Macam-macam Komplikasi Jika Cacar Tidak Segera Diobati

Diposkan oleh : pada tanggal 28 Nov. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Orang-orang mengatakan jika penyakit Cacar, adalah penyakit yang bisa terjadi pada siapapun, dan yang unik dari penyakit ini adalah kepercayaan masyarakat yang menyebut jika setiap orang pasti akan mengalami cacar setidaknya satu kali dalam hidupnya.

Cacar juga disebut sebagai penyakit menular. Bagaimana tidak, penyebarannya sangat cepat dan mudah. Cacar air dapat berdampak serius jika terjadi pada bayi, anak-anak dan orang dewasa yang belum pernah divaksin, juga orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah. Oleh karenanya, cacar juga tidak boleh hanya dianggap sebagai penyakit ringan.

Macam-macam Komplikasi Jika Cacar Tidak Segera Diobati

Bagaimanapun penanganan cacar harus tetap dilakukan. Sebab, jika cacar tidak segera mendapatkan penanganan, dampaknya akan lebih berbahaya. Cacar pada akhirnya bisa menimbulkan beberapa komplikasi diantaranya :

1. Herpes zoster.

Baik cacar air ataupun herpes zoster, keduanya disebabkan oleh virus yang sama, yaitu Varicella zoster. Setelah seseorang terinfeksi cacar air, virus tersebut tidak sepenuhnya tersingkir dari tubuh. Sebaliknya, varicella akan “tertidur” dalam tubuh selama bertahun-tahun. Jika di kemudian hari kekebalan tubuh Anda menurun lagi, virus cacar air yang sebelumnya mati ada kemungkinan untuk hidup kembali dan menyebabkan herpes zoster. Herpes zoster ditandai dengan bintik-bintik merah khas cacar air yang memanjang di bagian tubuh tertentu. Umumnya, herpes zoster menginfeksi orang yang berusia di atas 50 tahun.

2. Komplikasi pernapasan.

Penyakit cacar air yang dibiarkan meradang tanpa dilakukan pengobatan semestinya, dapat menyebabkan Pneumonia viral. Hal ini dikarenakan virus cacar dapat masuk ke dalam aliran darah dan kemudian menginfeksi paru-paru. Pneumonia viral merupakan penyebab utama kematian pada orang dewasa yang terkait komplikasi cacar air.

3. Infeksi bakteri.

Cacar air yang tidak terobati dengan tuntas dapat menyebabkan infeksi bakteri susulan. Infeksi sekunder ini biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes. Keduanya adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan impetigo atau selulitis.

Kedua infeksi bakteri ini dapat diobati dengan antibiotik. Namun tetap ada risiko bakteri masuk ke dalam aliran darah, sehingga menyebabkan suatu kondisi yang disebut Bakterimia. Bakterimia dapat menyebabkan Pneumonia, radang selaput otak (meningitis), radang sendi (artritis), hingga kematian.

4. Komplikasi sistem saraf.

Komplikasi cacar air yang lebih serius dapat menyebabkan Ataksia. Ataksia meyerang sistem saraf otak sehingga menyebabkan demam, kesulitan berjalan, dan gangguan bicara. Gejala bisa bertahan hingga berminggu-minggu, tetapi biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

5. Komplikasi hati.

Komplikasi lainnya dari penyakit cacar air yang gagal diobati sepenuhnya ialah peradangan hati atau Hepatitis. Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan gejala dan akan membaik dengan sendirinya. Akan tetapi, dalam beberapa kasus komplikasi bisa berujung pada sindrom Reye. Kondisi ini berpotensi mengancam jiwa, terutama karena pemberian aspirin selama terinfeksi virus. Untuk itu, hindari pemberian aspirin pada pengidap cacar air.

Komplikasi lainnya yang bisa terjadi pada penderita Cacar air yang tidak mendapatkan penanganan dengan baik dan tuntas, adalah Varicella meningoencephallitis. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan kewaspadaan mendadak, sakit kepala, kejang, sensitivitas terhadap cahaya, dan nyeri leher. Kondisi ini cenderung memengaruhi orang yang sistem kekebalan tubuhnya terganggu, temasuk orang yang terinfeksi HIV.

Posted by Hani.

Macam-macam Komplikasi Jika Cacar Tidak Segera Diobati Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Orang-orang mengatakan jika penyakit Cacar, adalah penyakit yang bisa terjadi pada siapapun, dan yang unik dari penyakit ini adalah kepercayaan masyarakat yang menyebut jika setiap orang pasti akan mengalami cacar setidaknya satu kali dalam...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *