Latihan Pilates Untuk Memperbaiki Kesehatan Anda

Diposkan oleh : pada tanggal 18 Jan. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit, dan cara yang paling tepat adalah dengan melakukan pola hidup sehat dan olahraga yang teratur. Namun, tidak semua memiliki kesempatan dalam melakukan olahraga dikarenakan masalah kesibukan yang padat kemudian menggunakan waktu luang hanya untuk tidur dan bersantai.

Tidak salah memang, namun Anda perlu tahu bahwa sepadat apapun kegiatan Anda luangkanlah waktu untuk melakukan kegiatanyang akan membantu kesehatan tubuh Anda tetap terjaga dan terhindar dari suatu penyakit. Jika memang Anda tidak punya banyak waktu untuk berolahraga di luar, Anda bisa melakukan latihan Pilates di rumah. Tunggu, mungkin Anda belum mengetahui apa sebenarnya Pilates ini dan apa manfaatnya untuk kesehatan tubuh?

Latihan Pilates Untuk Memperbaiki Kesehatan Anda (2)

Sebenarnya Pilates merupakan teknik pernapasan, relaksasi, dan peregangan sejak zaman dahulu di mana setiap latihan umumnya mengandung gerakan terkontrol yang diikoordinasikan dengan pernapasan. Pilates juga dikenal sebagai salah satu jenis olahraga yang dapat mengontrol bentuk tubuh. Pilates akan memulihkan kondisi Anda dan memberikan tubuh yang fleksibel dan kencang. Jika Anda berpikir pilates adalah latihan olahraga yang lambat dan membosankan, Anda salah besar! Pilates adalah latihan yang cepat dan gerakan yang lengkap.

Salah satu contoh latihan Pilates

Latihan Pilates Untuk Memperbaiki Kesehatan Anda

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan melakukan latihan Pilates, diantaranya :

  • Meningkatkan Keseimbangan

Latihan pilates berfokus pada kekuatan otot perut. Otot perut yang kuat dapat meningkatkan keseimbangan tubuh secara dan menyeluruh. Banyak atlet yang melakukan latihan pilates untuk menunjang kebugaran mereka saat bertanding.

  • Mudah Dilakukan.

Latihan pilates adalah salah satu latihan yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan banyaknya gerakan latihan yang bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan, menjadikan latihan ini mudah bagi siapa saja.

  • Meningkatkan Energi.

Latihan pilates memungkinkan suplai oksigen dalam tubuh meningkat. Meningkatnya suplai oksigen dalam tubuh dapat meningkatkan energi dalam tubuh secara signifikan.

  • Meningkatkan Kekuatan.

Sekalipun latihan pilates bukan latihan yang efektif untuk meningkatkan massa otot, namun latihan ini adalah latihan yang baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh keseluruhan.

  • Meningkatkan Fleksibilitas.

Seiring gerakan pada latihan pilates, otot-otot tubuh akan meregang. Begitu pula dengan persendian Anda. Gerakan peregangan inilah yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda.

  • Meningkatkan Kekuatan Otot Perut.

Otot perut adalah salah satu bagian otot yang terlatih dengan baik saat melakukan latihan pilates, termasuk otot bagian tengah tubuh yang lain seperti punggung dan dasar panggul. Meningkatnya kekuatan otot bagian tengah tubuh dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan dan juga memperbaiki postur tubuh.

  • Memperbaiki Postur Tubuh.

Postur tubuh yang buruk bisa menyebabkan berbagai gangguan, mulai dari nyeri bahu hingga punggung. Menjaga agar garis tulang belakang lurus sesuai anatominya merupakan dasar dari latihan pilates. Latihan ini juga bertujuan menjaga lengkungan alami tulang belakang.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan.

Sekalipun tidak membakar kalori sebanyak Anda melakukan latihan kardio, namun latihan pilates dapat meningkatkan metabolisme Anda. Meningkatnya metabolisme merupakan awal dari proses pembakaran kalori untuk menurunkan berat badan Anda.

  • Meningkatkan Kesadaran.

Melakukan olahraga seperti latihan pilates tidak hanya menguntungkan fisik tapi juga jiwa secara menyeluruh. Latihan mengolah napas dan konsentrasi dalam pilates sedikit mirip meditasi tetapi bukan hanya membersihkan pikiran, dalam pilates kita fokus pada tubuh dan gerakan. Hubungan ini akan meningkatkan pemahaman kita akan fungsi-fungsi tubuh dan keseimbangan jiwa raga.

  • Pilates Mudah Untuk Dipelajari

Ada beberapa gerakan pilates yang sangat mudah dilakukan dan baik bagi Anda para pemula. Seperti gerakan awal toning dan stretching. Bahkan, latihan pilates akan lebih mudah bagi Anda yang pernah mempelajari gerakan yoga.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencoba olahraga yang satu ini?? 😀

Baca juga : Buah Srikaya Untuk Penyembuhan Penyakit TBC

Latihan Pilates Untuk Memperbaiki Kesehatan Anda |

Posted by: Hani Handayani

Latihan Pilates Untuk Memperbaiki Kesehatan Anda Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit, dan cara yang paling tepat adalah dengan melakukan pola hidup sehat dan olahraga yang teratur. Namun, tidak semua memiliki kesempatan dalam melakukan olahraga...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *