Makanan Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda Agar Tetap Sehat

Diposkan oleh : pada tanggal 17 Jun. 2016 Kategori Anak dan Kehamilan Tips Sehat

Selamat datang kembali pada situs online Tips Sehat, sebagaimana biasanya kali ini saya disini akan berbagi informasi penting seputar kesehatan yang penting untuk Anda simak.

Kali ini tips sehat yang akan dibahas mengenai kesehatan ibu hamil, tepatnya beberapa makanan yang diharuskan dikonsumsi oleh ibu hamil muda, agar tetap sehat hingga menjelang masa kelahiran si buah hati. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, salah satu yang harus diperhatikan adalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Ibu hamil sudah sepatutnya memperhatikan apa yang akan dikonsumsi, sebab secara tidak langsung apa yang dimakan atau diminum akan memperngaruhi kesehatan ibu, juga termasuk janin yang dikandungnya. Maka dari itu, makanan yang hendak dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang, mulai dari segi jenis, kualitas dan kuantitasnya. Oleh karena itu, walaupun makannya banyak namun jenis makanannya tak bergizi maka tidak akan membantu kesehatan yang optimal.

Untuk jenis makanan, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 10% kalori  dari Protein, 35% kalori dari Lemak, dan 55% sumber kalori lainnya dari Karbohidrat. Selain itu, makanan ibu hamil juga harus mengandung lebih banyak kandungan zat besi, kalsium, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium (yang diperlukan untuk kelenjar tiroid) dan seng. Keseluruhan nutrisi ini dapat ditemukan dalam produk segar dan protein.

Makanan Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda Agar Tetap Sehat

Berikut adalah jenis makanan bergizi yang dapat dikonsumsi untuk ibu hamil muda.

  • Pisang.

Pisang baik dikonsumsi untuk ibu hamil muda karena dapat mengurangi mual yang terjadi, yang biasanya dialami ibu hamil muda tiga bulan pertama. Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang tinggi sehingga membantu mengatasi morning sickness, kaya akan serat, vitamin C, asam folat dan potasium.

  • Bayam.

Sayuran hijau yang satu ini baik untuk ibu hamil muda karena banyak mengandung asam folat. Asam Folat yang memadai diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu Bayam juga mengandung serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K.

  • Kacang-kacangan.

Sebagian besar dari kita tahu bahwa kacang-kacangan merupakan sumber protein dan serat, oleh karena itu kacang selama kehamilan akan membantu mengatasi sembelit. Hampir 40 persen wanita hamil akan menjadi sembelit selama kehamilan. Penyebab sembelit tersebut meliputi tekanan rahim yang semakin besar, hormon progesteron yang memperlambat gerak pencernaan, dan suplemen zat besi. Kacang juga mengandung sumber yang kaya akan asam folat dan zat besi.

Sebaiknya ketiga jenis makanan tersebut tidak dilewatkan untuk dikonsumsi, karena manfaatnya yang baik dalam pemenuhan gizi juga bermanfaat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda, nantikan artikel kesehatan lainnya!

Makanan Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda Agar Tetap Sehat |

Makanan Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda Agar Tetap Sehat Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang kembali pada situs online Tips Sehat, sebagaimana biasanya kali ini saya disini akan berbagi informasi penting seputar kesehatan yang penting untuk Anda simak. Kali ini tips sehat yang akan dibahas mengenai kesehatan...
Anak dan Kehamilan Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *