Langkah-langkah Untuk Mencegah Anda Tidur Mendengkur

Diposkan oleh : pada tanggal 30 Jul. 2016 Kategori Tips Sehat

Tidur dengan mendengkur, dapat terjadi pada siapapun. Terlebih jika Anda memiliki pasangan yang tidur tidak mendengkur, hal ini bisa saja mengganggu mereka. Jika tidak cepat ditangani, waktu tidur yang seharusnya dimanfaatkan untuk beristirahat, menjadi terganggu dikarenakan suara dengkuran yang terlalu berisik.

Mendengkur adalah suara yang dihasilkan karena adanya getara pada struktur pernafasan. Suara yang dihasilkan pun beragam, ada yang bersuara halus dan lembut, ada yang keras dan sangat berisik. Tidur mendengkur / mengorok ini ternyata berasal dari beberapa penyebab, seperti minuman keras, mengkonsumsi obat tidur, obesitas, posisi tidur tertentu, kebiasaan merokok hingga gangguan dan kelainan pada hidung maupun tenggorokan. Jika tidur mendengkur ini terjadi pada anak, biasanya hal tersebut dikarenakan adanya amandel yang membesar.

Langkah-langkah Untuk Mencegah Anda Tidur Mendengkur

Selama ini mungkin Anda belum mengetahui bahwa tidur mendengkur juga bisa jadi merupakan sebuah tanda dari adanya penyakit serius, seperti sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan Anda berhenti bernafas untuk beberapa detik saat terlelap. Hal ini dapat membuat kadar oksigen di dalam darah menurun, dan ketika Anda terbangun yang akan terjadi adalah Anda merasakan sakit kepala dan kelelahan. Penyebab lainnya juga bisa terjadi karena penyakit seperti Hipertensi, Stroke, Obesitas dan Penyakit Jantung.

Untuk menghindari dan mencegah tidur mendengkur, kebiasaan seperti ini harus segera dihilangkan. Tidak perlu dengan obat-obatan, Anda dapat melakukan Langkah-langkah Untuk Mencegah Anda Tidur Mendengkur seperti berikut ini.

  • Mengubah posisi tidur.

Ternyata posisi tidur menentukan apakah Anda mendengkur atau tidak. Berdasarkan sebuah penelitian, tidur dengan posisi terlentang akan membuat Anda tidur mendengkur. Hal tersebut terjadi karena tidur dengan bertumpu pada punggung dapat membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur. Untuk mengantisipasinya, cobalah tidur dengan posisi menyamping.

  • Tidurlah yang cukup.

Jadwal tidur yang sedikit, ternyata dapat membuat Anda mendengkur saat tidur.
Contoh saat Anda terlalu sibuk bekerja hingga lupa meluangkan waktu yang cukup untuk tidur. Ketika Anda sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, kondisi otot-otot akan berubah menjadi tidak tegang sehingga membuat Anda  tidur mendengkur.

  • Menghindari minuman keras dan obat tidur.

Biasanya orang yang belum pernah mendengkur akan segera mendengkur setelah mengonsumsi minuman keras. Fakta dari penelitian, menenggak minuman keras pada 4 hingga 5 jam sebelum tidur dapat membuat dengkuran semakin parah. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi minuman keras sebelum tidur. Sedangkan minum obat tidur sebaiknya juga dihindari, memang dengan meminum obat ini bisa membuat Anda terlelap dengan cepat, namun obat tidur bisa membuat otot-otot pada leher menjadi rileks sehingga membuat suara dengkuran makin parah.

  • Pastikan minum banyak air putih.

Ketika mengalami dehidrasi, proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket. Hal ini dapat mendorong Anda untuk mendengkur. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air. Untuk wanita, idealnya minumlah air 11 gelas sehari, sementara pria sebanyak 16 gelas.

  • Mencuci hidung dengan air garam.

Jika suara dengkuran yang terjadi saat tidur Anda dikarenakan ada gangguan pada hidung, maka bisa ditangani dengan cara mencuci hidung dengan air garam untuk membuka saluran rongga hidung agar tetap terbuka. Atau bisa juga dengan cara mudah, yaitu mandi air hangat sebelum tidur.

  • Menurunkan berat badan.

Karena tidur mendengkur juga disebabkan oleh obesitas, maka dengan menurunkan berat badan bisa menjadi cara untuk mengatasi dengkuran yang terjadi saat Anda tidur. Namun hal ini tidak bisa diberlakukan untuk semua orang karena ada sebagian orang bertubuh kurus yang juga seorang pendengkur.

  • Tidak merokok.

Merokok adalah penyebab lainnya yang membuat Anda tidur mendengkur dikarenakan merokok bisa menyebabkan hidung dan paru-paru tersumbat.

  • Jagalah kebersihan kamar tidur Anda.

Bersihkan seluruh perabotan pada kamar, seperti tempat tidur, bantal, seprei, dan tirai agar terhindar dari tungau atau kutu. Karena alergi bisa memicu Anda untuk mendengkur.

Semoga tips di atas mengenai langkah-langkah yang harus Anda coba agar tidur Anda tidak mendengkur lagi dapat bermanfaat. Nantikan tips-tips sehat menarik lainnya. Salam!

Langkah-langkah Untuk Mencegah Anda Tidur Mendengkur Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tidur dengan mendengkur, dapat terjadi pada siapapun. Terlebih jika Anda memiliki pasangan yang tidur tidak mendengkur, hal ini bisa saja mengganggu mereka. Jika tidak cepat ditangani, waktu tidur yang seharusnya dimanfaatkan untuk beristirahat, menjadi...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *