Makanan yang Baik dan Tidak Baik untuk Batu Empedu

Diposkan oleh : pada tanggal 6 May. 2016 Kategori Makanan Sehat

makanan yang baik dan tidak baik untuk batu empedu

Anda yang mengalami masalah batu empedu, perlu memerhatikan beberapa jenis makanan yang baik dan tidak baik dikonsumsi oleh penderita. Hal ini untuk memberikan pengaruh positif agar proses pemulihan dilakukan dengan benar dan lebih efisien.

Makanan yang Baik untuk Batu Empedu

Beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi menjadi salah satu contoh sayuran yang dapat memberikan pengaruh positif pada hati dan kandung empedu. Hal ini dikarenakan sayuran hijau yang memiliki klorofil dalam membuat tubuh lebih bersifat basa, sehingga residu asam dapat dibuang dengan baik. Konsumsi sayuran hijau ini dapat membuat beban hati berkurang sampai dan batu empedu pun larut.

Adapun lobak yang bisa memecah lemak penyebab batu empedu, dan kunyit yang mampu menurunkan peradangan dan melarutkan batu empedu karena Curcumin yang dimilikinya.

Sedangkan dari kelompok buah, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi apel. Karena ia memiliki kandungan asam malat dan tertarat yang dapat memeah kolesterol penyebab batu empedu serat menyehatkan kandungan empedu dengan vitamin yang ada di dalamnya.

Mencegah dan membantu kelancaran pengobatan beserta konsumsi obat pemecah batu empedu ini bisa dilakukan melalui asupan serat larut air, dan beberapa jenis sayuran, buah, sampai rimpang di atas lah yang paling direkomendasikan.

Makanan yang Tidak Baik untuk Batu Empedu

Setelah ada hal yang baik, tentunya ada hal yang tidak baik dan harus kita hindari. Hal tersebut adalah beberapa jenis makanan yang tak baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki batu empedu.

Bagi anda yang positif menderita batu empedu atau yang berisiko, sebaiknya anda hindari beberapa makanan cept saji, makanan pedas, makanan berminyak, daging sapi merah, daging babi, unggas, susu, telur, serta jagung.

Makanan tersebut bersifat asam, seperti daging, susu, alkohol, yang dapat meningkatkan residu asam dalam tubuh yang memicu terbentuknya batu empedu. Namun, ketika anda bersikukuh ingin mengonsumsinya, pilihlah ikan atau daging tanpa kulit dan lemak.

Baca juga : Pengaruh Konsumsi Alkohol pada Asam Urat

Selain itu, asupan Vitamin A dan Vitamin E harus lebih ditingkatkan untuk menurunkan jumlah sel-sel mati yang bisa masuk ke kandung empedu dan menyebabkan masalah tak terduga di sana.

Vitamin B kompleks juga tak kalah memiliki peranan penting, beserta Vitamin C yang dapat menurunkan kolesterol dan melarutkan batu empedu.

Jadi, kesimpulannya adalah, hindari makanan yang tinggi lemak atau kolesterol. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau, yang kaya akan Vitamin.

Makanan yang Baik dan Tidak Baik untuk Batu Empedu Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anda yang mengalami masalah batu empedu, perlu memerhatikan beberapa jenis makanan yang baik dan tidak baik dikonsumsi oleh penderita. Hal ini untuk memberikan pengaruh positif agar proses pemulihan dilakukan dengan benar dan lebih efisien....
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *