Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi saat Sariawan

Diposkan oleh : pada tanggal 26 Apr. 2017 Kategori Makanan Sehat

Sariawan sering dialami oleh siapa saja. Terlebih lagi bagi mereka yang tidak pandai dalam memilih makanan. Sariawan biasanya menyerang bagian bibir atau lidah. Rasa perih yang timbulkan sering membuat penderitanya tidak nyaman, terutama ketika makan, minum, atau berbicara.

Selain disebabkan karena kekurangan vitamin, sariawan juga dapt disebabkan oleh beberapa hal, seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi makanan atau minuman panas dan hidangan pedas.

Untuk mengatasi sariawan, sebagian besar baisanya akan mengonsumsi obat sariawan yang bisa dibeli diapotik. Namun, selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sariawan, yaitu dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Nah, berikut ini beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi saat sariawan, diantaranya :

Zat besi

Tidak hanya dapat menyembuhkan sariawan, zat besi juga dapat memperkuat tulang dan otot. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan sumber zat besi seperti bayam, asparagus, kacang polong, lobak, dan kacang-kacangan.

Vitamin C

Vitamin C perlu dikonsumsi ketika mengalami sariawan. Hal ini disebabkan kareka vitamin C dapat meningkatakn kembali sistem imun dan melawan sariawan. Salah satu contoh makanan sumber vitamin C yang baik dikonsumsi adalah keluarga buah jeruk, buah berry, dan sayuran hijau.

Vitamin B

Kekurangan vitamin B biasanya dapat memicu sariawan, anemia, letih, dan depresi. Agar sariawan yang Anda alami pulih dengan cepat, maka cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B seperti tiram, telur, ikan, susu kedelai, daging, telur, dan susu beras.

Asam folat

Ketika mengalami sariawan, segeralah mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam folat, seperti bayam, asparagus, kubis, dan lobak. Sedangkan untuk buah-buahan, Anda bisa mengonsumsi pepaya, nanas, pisang, dna grapefruit.

Air Kelapa

Meskipun bukan termasuk jenis makanan, namun air kelapa merupakan obat ampuh yang dapat menyembuhkan luka pada mulut. Mengonsumsi air kelapa dalam jumlah banyak juga dapat meredakan peradangan dan mencegah sariawan.

By Sri Maryati

Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi saat Sariawan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sariawan sering dialami oleh siapa saja. Terlebih lagi bagi mereka yang tidak pandai dalam memilih makanan. Sariawan biasanya menyerang bagian bibir atau lidah. Rasa perih yang timbulkan sering membuat penderitanya tidak nyaman, terutama ketika...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *