Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Diposkan oleh : pada tanggal 13 May. 2015 Kategori Anak dan Kehamilan Makanan Sehat

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil,- Sangat penting bagi ibu hamil untuk selektif dalam menentukan makanan, jumlahnya harus tepat sasaran dan tentunya harus bergizi. Memang dalam beberapa bulan ngidam tidak mampu terlelakan, keinginan untuk memenuhi tuntunan momongan dirasa menjadi hal yang wajib dilakukan. Anda boleh saja menuruti kemauan calon buah hati , tapu perhatikan pula gizi dari makanan tersebut. Apabila anda dan calon buah hati anda tetap sehat sampai waktunya melahirkan, prioritas utama yang harus anda lakukan ialah mengkonsumsi makanan sehat. Yang dimaksud makanan sehat adalah makanan yang mengandung banyak gizi sehingga menutrisi kebutuhan ibu dan janin yang di kandung. Tidak hanya itu, susu juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Susu memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti zat besi, protein, kalsium, mineral, dan vitamin.

makanan sehat untuk wanita hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

1.Sayuran hijau dan buah-buahan

Sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli, seledri memberikan banyak kandungan gizi yang baik untuk ibu hamil. Kandungan gizi tersebut adalah vitamin A, C dan K serta asam folat. Sayuran yang banyak mengandung zat besi seperti bayam dapat mencegah terjadinya anemia. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi.

Selain sayuran, buah-buahan juga harus dikonsumsi oleh ibu hamil. dengan mengkonsumsi buah terntunya ibu hamil akan mendapatkan sumber vitamin C setiap hari. Vitamin C penting untuk ibu hamil karena dapat memberikan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya beberapa infeksi. Buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah buah naga, apel, jeruk, stroberi, anggur, alpukat.

2.Daging tanpa lemak

Daging sapi banyak mengandung protein yang baik untuk menguatkan janin. Namun bagi anda yang menderita hipertensi mengkonsumsi daging terlalu banyak tidak dianjurkan, terutama untuk daging kambing yang dapat tekanan darah menjadi tinggi. Dengan demikian porsi daging yang anda konsumsi tidak boleh berlebihan.

3.Makanan berkarbohidrat

Karbohidrat berfungsi untuk memberi tenaga atau dengan kata lain sebagai sumber energy bagi tubuh. Energi di butuhkan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan janin, membentuk plasenta dan juga membentuk jaringan pada payudara.

Makanan yang mengandung karbohidrat ialah nasi, sagu, roti, kentang sereal.

4.Ikan

Ikan mengandung protein, asam lemak dan omega 3 yang dapat membantu pembentukan otal janin secara sempurna. Salah satu ikan yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil adalah ikan salmon. Naumn tidak berlebihan dalam mengkonsumsi ikan salmon, dalam seminggu hanya dianjurkan mengkonsumsi ikan salmon maksimal sebanyak 12 ons saja.

5.Kacang-kacangan

Asupan serat dari kacang-kacangan  dapat memperlancar pencernaan, dengan demikian akan terhindar dari sembelit. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga sangat membantu dalam perkembangan system saraf bayi. Kacang-kacangan yang sebaiknya anda konsumsi adalah kacang hijau , kacang tanah dan buncis.

6.Telur

Telur mengandung kalori, vitamin, protein, mineral. Selain itu juga kolin yang terkandung di dalamnya daoat membantu pertumbuhan otak bayi dan kesehatan janin. Sebaiknya konsumsi telur dari ayam kampung yang tidak menggunakan konsentrat dalam pakannya.

7.Ubi jalar

Di dalam ubi jalar terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Salah atu nya adalah zat karotenoid, vitamin A.  Karotenoid ditemukan dalam ubi jalar yang berwarna orange . Selain itu, ibu hamil juga bisa mendapatkan serat dan vitamin C yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Terimakasih telah berkunjung ke website kami tips sehat online, semoga informasi-informasi yang kami berikan dapat bermanfaat.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil,- Sangat penting bagi ibu hamil untuk selektif dalam menentukan makanan, jumlahnya harus tepat sasaran dan tentunya harus bergizi. Memang dalam beberapa bulan ngidam tidak mampu terlelakan, keinginan untuk memenuhi...
Anak dan Kehamilan Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *