Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Diare

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Jun. 2016 Kategori Makanan Sehat

Tips Sehat Online,- Diare yaitu gangguan pencernaan, sehingga erat kaitannya dengan makanan yang kita mengkonsumsi. Ada makanan yang menyebabkan diare menjadi parah, ada juga makanan yang boleh dimakan penderita diare.

Makanan yang tak boleh dimakan penderita diare ialah makanan yang bersifat sulit dicerna, membuang cairan tubuh dan mengiritasi saluran pencernaan sehingga memperparah diare. Sedangkan Makanan untuk penderita diare yang terbaik ialah yang mempunyai sifat mudah dicerna , mempunyai efek mengentalkan feses dan memenuhi kebutuhan cairan. Tapi, janganlah mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi sehingga gejala diare tidak makin parah.

makanan yang boleh dimakan penderita diare

Beberapa Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Diare

Pisang

Pisang yaitu jenis buah-buahan yang lembut dan lunak saat dimakan juga akan membantu menenangkan system saluran pencernaan yang terganggu saat proses pembentukan feses. Kadar potasium yang tinggi yang terdapat didalam pisang bisa mengganti cairan elektrolit yang keluar dengan feses saat diare.

Apel

Apel adalah jenis buah-buahan padat yang perlu dicerna lebih lanjut didalam system pencernaan. Tetapi jangan mengonsumsi apel dengan cara dikunyah atau tanpa diolah terlebih dulu, lantaran usus penderita diare terlalu lemah untuk menyerap apel yang dikunyah. Sebaiknya mengonsumsi apel olahan seperti saus apel guna mendapatkan manfaat dari kandungan pectin, glukosa juga zat lain yang bisa mengurangi gejala diare.

wortel

Tidak Hanya konsumsi buah pisang dan apel, penderita diare juga dianjurkan untuk konsumsi sayuran wortel. Karena kandungan vitamin yang terdapat pada wortel dapat meredakan keadaan usus yang tidak normal akibat diare. Sebaiknya, mengkonsumsi wortel yang direbus atau bisa juga dijadikan jus wortel agar system pencernaan tak kewalahan saat memprosesnya didalam usus.

Jahe

Keadaan perut saat diare tentu saja sangat mengganggu kesehatan system pencernaan menjadi tak stabil. Oleh sebab itu, penderita diare dianjurkan untuk minum air jahe atau bisa juga dikunyah dalam kondisi utuh sebagai penstabil usus ketia diare. Jika ingin terasa sedikit manis , tambahkan madu.

Sereal

Sereal yaitu jenis olahan makanan yang mengandung zat pati dimana zat pati tersebut mampu membantu meredakan gejala diare. Kandungan beberapa zat didalamnya membuat usus mudah untuk mencernanya.

Yogurt

Kandungan probiotik alami pada yogurt dibutuhkan oleh tubuh dalam mengurangi juga menghambat perkembangan bakteri jahat didalam system pencernaan. Olahan susu fermantasi ini tentu tidak akan memperparah gejala diare pada penderita yang mengalami alergi susu. Bahkan yogurt bisa meredakan gejala diare dan mengurangi bakteri jahat penyebab diare dari dalam tubuh.

Jadi, penderita diare tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Konsumsilah makanan yang boleh dimakan penderita diare seperti yang telah dijelaskan diatas. Namun, selain itu perbanyak asupan cairan yang mengandung elektrolit. Sebab ketika diare , tubuh cenderung cepat mengalami dehidrasi dan kehilangan elektrolit. Oleh karena perbanyak asupan cairan dan kaldu yang dapat merehidrasi juga menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.

Baca juga : Makanan Yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa dan Sahur

 

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Diare

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Diare Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Diare yaitu gangguan pencernaan, sehingga erat kaitannya dengan makanan yang kita mengkonsumsi. Ada makanan yang menyebabkan diare menjadi parah, ada juga makanan yang boleh dimakan penderita diare. Makanan yang tak boleh...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *