Makanan Sehat Yang Cocok Untuk Penderita Hipotensi

Diposkan oleh : pada tanggal 16 Sep. 2016 Kategori Makanan Sehat

Bukan hanya penderita Hipertensi (tekanan darah tinggi) yang harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya, tapi penderita Hipotensi pun (tekanan darah rendah) harus memperhatikan jenis makanan apa yang sebaiknya mereka konsumsi.

Makanan Sehat Yang Cocok Untuk Penderita Hipotensi

Pada tekanan darah atau Hipotensi menjadi salah satu kondisi yang tidak normal dan bisa terjadi pada siapa saja. Tekanan darah seseorang berdasarkan pengukuran tensi dari normalnya yaitu kurang dari 90/60 mmHg. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi seseorang mengalami Hipotensi, diantaranya seperti

  • Faktor genetik,
  • Dehidrasi (kekurangan cairan),
  • Kekurangan asupan nutrisi,
  • Mengalami pendarahan,
  • Kelemahan pada otot jantung,
  • Proses inflamasi yang terjadi pada tubuh,
  • Terjadi penyumbatan pada pembuluh darah,
  • Detak jantung tidak normal,
  • Faktor kehamilan, dan
  • Infeksi mikroorganisme dalam tubuh.

Penderita Hipotensi atau tekanan darah rendah biasanya ditandai dengan gejala badan terasa lemah, letih, lesu. Penderitanya juga biasa mengeluhkan pusing, dingin pada tubuh, sering mengantuk, sering merasa haus, mual dan muntah juga wajah terlihat pucat. Pada beberapa kasus bahkan ada yang tidak sadar jika mereka mengalami kondisi tersebut.

Untuk mengatasi Hipotensi, relatif sangat mudah dibandingkan mengatasi Hipertensi. Untuk menaikan tekanan darah rendah, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan pilihan. Diantara berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang baik untuk membantu mengatasi Hipotensi, antara lain :

Makanan Sehat Yang Cocok Untuk Penderita Hipotensi

1. Mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber protein Hewani.

Contoh makanan yang menjadi sumber protein hewani, antara lain daging ayam, daging sapi, telur, hati, dan sebagainya. Tapi ingat jika Anda yang memiliki kolesterol tinggi maka perlu berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Hindari jenis protein hewani yang mengandung lemak atau gajih. Tetap mengatur menu makanan dari protein hewani tersebut yang dipadukan dengan makanan lainnya.

2. Konsumsi juga sayuran.

Jenis sayuran yang efektif untuk penderita Hipotensi antara lain yaitu sayur bayam, daun singkong, sawi, kentang, kangkung, buncis, lobak, kol, dan brokoli. Sayuran kaya akan serat sehingga dapat melancarkan pencernaan Anda.

3. Konsumsi kacang-kacangan.

Berbagai jenis kacang-kacangan juga merupakan makanan untuk darah rendah karena merupakan sumber protein nabati dan mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi penderita Hipotensi diantaranya kacang hijau, kacang panjang, kacang almond, mete, kenari, kacang polong, kacang kedelai, dan lainnya.

3. Minum susu.

Susu termasuk minuman yang mengandung nutrisi lengkap yang diperlukan tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu antara lain yaitu karbohidrat, lemak, protein, berbagai jenis mineral dan juga vitamin. Oleh karena itu Anda dapat mengkonsumsi susu setiap hari untuk meningkatkan tekanan darah secara cepat. Untuk Anda yang tidak terlalu suka minum susu, dapat mencampurkannya dengan makanan lain, seperti jus buah atau roti.

4. Konsumsi buah-buahan.

Juah-buahan yang dapat dikonsumsi oleh penderita Hipotensi antara lain yaitu alpukat, mangga, anggur, jeruk, pisang, pepaya, delima, jambu biji, sirsak, dan sebagainya. Selain menjaga stabilitas tekanan darah, mengkonsumsi buah secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda, mencegah ancaman penyakit, menangkal radikal bebas, melancarkan metabolisme tubuh, serta membuat kulit Anda senantiasa segar alami.

5. Banyak minum air putih.

Hipotensi atau darah rendah dapat disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu jika Anda yang menderita darah rendah, cukupi kebutuhan cairan setiap harinya, minumlah air putih sedikitnya 8 gelas per hari.

6. Mencukupi kebutuhan natrium.

Di samping memperbanyak konsumsi air putih, Anda juga perlu mengimbanginya dengan konsumsi garam atau natrium yang cukup. Karena natrium mempunyai sifat dalam mengikat cairan, jika Anda mengkonsumsi air, cairan tersebut lebih mudah diserap oleh jaringan tubuh atau pembuluh darah juga tidak cepat dikeluarkan sebagai urin atau keringat.

Selain mengkonsumsi beberapa makanan yang dianjurkan diatas, penderita Hipotensi juga harus memperhatikan pantangan makanan. Makanan tersebut diantaranya daun seledri, blewah, belimbing, buah mengkudu, mentimun, blewah, dan semangka. Makanan tersebut perlu dihindari karena sifatnya sebagai diuretik atau mengeluarkan cairan dari dalam tubuh sehingga akan menurunkan tekanan darah Anda. Makanan jenis diuretik ini justru lazim digunakan sebagai terapi untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Terima kasih telah menyimak artikel Tips Sehat mengenai Makanan Sehat Yang Cocok Untuk Penderita Hipotensi. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Makanan Sehat Yang Cocok Untuk Penderita Hipotensi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bukan hanya penderita Hipertensi (tekanan darah tinggi) yang harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya, tapi penderita Hipotensi pun (tekanan darah rendah) harus memperhatikan jenis makanan apa yang sebaiknya mereka konsumsi. Pada tekanan darah atau...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *