Makanan Penting untuk Ibu Hamil

Diposkan oleh : pada tanggal 17 Nov. 2014 Kategori Anak dan Kehamilan

Tips Sehat Online,- Wanita yang tengah hamil, tentunya membutuhkan nutrisi lebih dibandingkan wanita yang tidak hamil. Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat, terutama setelah memasuki trimester kedua. Hal ini dikarenakan pada trimester kedua kehamilan, pertumbuhan janin berlangsung pesat terutama perkembangan otak dan susunan sarafnya.

Namun, jenis makanan seperti apa yang tepat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil ? Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penting untuk dikonsumsi ibu hamil.

Makanan Penting untuk Ibu Hamil

 

makanan penting untuk ibu hamil

Beras merah

Beras merah mengandung EPA dan DHA yang sangat baik untuk perkembangan janin. Adanya kandungan B1 juga dapat membantu mencegah beri-beri pada bayi. Selain itu, beras merah untuk ibu hamil dapat membantu menurunkan kolesterol darah.

Telur

Hasl penelitian menunjukan adanya kandungan Kolin pada telur yang dapat meminimalisir stres dan menyempurnakan perkembangan otak janin.

Ikan

Ikan berperan alam memenuhi kebutuhan Omega 3 yang dibutuhkan oleh ibu hamil serta kandungan nutrisi lain seperti Protein dan Mineral. Banyak jurnal yang menyarankan untuk memaksimalkan asupan salmon karena dinilai kandungan merkurinya lebih rendah dibandingkan ikan kakap.

Ubi jalar

Ubi jalar mengandung Karotenoid yang memberikan warna orangge pada ubi jalar. Pigmen warna orange inilah yang akan membantu anda dalam meningkatkan asupan Vitamin A. Kandungan antioksidan-nya juga mampu mencegah ibu hamil dari radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang hijau sangat baik untuk ibu hamil karena adanya kandungan serat yang mencukupi kebutuhan serat pada kehamilan. kandungan lemak pada kacang hijau sangat aman untuk dikonsumi dan mampu menjaga tekanan darah ibu hamil. Selain itu, asupan folat dalam kacang hijau juga dapat membantu mencegah terjadinya cacat pada bayi.

Alpukat

Adanya kandungan Vitamin B kompleks di dalam buah alpukat sehingga memungkinkan tercukupinya asam folat dan Vitamin B9. Buah alpukat juga memiliki asam lemak tak jenuh tunggal, sehingga ibu hamil mendapatkan tambahan energi yang aman ketika masa kehamilan.

Yoghurt

Makanan yang dihasilkan dari fermentasi dengan adanya bakteri laktobacillus mengandung Protein yang membantu dalam pertumbuhan janin, serta Kalsium yang dapat memperkuat tulang pada janin. Selain itu, kandungan probiotik dapat mengontrol asupan makanan di dalam usus ibu hamil serta adanya zat besi yang menunjang proses kehamilan anda.

Disarankan pada ibu hamil agar mengkonsumsi yoghurt yang belum mendapatkan pewarna ataupun perasa, hal ini untuk meminimalkan asupan bahan kimia yang memicu adanya gangguanpada kehamilan.

Itulah beberapa Makanan Penting untuk Ibu Hamil, semoga menjadi rekoemndasi untuk menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan. 🙂

 

Sumber ( www.bidanku.com )

Makanan Penting untuk Ibu Hamil Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Wanita yang tengah hamil, tentunya membutuhkan nutrisi lebih dibandingkan wanita yang tidak hamil. Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat, terutama setelah memasuki trimester kedua. Hal ini...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *