Makanan Yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Diposkan oleh : pada tanggal 10 Oct. 2014 Kategori Makanan Sehat

Banyak cara untuk meningkatkan sistem  kekebalan tubuh mulai dari olahraga setiap pagi, tidur atau istirahat yang cukup, selalu berfikir positif, menjaga kebersihan makanan yang anda konsumsi setiap harinya dan memperbanyak makanan berserat tinggi serta memenuhi akan kebutuhan vitamin D. Namun salah satu yang paling penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Makanan Yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

1.Bayam hijau
Bayam hijau mengandung sekitar 1827 mikrogram vitamin A (dalam bentuk  beta karoten) terdapat didalam 100 gram bayam. Beta karoten berfungsi untuk melawan radikal bebas. Bayam juga mengandung bioflavonoids yang bila terdapat di jaringan tubuh untuk bekerja melawan karsinogen, atau dengan kata lain mencegah kanker.

2.Kentang
Kentang mengandung vitamin B6 mengubah dan memecah protein, memegang peranan kunci dalamm membentuk antibodi dan daya tahan tubuh. Kentang juga mengandung vitamin C, tambaga, potasium, mangan dan karotenoid.

3.Jamur
Jamur mengandung selenium terlibat dalam aksi sel T serta sel NK yang menghancurkan sel-sel kanker atau sel-sel yang terinfeksi.

4.Ikan tuna
Ikan tuna mengandung vitamin E untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sel T, sel tubuh yang bertugas mendeteksi melawan sel-sel bermutasi atau sel-sel yang sudah terinfeksi pathogen (kuman penyakit). Ikan tuna juga mengandung vitamin B3, B5, B1, selenium dan fosfor, omega 3. Yang mana kandungan omega 3 dalam ikan tuna ini  28 kali lebih banyak dari ikan air tawar. Omega 3 berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tingkat resiko asma, mencegah diabetes tipe 1 dan menjaga tulang.

5.Telur
Telur mengandung iodine yang menstimulasi sel-sel NK (natural killer cell atau sel pembunuh alami) ditubuh untuk melawan sel-sel jahat. Telur juga mengandung vitamin A, B2. dan B12, selenium, fosfor, dan zat besi.

6.Keju
Keju mengandung magnesium, seng dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas. Keju membantu metabolisme bermacam zat gizi lewat kandungan riboflavin dan folat. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor dan protein.

7.Labu Kuning atau labu parang
Labu  Kuning atau labu parang mengandung vitamin A dan beta karoten tinggi, terlibat dalam perlindungan tubuh. Beta karoten yang bila di cerna berubah menjadi vitamin A juga akan menstimulasi produksi sel NK untuk menghancurkan sel-sel terinfeksi atau sel-sel kanker.

8.Yogurt rendah lemak
Mengkonsumsi secangkir yogurt setiap hari dapat mengurangi kemungkinan terkena pilek. Pilihlah yogurt dengan kemasan yang bertuliskan ”  l ive anda active culturees ” . Beberapa peneliti percaya, hal ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

9.Ubi jalar
Ubi jalar seperti wortel memiliki karoten -antioksidan yang mampu menghancurkan radikal bebas. Selain itu ubi jalar juga mengandung vitamin A yang mampu memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

10.Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang paling mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu studi melaporkan, kimia dalam brokoli mampu membantu merangsang sistem kekebalan pada tikus. Brokloli juga kaya akan nutrisi yang melindungi tubuh dari kerusakan.

11.Gandum utuh
Beras merah, oats, barley dan jenis gandum utuh lainnya tinggi akan kandungan serat, protein dan antioksidan. Bahkan banyak ahli gizi menyatakan bahwa gandum utuh memberi lebih banyak kandungan gizi penting dibandingkan beras olahan seperti tepung. Dan disarankan untuk mengganti segala bentuk beras olahan dengan gandum utuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

12.Susu
Susu mengandung komposisi prebiotik yang bermanfaat untuk mempertahankan fungsi saluran cerna. Itu karena sistem pencernaan yang sehat adalah awal daya tahan tubuh yang kuat.

13.Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C yang banyak berperan dalam membangun daya tahan tubuh, diantaranya bersifat antioksidan dan mampu melawan radikal bebas serta meningkatkan produksi antibodi.

14.Staroberi
Stroberi mengandung vitamin C memeberi kekebalan terhadap infeksi, baik infeksi bakteri atau infeksi virus. Kandungan mangan dalam stroberi diperlukan untuk penyembuhan luka secara efektif.

Demikian beberapa makanan yang dapat meningkat sistem daya tubuh. Terimakasih telah mengunjungi situs tips sehat online, semoga artikel-artikel kami dapat bermanfaat.
Sumber ( www.ayahbunda.co.id dan www.tabloitnova.com )

Makanan Yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Banyak cara untuk meningkatkan sistem  kekebalan tubuh mulai dari olahraga setiap pagi, tidur atau istirahat yang cukup, selalu berfikir positif, menjaga kebersihan makanan yang anda konsumsi setiap harinya dan memperbanyak makanan berserat tinggi serta...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *