Makanan Ini Ternyata Bisa Memicu Anda Selalu Kentut

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Jan. 2016 Kategori Makanan Sehat

kentut

tipssehatonline.web.id | Kentut, mungkin terdengar memalukan apalagi jika kita kentut di depan orang. Tapi, tunggu dulu, bukannya kentut itu menyehatkan yah ? ๐Ÿ˜€

Kentut atau flatulensi yaitu keluarnya gas dalam tubuh melalui anus yang disebabkan oleh adanya akumulasi gas di dalam perut, khususnya dari usus besar atau kolon. Kandungan gas ini terdiri dari nitriogen, oksigen, metan, karbondioksida, hidrogen, dan lain sebagainya.

Nah, salah satu penyebab munculnya pengeluaran gas atau kentut ini adalah ketika kita mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Apa saja jenis makanan yang dapat memicu terjadinya kentut bahkan secara terus-menerus ?

Makanan Ini Ternyata Bisa Memicu Anda Selalu Kentut

makanan penyebab selalu kentut

Kacang

Kacang yang menajdi sumber Protein nabati ini ternyata tak baik untuk perut jika dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi kacang secara berlebihan dapat memicu produksi gas berlebih dalam perut sehingga membuat kita kentut terus-menerus.

Bawang putih

Bumbu dapat yang juga banyak dimanfaatkan untuk pengobatan ini, ternyata dapat membuat perut kembung jika pengolahannya salah, sehingga sebaiknya kita harus memerhatikan dengan benar cara memasak bawang putih ini agar dapat tidak memancing gas berlebih dalam perut yang bisa memicu kentut.

Bawang merah

Tak jauh berbeda dengan bawang putih, pengolahan bawang merah juga harus dilakukan dengan benar agar tak memicu perut kembung. Alasannya adalah karena bawang merah memiliki kandungan Fructans yang menyebabkan produksi gas berlebih dalam perut.

Baca juga : Sering Lupa? Ini Yang Anda Butuhkan!

Brokoli

Sayuran hijau yang menyehatkan ini tak ayal menjadi salah satu menu diet yang selalu diperhatikan karena kandungan serat, zat besi, mineral, dan vitamin. Namun rupanya yang tidak banyak diketahui adalah bahwa brokoli bisa memicu perut kembung dan mudah kentut untuk mereka yang mengalami masalah pada pencernaannya.

Gandum

Jika anda memiliki sensitivitas pada gluten yang terkandung dalam gandum atau makanan bertepung, sebaiknya anda kurangi atau bahkan hindari, karena kondisi seperti ini akan membuat anda selalu kentut sampai munculnya ruam di kulit.

Selain kelima jenis makanan di atas, terjadinya kentut juga bisa disebabkan oleh udara yang tertelan, minum soft drink, makan dengan terburu-buru, dan naik pesawat.

Walaupun kentut membuat ketidaknyamanan sosial, namun kentut tersebut sangat diperlukan untuk kesehatan. Karena jika kentut ditahan, makan akan menyebabkan perut semakin kembung serta mulas, dan baunya juga akan semakin bertambah akibat penumpukan yang terjadi. Oleh karena itu, penting bagi kita agar tidak menahan kentut sebisa mungkin, karena dampai yang diakibatkan bisa juga lebih dari ini.

 

Writed by Novita

Makanan Ini Ternyata Bisa Memicu Anda Selalu Kentut Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
tipssehatonline.web.id | Kentut, mungkin terdengar memalukan apalagi jika kita kentut di depan orang. Tapi, tunggu dulu, bukannya kentut itu menyehatkan yah ? ๐Ÿ˜€ Kentut atau flatulensi yaitu keluarnya gas dalam tubuh melalui anus yang...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *