Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Diposkan oleh : pada tanggal 12 Aug. 2016 Kategori Makanan Sehat

Kolesterol merupakan lemak darah yang diproduksi didalam hati. Keberadaannya bisa mengalami peningkatan akibat pola hdiup yang kurang sehat. Dan kini, masalah kolesterol bukan hanya menjadi masalah orang tua saja, melainkan juga bisa menjadi masalah pada usia muda.

Kurang mengonsumsi makanan sehat, seperti makanan cepat saji merupakan salah satu penyebab yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika Anda telah mengidap kolesterol tinggi, selain mengonsumsi obat kolesterol alangkah baiknya Anda juga menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Beragam Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Untuk menurunkan dan menstabilkan kolesterol dalam darah, Anda memerlukan makanan sehat yang dapat menurunkan kolesterol. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi :

Buah dan Sayur

Memang kebaikan dan manfaat dari buah dan sayur untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena buah dan sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh yang rendah. Jika Anda mengonsumsinya lebih banyak, maka Anda akan merasa lebih kenyang, sehingga mengurangi kemungkinan untuk mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh. Konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti brokoli, apel, pir, ubi,stroberi dan terung dapat menurunkan kolesterol.

Alpukat

alah satu jenis buah ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh. Usahakan untuk mengonsumsi alpukat dalam bentuk buah, bukan jus yang sudah dicampur gula dan susu.

Kacang-kacangan

Kacang bisa mengurangi kolesterol dalam darah, karena mengandung protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan kalium. Dengan mengonsumsi sekitar 1-2 ons kacang-kacangan sehari Anda bisa menurunakn kolesterol tinggi sebanyak 5%.

Makanan yang Mengandung Kacang Kedelai

Makanan seperti puding tanpa gula, susu kedelai, kacang edamame, dan tahu mengandung proteinyang dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Mengonsums sebanyak 0.5 ons dalam sehari bisa mengurangi kolesterol setidaknya 6%.

Ikan dan Asam Lemak Omega 3

Beberapa jenis ikan, seperti salmon, makarel, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Omega 3 memang tidak berpengaruh pada kolesterol jahat (LDL), namun dapat menurunkan risiko terbentuknya bekuan darah. Omega 3 dapat mengurangi kemungkinan timbulnya serangan detak jantung tidak beraturan serta mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Konsumsi ikan setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Makanan yang Diperkaya Sterol dan Stanol

Fungsi dari kedua unsur ini yaitu untuk menghalangi tubuh untuk mengerap kolesterol. Makanan yang mengandung sterol dan stanol diantaranya yaitu kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah, dan minyak nabati, kecuali minyak kelapa sawit dan minyak kelapa. Minyak kelapa sawit dan minyak kelapa merupakan jenis minyak nabati yang kaya akan lemak jenuh. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung sterol dan stanol. Konsumsi setidaknya 2 gram sterol atau stanol bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah setidaknya seper sepuluhnya.

Jelai dan Oat

Mengonsumsi lebih banyak kedua jenis makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi ini bisa mengikat kolesterol dalam usus dan mencegahnya diserap oleh tubuh. Hal ini terjadi karena kedua jenis makanan ini memiliki kandungan serat yang disebut beta glukan. Kondumsi sekitar 3 gram makanan yang kaya akan beta glukan dalam sehari diyakini dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh. Selain kedua jenis makanan ini, kacang merah juga mengandung serat larut. Anda bisa menjadikan bubur oat sebagai menu sarapan sehat Anda dan untuk menambahkan kadar seratnya Anda bisa mencampurkan buah seperti pisang.

Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol Tinggi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kolesterol merupakan lemak darah yang diproduksi didalam hati. Keberadaannya bisa mengalami peningkatan akibat pola hdiup yang kurang sehat. Dan kini, masalah kolesterol bukan hanya menjadi masalah orang tua saja, melainkan juga bisa menjadi masalah...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *