Luar Biasa! Main Game Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit

Diposkan oleh : pada tanggal 28 Nov. 2017 Kategori kesehatan manfaat

Luar Biasa! Main Game Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit,- Siapa yang tidak suka bermain game. Hampir setiap orang pasti menyukai aktivitas yang satu ini. Selain menyenangkan, bermain game ini juga bsia menghilangkan stres.

Namun, selama ini game seringkali dianggap sebagai momok negatif bagi masyarakat. Game dianggap bisa menimbulkan dampak negatif bagi setiap penikmatnya, mulai dari psikologis, mental, hingga pemikliran. Terutama bagi anak-anak, game merupakan sesuatu yang terlarang dan jangan sampai bikin kecanduan.

Perlu diketahui, dibalik semua itu ternyata bermain game juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Cukup banyak penelitian yang menyebutkan bahwa bermain video game bisa membuat kita meningkatkan kecerdasan otak atau koordinasi tubuh. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta menarik lainnya dari kebiasaan bermain game ini, yaitu bisa menyembuhkan penyakit.

Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Neuro Engineering and Rehabilitation (JNER) yang diterbitkan pada 20 November 2017 lalu menghasilkan fakta bahwa bermain game yang mengaruskan pemainnya melakukan kerjasama tim dengan orang lain ternyata bisa membantu menyembuhkan penyakit dengan lebih cepat.

Para peneliti yang berasal dari Imperial Academic Health Science Center (AHSC) dan Three NHS Trusts kemudian menciptakan sebuah game yang bernama Ballon Buddies dan meminta sejumlah orang untuk bermain game tersebut seorang diri atau melakukannya bersama dengan orang lain dengan mode kerjasama. Salah satu dari para relawan ini adalah pasien yang sedang memulihkan diri dari penyakit stroke.

Setelah dilakukan selama 16 bulan, pasien ini ternyata cenderung pulih dengan lebih cepat, terlebih lagi jika bekerjasama dengan relawan yang sehat saat bermain game. Hal ini juag terjadi pada pasien yang mengalami cedera otot atau radang sendi.

Penulis utama, Dr. Michael Mace dari Imperial College London menyebutkan bahwa dengan bermain game, maka pasien akan melakukan latihan berulang yang bisa membuat mereka pulih dari penyakit yang bisa melemahkan tubuh. Selain itu, permainan balon ini memungkinkan pasien untuk berlatih bersama dengan perawat, teman, dan keluarga dengan cara yang menyenangkan. Game ini juga diklaim bisa dimainkan oleh mereka yang memiliki lengan dengan kondisi yang lemah.

Permainan balon ini dilakukan dengan cara menyeimbangkan dua sisi balok dan balon yang masing-masing dikendalikan oleh pemain. Para pemain juga bisa memvariasikan tinggi balok agar balon bisa mengenai target dan mendapatkan poin. Tidak hanya itu, pemain juga harus bekerja dalam menjaga balok horizontal sehingga tidak akan lepas dari platform.

By Sri Maryati

Luar Biasa! Main Game Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Luar Biasa! Main Game Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit,- Siapa yang tidak suka bermain game. Hampir setiap orang pasti menyukai aktivitas yang satu ini. Selain menyenangkan, bermain game ini juga bsia menghilangkan stres. Namun, selama...
kesehatan manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *