Macam-macam Obat Alami Untuk Hilangkan Jerawat

Diposkan oleh : pada tanggal 15 Oct. 2015 Kategori Jokes Tips Sehat

Selamat datang kembali, untuk Anda yang masih setia dalam mengunjungi situs kami ini, nah kali ini pada situs Tips Sehat Online, kammi akan berbagi info menarik seputar macam-macam obat alami yang dapat digunakan sebagai peghilang jerawat secara permanen lho! Daripada berlama-lama dan membuat Anda penasaran, yuk simak artikel ini selengkapnya.

hilangkan jerawat

Bahan yang dapat Anda gunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan jerawat, diantaranya:

1. Cuka apel

Cuka sari apel adalah obat alami paling mumpuni untuk menghilangkan jerawat membandel dari wajah. Kemampuan utama dari cuka apel adalah membunuh bakteri penyebab infeksi di wajah. Sifat cuka apel yang basa sangat baik dalam menyeimbangkan kondisi pH kulit yang pada gilirannya akan menghambat pertumbuhan bakteri.

Bahan yang digunakan: Sari cuka apel tanpa filter, air bersih

Cara menggunakannya: Pertama-tama cuci wajah anda dengan air bersih dan keringkan. Kemudian celupkan kapas ke dalam cuka dan oles ke area wajah yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas wajah dengan air sampai bersih. Ulangi metode ini beberapa kali dalam sehari. Gunakan pelembab setelahnya jika anda merasa kulit anda semakin kering.

2. Kayu manis dengan masker madu

Banyak orang yang berpikir bahwa kedua bahan ini tidak cocok untuk menghilangkan jerawat karena sifat dari madu yang lengket dan kayu terasa panas. Padahal faktanya kayu manis dan madu adalah pasangan obat alami yang sangat ampuh menghilangkan jerawat dari wajah.

Bahan yang digunakan: madu sebanyak 2 sendok makan, dan 1 sendok teh bubuk kayu manis / cinnamin, kemudian handuk kertas.

Cara menggunakannya: Bilas wajah dengan air bersih kemudian keringkan. Campur kedua bahan yang telah disiapkan tadi kemudian aduk hingga rata sampai terbentuk seperti pasta. Oleskan masker tersebut ke wajah dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Bilas secukupnya dan tepuk-tepuk wajah anda yang kering. Karena pasta ini sangat lengket maka gunakan handuk kertas untuk mengeringkan wajah.

3. Susu dan madu.

Masih banyak pertentangan yang menyebutkan bahwa susu ini dapat memicu tumbuhnya jerawat. Namun, penelitian yang telah banyak dilakukan dan mendapatkan hasil bahwa peran susu atau yogurt dapat secara alami menghilangkan jerawa. Bahkan, dari zaman dahulu kala Ratu Mesir, Cleopatra menggunakan susu untuk merawat keindahan kulitnya. Hal ini dikarenakan asam di dalam yogurt bersifat anti bakteri dan lemaknya dapat menjaga kelembaban kulit.

Bahan yang digunakan: 1 sendok makan susu rendah lemak atau yogurt (kecuali susu skim) dan 1 sendok makan madu

Cara menggunakannya: Diamkan susu atau yogurt dalam suhu kamar agar tidak terlalu dingin saat bersentuhan dengan kulit. Campurkan 1 sendok makan susu / yogurt dengan 1 sendok madu. Aduk sampai merata kemudian jadikan masker pada wajah sampai kering, kemudian tambahkan lagi ke wajah Anda sampai pada ketebalan tertentu yang di rasa cukup.

Biarkan proses ini berlangsung selama 10-15 menit. Kemudian cuci masker wajah  dengan kain yang lembut dengan gerakan memutar yang bertujuan untuk menyingkirkan kulit mati pada wajah. Setelah selesai lembabkan wajah jika kulit Anda menjadi sangat kering.

4. Putih telur.

Putih telur mengandung protein dan vitamin yang sangat tinggi yang berguna untuk membangun sel-sel kulit mati dengan cepat. Selain itu menyerap minyak berlebih yang berarti kelebihan sebum dapat diminimalisir sehingga bakteri juga semakin sulit berkembang. Untuk mencegah kulit menjadi sangat kering, gunakan pelembab setelah melakukan metode pengobatan jerawat alami ini.

Bahan yang digunakan: 2 – 3 putih telur (pisahkan dari kuningnya), mangkuk dan kain lap.

Cara menggunakannya: Bilas wajah terlebih dahil dengan air kemudian keringkan. Setelah memisahkan putih telur dari kuningnya, kocok putih telur tersebut sampai berbusa dan diamkan selama beberapa menit. Oleskan putih telur tadi menggunakan jari pada wajah secara keseluruhan dan fokuskan pada kulit wajah yang berjerawat. Tunggu sampai kering dan oleskan kembali sebanyak 3-4 kali. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lap yang lembut.

5. Pepaya

Pasti tidak ada yang menyangka bahwa pepaya, buah yang sangat baik dalam mengatasi masalah pencernaan ini juga bagus untuk menghilangkan jerawat. Buah pepaya adalah salah satu jenis buah yang banyak digunakan dalam produk kecantikan saat ini, karena menurut penelitian yang dilakukan dengan pepaya, membuktikan bahwa pepaya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati kelebihan lapisan lipid di permukaan kulit wajah dan membuatnya terlihat lembut dan halus. Lipid adalah sebuah istilah yang umum untuk lemak yang merupakan asal terbentuknya minyak. Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain yang berguna untuk mengurangi peradangan dan membantu mencegah terbentuknya nanah.

Bahan yang digunakan: 1 buah pepaya segar

Cara menggunakannya: Bilas wajah anda dengan air bersih kemudian keringkan. Tumbuk daging pepaya hingga halus kemudian oleskan ke wajah secara merata. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas wajah dengan air yang hangat.

6. Campuran strawberry dengan madu untuk mengobati jerawat

Campuran madu dan strawberry adalah obat alami jerawat paling manjur dan sangat mudah dibuat. Strawberry memiliki kadar asam salisilat yang tinggi yang dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Asam Salisilat adalah bahan dasar penyembuh jerawat yang banyak digunakan obat-obat komersil. Asam ini bekerja membuka pori-pori yang tersumbat dan menetralkan bakteri sehingga infeksi tidak terjadi. Selain itu madu bekerja dengan cara melawan bakteri penyebab infeksi yang mungkin saja berada di dalam jerawat. Madu juga berfungsi sebagai anti inflamasi.

Bahan yang digunakan: 3 buah stroberi segar dengan 2 sendok teh madu

Cara menggunakannya: Seperti biasa, cuci terlebih dahulu wajah Anda hingga bersih. Bilas dan hancurkan ketiga stroberi tadi kemudian campur dengan dua sendok teh madu hingga merata. Oleskan ke wajah terutama pada area yang berjerawat selama kurang lebih 20 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

7. Masker wajah dengan kulit pisang untuk hilangkan jerawat

Selain buahnya yang bermanfaat, kulit pisang baru-baru uni dibuktikan memiliki khasiat yang bagus dalam menghilangkan jerawat. Kulit pisang mengandung bahan yang disebut lutein, sebuah antioksidan yang sangat kuat yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru. Menggosok kulit pisang ke wajah dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang sering ditimbulkan jerawat.

Bahan yang digunakan: 1 buah kulit pisang

Cara menggunkannya: Kupas pisang dan makan buahnya. Ambil kulitnya kemudian gosokkan secara melingkar ke seluruh wajah. Setelah semua area pada wajah telah gosok, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

8. Lidah buaya

Lendir dari tanaman lidah buaya juga banyak digunakan dalam produk kecantikan dan produk khusus untuk menghilangkan jerawat. Namun, tidak ada salahnya jika Anda membuat ramuan sendiri dari lidah buaya karena terjamin aman dan tidak dicampur dengan bahan kimia lainnya. Lidah buaya memiliki sifat anti bakteri dan menenangkan serta bersifat anti inflamasi, gel lidah buaya dapat mengurangi jerawat kemerahan yang telah membengkak.

Bahan yang digunakan: Lendir lidah buaya secukupnya saja.

Cara menggunakannya: Cuci wajah hingga bersih. Gunakan ujung jari untuk mencolek gel lidah buaya kemudian oleskan ke jerawat di wajah. Diamkan selama 20 menit kemudian cuci dan bersihkan wajah dengan air.

Sedikit fakta mengenai jerawat:

  • Para ahli percaya bahwa penyebab utama jerawat adalah terjadinya peningkatan kadar hormon androgen dalam darah.
  • Beberapa studi terdahulu membuktikan bahwa kerentanan terhadap jerawat juga bersifat genetik.
  • Pengobatan jerawat sangat tergantung pada seberapa parah dan seberapa sering anda mengalaminya.
  • Jerawat dapat diperburuk oleh banyak faktor lain seperti siklus menstruasi, kecemasan dan stres, iklim panas, kosmetik berbahan minyak, atau rambut yang berminyak.

Nah, bagaimana? Cukup mudah bukan membuat bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat seperti beberapa langkah diatas? Sebenarnya masih banyak, namun saya hanya bagikan cara yang paling mudah untuk Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Dan silahkan mencoba dan rasakan hasilnya!

Salam!

Macam-macam Obat Alami Untuk Hilangkan Jerawat |

Macam-macam Obat Alami Untuk Hilangkan Jerawat Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang kembali, untuk Anda yang masih setia dalam mengunjungi situs kami ini, nah kali ini pada situs Tips Sehat Online, kammi akan berbagi info menarik seputar macam-macam obat alami yang dapat digunakan sebagai...
Jokes Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *