Makanan yang Dapat Meningkatkan Kadar Asam Urat

Diposkan oleh : pada tanggal 29 Jun. 2016 Kategori Makanan Sehat

Pada umumnya, terdapat beberapa faktor yang dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam tubuh, salah satunya adalah dari jenis makanan yang kita konsumsi.

Baca Juga: Obat Asam Urat

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat yaitu makanan yang mengandung tinggi purin. Apabila, kadar asam urat sudah tinggi, maka hal ini bisa memicu komplikasi atau terjadi serangan penyakit lain seperti ginjal, dll. Maka dari itu, mari kita kenali beberapa menu makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat.

Makanan yang Dapat Meningkatkan Kadar Asam Urat

Makanan yang Dapat Meningkatkan Kadar Asam Urat

  • Seafood

Atau makanan laut seperti mackerel, herring, sarden dan belut mengandung tingkat purin yang tinggi. Selain itu, kerang, tiram, udang, kepiting, dan lobster juga dapat meningkatkan kadar asam urat. Tidak hanya dalam bentuk segar, makanan laut kaleng juga atau asap juga harus dihindari.

  • Jeroan

Seperti hati, ginjal dan otak memiliki kandungan tinggi purin yang dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh. Daging ayam dan daging sapi pun mengandung purin, hanya saja dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan jeroan.

  • Kacang-kacangan

Kacang kedelai dan polong dilarang dikonsumsi oleh penderita asam urat. Selain itu, kacang yang mengandung kafein seperti biji kakao dan kopi juga dilarang dikonsumsi, karena dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

  • Ragi

Ragi roti dan ragi bir mengandung jumlah tinggi purin, yang berarti bahwa bir dan makanan yang dibuat menggunakan ragi (mis: roti) harus dihindari atau dikurangi.

  • Sayuran dan buah

Sebagian besar makanan yang kaya akan purin merupakan makanan berbasis protein sehingga sangat sedikit buah-buahan dan sayuran yang memiliki kadar purin tinggi.

Alpukat harus dihindari karena mengandung lemak tinggi, sedangkan asparagus, kembang kol, jamur dan bayam memiliki tingkat moderat purin. Selain itu, makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan produksi asam urat, sehingga sayuran yang digoreng juga harus dihindari.

Baca juga: Waspada 6 Jenis Penyakit yang Bikin Wanita Mati Muda

Itulah beberapa jenis makanan yang kaya purin dan harus dihindari oleh penderita asam urat. Semoga bermanfat dan semoga diberikan kesehatan.

| Makanan yang Dapat Meningkatkan Kadar Asam Urat

Makanan yang Dapat Meningkatkan Kadar Asam Urat Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pada umumnya, terdapat beberapa faktor yang dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam tubuh, salah satunya adalah dari jenis makanan yang kita konsumsi. Baca Juga: Obat Asam Urat Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *