Makanan Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Anak Keracunan!

Diposkan oleh : pada tanggal 9 Nov. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan Makanan Sehat

Anak-anak terkadang masih memilih-milih dalam makanan, sayangnya kebanyakan dari mereka lebih senang makanan instan, junk food dan gorengan. Sebagai orangtua, hal ini menjadi tugas yang penting untuk memilih lagi makanan mana yang harus dikonsumsi anak, dan memastikan jika anak mendapatkan asupan makanan sehat serta tercukupi kebutuhan gizinya.

Makanan Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Anak Keracunan!

Namun yang luput dari perhatian kita sebagai orangtua, ternyata beberapa pilihan makanan dalam kategori “makanan sehat” justru dianggap tidak terlalu bagus untuk perut dan pencernaan anak, bahkan diantarnya bisa menyebabkan keracunan. Dilansir laman Boldsky, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari dan tidak diberikan pada anak-anak. Berikut diantaranya :

1. Sereal.

Sereal ternyata jadi salah satu makanan yang cukup buruk bagi anak Anda, mengapa? Faktanya, sereal memiliki kandungan gula yang tidak sehat, serta kandungan garam yang cukup tinggi. Walaupun terdengar sebagai makanan yang sehat, sereal tidak sebaik itu.

Jika Anda ingin memberikan sereal kepada anak untuk menu sarapan mereka, sebaiknya pastikan jika sereal tersebut rendah gula. Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya menambahkan buah segar ataupun kering ke dalam sereal jika ingin menambahkan pemanis alami.

2.  Madu.

Madu dikenal sebagai sumber gula alami yang baik untuk kesehatan. Namun apakah Anda mengetahui jika memberikan madu pada anak justru bisa menyebabkan ia keracunan makanan?

Keracunan makanan yang dimaksud disebut Botulisme, dan biasa menyerang anak-anak di bawah usia satu tahun. Sebaiknya, Anda menghindari untuk memberi madu walaupun hanya sebagai campuran makanan untuk pemanis. Lebih baik kita memberikan buah yang diolah, misalnya saus apel atau pisang yang ditumbuk.  

3. Makanan bergula.

Permen adalah hal pertama yang kita ingat tentang makanan bergula. Namun jenis makanan bergula yang ternyata sama buruknya dengan permen untuk anak adalah kue cokelat. Hal ini dikarenakan kue dan makanan lain yang mengandung gula juga dapat membuat gigi anak membusuk. Jika kita benar-benar harus menuruti permintaan mereka untuk memakan makanan bergula, sebaiknya anjurkan anak untuk meminum susu atau memakan keju setelahnya.

4. Makanan cepat saji.

Makanan cepat saji sudah termasuk makanan yang cepat di dapat dan menjadi pilihan jika kita tidak sempat memasak makanan untuk anak dan keluarga. Biasanya orang beranggapan jika makanan cepat saji tidak masalah jika tidak sering dikonsumsi.

Walaupun begitu kenyataannya adalah makanan cepat saji tetap memiliki kadar garam yang tinggi dalam bentuk pengawet, dan ini jelas membahayakan kesehatan anak-anak. Hal ini terjadi sebab anak tidak memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat seperti halnya orang dewasa. Jadi saat kita yang adalah orang dewasa merasa baik-baik saja untuk mengkonsumsi makanan tersebut, hal itu berbeda untuk kondisi tubuh anak.

5. Gorengan / Fried snacks.

Makanan ringan favorit anak seperti keripik, fried chicken, kentang goreng, dan lain-lain walaupun hanya sebatas camilan, namun makanan apapun yang digoreng dan bisa dijadikan camilan hingga makanan berat tidak baik untuk anak-anak. Memang benar bahwa jenis makanan seperti itu dapat membuat anak kita menjadi cepat kenyang, tapi gizi yang masuk ke dalam tubuh anak sangat tidak berarti.

Jika kita ingin memberikan anak camilan yang sehat, sebaiknya berikan sayuran yang dikukus atau camilan yang dipanggang, bukan goreng. Kebiasaan untuk memberikan anak kita makanan yang sehat memang perlu di mulai sejak awal. Namun, jika kita merasa sudah terlambat, sebaiknya singkirkan pikiran seperti itu.

Tidak mudah memang mengatur asupan makanan sehat untuk anak-anak sebab di usia mereka, keingin tahuan terhadap sesuatu yang baru sangat besar, termasuk dalam makanan. Jadi, bijak-bijaklah dalam memberikan asupan makanan tertentu untuk anak. Semoga bermanfaat!

Posted by Hani.

Makanan Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Anak Keracunan! Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anak-anak terkadang masih memilih-milih dalam makanan, sayangnya kebanyakan dari mereka lebih senang makanan instan, junk food dan gorengan. Sebagai orangtua, hal ini menjadi tugas yang penting untuk memilih lagi makanan mana yang harus dikonsumsi...
Anak dan Kehamilan Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *