka menyebabkan terjadinya Gout (seperti encok) bahkan timbul penyakit ginjal, radang persendian dari gout & penyakit lain.

Baca juga : Obat Sakit Persendian

14. Lobak & jeruk limau

Sayuran lobak mampu menghasilkan suatu zat anti kelenjar gondok ialah asam thicyanic, apabila dikonsumsi secara bersamaan dengan buah-buahan dalam jumlah besar, flavonoid dalam buah mampu berubah jadi asam thicyani yang mampu menekan fungsi kelenjar gondok, maka dapat menyebabkan pembesaran kelenjar gondok.

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kebanyakan orang cuma memperhatikan rasa & estetika ketika konsumsi makanan. Padahal ada hal lain yang juga harus diperhatikan . Salah satunya , kombinasi makanan yang anda pilih. Sebab ternyata ada makanan-makanan tertentu yang justru...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *