Makanan Dengan Sumber Kalsium Tinggi

Diposkan oleh : pada tanggal 20 Aug. 2015 Kategori Makanan Sehat

Salah satu kebutuhan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh semua orang yang cukup penting adalah kalsium. Kalsium dibutuhkan tubuh karena memiliki peranan penting untuk pertumbuhan tulang, gigi dan otak. Didalam tubuh kita jumlah kalsium lebih banyak jika dibandingkan dengan mineral lainya. Dari keseluruhan kalsium yang ada di dalam tubuh manusia, 99% nya terdapat didalam tulang dan gigi yang merupakan jaringan keras, dan sisa 1% nya terdapat didalam jaringan lunak yang didalam darah.

Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Setelah usia 20 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun. Dan setelah usia 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan berkurang sebanyak 30%. Kehilangan lebih banyak mencapai 50% ketika mencapai usia 70 tahun dan seterusnya mengalami masalah kesehatan yang diakibatkan kurangnya zat kalsium yang dibutuhkan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebelum benar-beanr terjadi Anda harus mengetahui bahwa kalsium bisa didapat dari beberapa makanan sehari-hari yang kita konsumsi. Dan berikut, adalah Daftar Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi menurut sumber terpercaya.

Sumber kalsium nabati

  • Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang hijau, serta kacang polong
  • Sereal dari gandum
  • Sayuran berwarna hijau
  • Susu kedelai
  • Biji-bijian
  • Tahu dan tempe
  • Brokoli
  • Kecipir
  • Buah-buahan, terutama nangka, kismis, papaya, dan salak
  • Daun pepaya

Sumber kalsium hewani

  • Susu
  • Keju, yoghurt dan olahan susu lainnya
  • Daging berwarna merah
  • Ikan (salmon, teri, tuna, sarden)
  • Udang, lobster, kepiting
  • Telur, terutama pada kuningnya

Yang perlu diperhatikan adalah ketikan mengkonsumsi makanan berkalsium dari daftar Sumber Kalsium Hewani. Hal itu dikarenakan sumber kalsium hewani rata-rata memiliki kandungan protein yang tinggi yang apabila di konsumsi secara berlebih dapat mengganggu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Selain itu, kandungan protein yang tidak seimbang dengan kalsium dapat menjadi pemicu meningkatnya asam (ph) dalam darah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nantinya kalsium akan terbuang sia-sia dan system kerjanya tidak optimal.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat kalsium serta daftar dari beberapa Makanan Dengan Sumber Kalsium Tinggi yang mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda. Sekali lagi tetap jaga pola makan sehat dan konsumsi makanan / asupan gizi yang seimbang serta telah disesuaikan dengan kebutuhan. Terima kasih atas kunjungannya, nantikan artikel kesehatan lainnya pada situs Tips Sehat Online berikutnya. Salam!

Makanan Dengan Sumber Kalsium Tinggi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Salah satu kebutuhan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh semua orang yang cukup penting adalah kalsium. Kalsium dibutuhkan tubuh karena memiliki peranan penting untuk pertumbuhan tulang, gigi dan otak. Didalam tubuh kita jumlah kalsium lebih...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *