Makanan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Otak

Diposkan oleh : pada tanggal 6 Jan. 2016 Kategori Tips Sehat

Berikut Ini 4 Makanan Yang Membahayakan Kesehatan Otak Menurut Penelitian

Makan yaitu kegiatan yang sangat penting bagi setiap manusia. Sebab apa? Sebab makan yaitu salah satu kegiatan yang dapat membantu seorang untuk bertahan hidup. Tetapi nih ya, biarpun makan merupakan kegiatan yang sangat penting, anda tetap mesti memperhatikan makanan yang anda konsumsi tiap-tiap hari ya. Menurut beberapa penelitian, ada beberapa makanan enak yang justru amat berbahaya bagi kesehatan.

Ada makanan enak yang bisa bikin gemuk, makanan yang dapat meningkat risiko kanker, makanan yang meningkatkan risiko jantung dan Makanan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Otak. Wah, masak sih ada makanan yang dapat berisiko dan berbahaya untuk kesehatan otak? Baiklah, inilah beberapa makanan enak yang berbahaya buat kesehatan otak.

Makanan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Otak

  • Tahu
    Siapa yang nggak kenal sama tahu. Semua orang tentu kenal dan pernah makan tahu. Namun, suatu penelitian yang diterbitkan di Jurnal Demensia and Geriatric Disorders menyatakan jika nutrisi tahu yang dikonsumsi berlebih dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif serta melemahnya memori (ingatan). Dari studi yang dilakukan, mereka yang mengkonsumsi tahu sembilan kali atau lebih perminggu mengalami penurunan daya ingat lebih besar apabila dibandingkan dengan mereka yang tak konsumsi tahu. Para peneliti menduga bahwa fitoretrogen yang terkandung di dalam tahu lah yang dapat menurunkan daya ingat tersebut.
  • Sodium
    Untuk anda yang menyukai masak dan menambahkan banyak sodium ke dalam masakan anda, usahakan untuk mengurangi mengkonsumsi sodium ini ya. Sebab apa? Sebab, suatu study yang dilakukan di Kanada menyebut kalau mengkonsumsi sodium dalam jumlah tinggi atau berlebih bakal meningkatkan risiko alzheimer juga berdampak negatif pada kemampuan kognitif. Dalam Jurnal Neurobiology of Aging menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi sodium tinggi dan jarang melakukan latihan fisik lebih mudah mengalami penurunan kemampuan kognitif di bandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi sodium rendah dan melakukan latihan fisik rendah.
  • Tuna
    Seandainya kita konsumsi tuna dalam porsi yang sesuai, hal ini akan sangat baik bagi kesehatan dan fungsi otak. Namun, sebuah penelitian yang dimuat di Jurnal Integrative Medicine menemukan bila mengkonsumsi tuna atau ikan yang lain seperti tongkol, kakap dan kerapu tiga kali dalam seminggu atau berlebih justru dapat meningkatkan kerusakan kemampuan kognitif dan disfungsi kerja otak. Mengapa hal ini terjadi? Peneliti yakin bahwa kandungan merkuri tinggi pada ikan lah yang membahayakan kesehatan otak.
  • Lemak Trans
    Pada suatu study yang diterbitkan di Jurnal Plos One menemukan apabila mengkonsumsi lemak trans berlebih akan menyebabkan seseorang kesusahan mengingat kata. Study yang dilakukan pada 1.018 relawan di mana mereka ini konsumsi lemak trans mulai dari 3,8 gr sampai 27,7 gr ditemukan bahwa mereka yang konsumsi lemak trans tertinggi lebih susah menghafal kata seandainya di bandingkan dengan mereka yang konsumsi lemak trans rendah.

Itulah makanan enak yang rupanya justru berbahaya bagi kesehatan otak. Supaya otak kita semua terus sehat dan tak mengalami penurunan kemampuan kognitif, sangat disarankan agar kita mengonsumsi makanan sehat serta bergizi yang mengandung banyak vitamin seperti sayur dan buah. Mudah-mudahan info ini berguna ya. supaya tetap sehat dan bugar baik dari segi fisik ataupun psikis, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat, istirahat dan olahraga yang cukup ya.

Baca juga : Makanan Siap Saji Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Makanan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Otak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berikut Ini 4 Makanan Yang Membahayakan Kesehatan Otak Menurut Penelitian Makan yaitu kegiatan yang sangat penting bagi setiap manusia. Sebab apa? Sebab makan yaitu salah satu kegiatan yang dapat membantu seorang untuk bertahan hidup....
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *