Lebih Aman Mana Antara Air Mineral Dengan Air Rebusan

Diposkan oleh : pada tanggal 19 Mar. 2018 Kategori kesehatan

Konsumsi air termasuk kebutuhan penting bagi tubuh kita yang harus dipenuhi.

Pemilihan air minum untuk dikonsumsi juga terbagi kedalam beberapa pilihan. Mulai dari memilih air rebusan sendiri, hingga air mineral. Tapi, diantara keduanya manakah yang lebih baik?

Lebih Aman Mana Antara Air Mineral Dengan Air Rebusan

Apa yang menjadi perbedaan diantara air rebusan dan air mineral?

Walaupun terlihat sama, sebenarnya kandungan air mineral memiliki perbedaan dengan air rebusan. Air mineral dan air rebusan sama-sama jernih, tidak berwarna dan tidak berbau. Namun, kandungan air dari sumber yang berbeda memiliki komposisi yang berbeda. Itulah mengapa kandungan air dari berbagai sumber seperti air hujan, air sumur, air sungai, air danau berbeda-beda. Hal ini tergantung pada jenis bebatuan pada sumber air tersebut.

Sesuai dengan namanya, pada air mineral mengandung berbagai mineral yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan mineral dalam air mineral ini lebih lengkap dari air rebusan biasa karena bersumber dari air pegunungan. Beberapa kandungan dalam air mineral diantaranya kalsium, magnesium, selenium, seng, natrium, kalium, dan berbagai mineral lain yang yang diperlukan oleh tubuh. Sedangkan zat mineral pada air rebusan biasanya bervariasi dan sangat bergantung pada sumber air rebusan tersebut. Jika sumber air rebusan adalah air hujan, maka kandungan mineralnya sangat sedikit karena tidak melewati batu-batu pegunungan.

Lepas dari itu, diantara air rebusan dan air mineral manakah yang lebih aman dikonsumsi? Para ahli pun sepakat jika menentukan hal in dilihat dari perbedaan kualias air dari satu sumber dengan sumber lainnya. Perbedaan ini ditentukan oleh komposisi mineral, kandungan ion, bahan organik, bakteri, serta kontaminan kimia seperti logam dan zat radioaktif di yang terdapat di dalamnya.

Dari segi komposisi, pada komposisi air mineral kemasan lebih baik karena biasanya diambil dari sumber air pegunungan yang kaya mineral. Keunggulan air mineral lainnya yaitu telah melalui beberapa proses dalam beberapa tahap untuk menghilangkan kandungan ion berbahaya, bahan organik, bakteri dan kontaminan kimia dalam air. Sementara pada perebusan air biasa sebenarnya hanya mampu menghilangkan bakteri pada air. Kandungan lainnya seperti ion dan kontaminan bahan kimia masih mungkin terdapat di dalamnya. Namun sekali lagi ini sangat tergantung dari sumber air yang digunakan.

Lebih Aman Mana Antara Air Mineral Dengan Air Rebusan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Konsumsi air termasuk kebutuhan penting bagi tubuh kita yang harus dipenuhi. Pemilihan air minum untuk dikonsumsi juga terbagi kedalam beberapa pilihan. Mulai dari memilih air rebusan sendiri, hingga air mineral. Tapi, diantara keduanya manakah...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *