Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Kolesterol

Diposkan oleh : pada tanggal 18 Jun. 2016 Kategori Makanan Sehat

Kolesterol tinggi, tepatnya kolesterol LDL (jahat) yang memiliki kadar tinggi dalam darah akan menimbulkan beberapa dampak atau efek samping pada tubuh. Mulai dari tersumbatnya pembuluh darah oleh tumpukan plak kolesterol, darah tinggi, jantung koroner, sampai stroke.

Untuk menghindari dampak buruk dari kolesterol tinggi, anda bukan hanya berpusat pada obat kolesterol saja, namun juga perlu memperhatikan makanan yang boleh dimakan penderita kolesterol atau pantangan makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Simak penuturannya berikut ini !

Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Kolesterol

makanan yang boleh dimakan penderita kolesterol

Buah dan sayuran

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran menjadi poin penting untuk anda yang memiliki masalah dengan kolesterol. Buah dan sayuran ini rendah lemak, serta memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga membuat anda merasa kenyang lebih lama dan menurunkan keinginan untuk mengonumsi camilan tak sehat yang bisa memicu peningkatan kolesterol kembali.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan diyakini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah yang memiliki kandungan Protein, Vitamin E, serat, Kalium, Magnesium, serta lemak tak jenuh. Menurut pakar, anda kolesterol dalam tubuh bisa berkurang sekitar 5% jika mengonsumsi 1-2 ons kacang dalam sehari.

Oat

Oat banyak direkomendasikan untuk mereka yang mengalami masalah pada lambung dan jantung. Namun dasarnya, oat dapat mengikat kolesterol dalam usus dan mencegahnya diserap tubuh akibat adanya kandungan serat (beta glukan) dalam oat. Selain oat, kacang merah yang mengandung serat jenis ini juga dapat menjadi alternatif dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

Ikan

Ikan tuna, salmon, sarden, atau makarel, dikenal memiliki kandungan Omega-3 yang sangat tinggi. Omega-3 inilah dapat membantu permasalahan pada bekuan darah yang dipicu oleh tingkat kolesterol tinggi. Omega 3 juga mampu menurunkan kadar trigliserida dan membuat jantung bisa berfungsi dengan normal.

Baca juga : Manfaat Berenang Bagi Anda yang Sibuk Kerja

Alpukat

Meskipun pada poin pertama dijelaskan bahwa buah menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi oleh penderita kolesterol, alpukat lah yang menjadi pilihan utama. Mengapa ? bukankah alpukat dipercaya bisa membuat gemuk karena lemak yang dikandungnya ?

Banyak masyarakat yang salah paham dengan alpukat, karena alpukat justru memiliki kandungan lemak sehat atau kolesterol baik yang justru dapat menghambat penyebaran kolesterol jahat dalam darah. Usahan untuk mengonsumsi alpukat dalam bentuk buah utuh, bukan dalam bentuk jus atau lainnya.

Makanan yang mengandung kacang kedelai

Makanan yang mengandung kacang kedelai seperti tempe atau tahu, memiliki kandungan Protein yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol sampai 6%, dalam konsumsi 0,5 ons sehari.

Makanan yang mengandung sterol dan stanol

Makanan yang memiliki kandungan kedua zat tersebut di antaranya biji-bijian, kacang-kacanga, buah, sayuran, serta minyak nabati (tidak termasuk minyak kelapa dan minyak kelapa sawit). Makanan yang mengandung zat ini diyakini dapat menghalangi tubuh untuk menyerap kolesterol yang didapatkan dari makanan.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki low-density lipoprotein yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda disarankan untuk mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 2 sendok, baik dimakan langsung atau dikombinasikan dengan makanan lain.

Setelah anda memperhatikan konsumsi obat bebas kolesterol, pantangan makanan, serta makanan yang boleh dikonsumsi, jangan lupa untuk menjalankan aktivitas fisik seperti olahraga setiap harinya untuk mendukung penurunan kolesterol dan membuat tubuh lebih fit.

Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Kolesterol Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kolesterol tinggi, tepatnya kolesterol LDL (jahat) yang memiliki kadar tinggi dalam darah akan menimbulkan beberapa dampak atau efek samping pada tubuh. Mulai dari tersumbatnya pembuluh darah oleh tumpukan plak kolesterol, darah tinggi, jantung koroner,...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *