Makanan Sehat yang Tepat untuk Darah Rendah

Diposkan oleh : pada tanggal 9 Mar. 2016 Kategori Makanan Sehat

Tekanan darah rendah atau yang biasa dikenal sebagai penyakit hipotensi, merupakan kondisi dimana tekanan darah di bawah ukuran normal, yaitu berkisar 90/70 mmHg. Namun nilai tersebut berbeda pada setiap orang. Karena ada orang yang memiliki tekanan darah di bawah normal, namun ia tak merasakan gejala berupa kelelahan, pusing, dan sebagainya yang menjadi tanda penyakit hipotensi.

Ketika mengalami masalah tekanan darah rendah, langkah utama yang selalu anda ambil yaitu dengan mencari dan mengkonsumsi obat darah rendah secara rutin. Namun rupanya hal tersebut belum sepenuhnya bisa memberikan kesembuhan yang maksimal jika kebiasaan atau gaya hidup masih berantakan. Hal yang juga perlu diperhatikan adalah, makanan sehat yang tepat untuk darah rendah. Sebaiknya, anda yang darah rendah, konsumsilah beberapa jenis makanan berikut ini.

Makanan Sehat untuk Penderita Darah Rendah

makanan yang tepat untuk darah rendah

Bayam

Sayuran hijau seperti bayam kaya akan kalium, namun rendah sodium yang dapat bermanfaat untuk kesehatan. Folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah. Proses tersebut nantinya bisa mempertahankan kelancaran aliran darah.

Kacang-kacangan

Sebuah Penelitian yang dilakukan di Harvard Heart Letter, merekomendasikan agar kita makan kacang-kacangan, sebab dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dapat dicerna dengan baik secara perlahan oleh sistem pencernaan. Inilah yang membuat tekanan darah naik.

Daging dan hati ayam

Daging ayam mengandung protein hewani diyakini pula bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan protein untuk membangun sel, terutama sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah akan mempengaruhi aliran dan tekanan darah ke seluruh tubuh, sehingga memicu terjadinya kondisi penyakit hipotensi.

Baca juga : Mengenal Penyakit Kelainan Darah Thalasemia

Roti dan sereal

Roti dan sereal memberikan 20% zat besi jika dikonsumsi setiap hari. Gandum memberikan efek lebih sehat pada tubuh sehingga penting untuk dijadikan menu makanan Anda sehari-hari. Selain itu, gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mampu mengurangi risiko tekanan darah rendah.

Air mineral

Berkurangnya jumlah cairan di tubuh turut berperan dalam mempengaruhi nilai tekanan darah, tekanan darah bisa naik drastis atau turun drastis akibat kekurangan asupan air mineral. Oleh karena itu, salah satu cara menaikkan tekanan darah adalah dengan cukup mengonsumsi air putih kurang lebih sekitar 8-10 gelas per hari, sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

Kopi

Kopi memiliki antioksidan yang membantu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri. Sesaat setelah meminumnya, kopi meningkatkan tekanan pada darah dan denyut jantung.

Untuk menormalkan kembali tekanan darah, anda bisa mencoba mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat di atas, namun tetap ada batasannya, jangan sampai berlebihan. Sesuatu yang berlebihan itu diketahui memberikan efek yang tidak baik.

 

By Novita

Makanan Sehat yang Tepat untuk Darah Rendah Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tekanan darah rendah atau yang biasa dikenal sebagai penyakit hipotensi, merupakan kondisi dimana tekanan darah di bawah ukuran normal, yaitu berkisar 90/70 mmHg. Namun nilai tersebut berbeda pada setiap orang. Karena ada orang yang...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *